Jumat, 07 Juni 2013

Pengalaman Jadi Tahanan Penjara di Melbourne

Waktu saya ke Old Melbourne Gaol, sebenarnya bukan pertama kalinya saya wisata ke museum model penjara gitu. Sebelumnya di Vietnam - di War Remnant Museum, ada tiruan penjara jaman perang Vietnam komplit sama alat-alat penyiksaannya. Tapi seumur-umur saya hidup baru kali ini ngerasain wisata menjadi tahanan polisi. Lumayan seru dan unik.

Gimana ceritanya bisa ada wisata roleplay  ditangkap polisi trus dimasukin ke sel penjara? Nah, saya juga baru tau ada beginian ketika membeli tiket masuk Old Melbourne Gaol. Ketika saya beli tiket seharga AUD 25 (hampir setara 250 ribu rupiah), bapak-bapak di kasirnya menjelaskan kalau tiket itu berlaku untuk 2 entry, Old Melbourne Gaol dan City Watch House Tour. Dia menyarankan saya ikut City Watch House Tour dulu karena itu ada jadwal-jadwalnya dan jadwal berikutnya tinggal kurang dari 10 menit lagi. Saya pun menuju tempat masuknya yang ditunjukin sama bapak-bapak itu.

Ketika saya sampai di depan gerbang masuk, didepan saya sudah ada antrian beberapa pengunjung, saya sendiri yang tampak asia. Ada sekeluarga suami istri dan anak laki-lakinya yang palingan baru berumur 6 tahunan. Ada seorang nenek bersama cucu perempuannya yang baru sekolah SD gitu. Ada dua orang laki-laki, keliatannya turis juga tapi dari Eropa gitu. Gak lama pintu gerbang dibuka, ada suara dari dalam yang memerintahkan kita segera masuk.

Di dalam kita disambut Pak Polisi dengan seragam lengkap. Kita dijelasin kalau kita lagi "under arrest" dan disuruh baris dan di kasih semacam formulir yang disitu udah ada namanya dan "kejahatan yang dilakukan". Masing-masing pengunjung disuruh memperkenalkan diri pakai nama di formulir itu dan membacakan "kejahatan" kita. Lucu-lucu sih, ada yang tertangkap lagi bawa mobil sambil mabuk, ada yang ketauan mencuri alat barbeque tetangganya, sedangkan "kejahatan" saya adalah membawa tanpa ijin (mencuri) mobil ibu saya. 

Terus kita dijelasin peraturan-peraturan di penjara terus di bawa ke sel masing-masing. Sel penjaranya mungkin dibikin mirip kayak asli kali yak, pengap dan ada bau-bau pesing gitu. Sempat dimatiin lampu, ceritanya udah jam tidur gitu. Trus kita disuruh keluar, dibawa ke semacam ruang serba guna, tempat para tahanan melakukan kegiatan sehari-hari. Olahraga, bermain, nonton TV, dst dst. Terus ceritanya selesai deh masa tahanan kita. Baru kita boleh bebas foto-foto. 

Ada multi media nya, ceritanya itu tahanan dalem sel lagi cerita2

Sel tahanan aku, jambannya deket banget ama tempat tidur

ini tempat buat  tahanan yang rada-rada sinting

Ini ruang serbagunanya, dan itu yang brewokan baju biru lagi ngobrol sama nenek & cucu perempuannya adalah Pak Sipir yang galak

Yang jelas disini gak ada model penjara mewah kayak penjara ibu-ibu tahanan korupsi di Indonesia - yang pake AC kayak hotel bintang 5 dan ada mesin facial pribadi.


30 komentar:

  1. tempat tidurnya deket dengan tempat buang air, wah tidak sehat sekali, bisa2x di dalam penjara belum ada 1 jam aja sdh pingsan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadi napi nya gak bisa berontak, lemes sama bau jamban hahahaa

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. agak-agak serem gak mbak disana? hehehe katauan penakut nih aku

    BalasHapus
  4. Itu penjara beneran mbak..

    BalasHapus
  5. Ada ruang serba guna segala..

    BalasHapus
  6. Ketemu yg mistis2 ngak ??? biasa nya penjara kan suka ada yg bunuh diri

    BalasHapus
  7. Wiii... emang kayak di film2 itu yo. Bagus.. !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ukuran penjara ya ini bagus ya

      Hapus
  8. apa bedanya Mbak, sel utk tahanan yg rada sinting dengan yg normal?? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo yang rada sinting lebih bagus, dikasih yang empuk2 di dinding & lantainya. klo buat yang waras malah tembok semenan doang

      Hapus
  9. Seru bgt yah Mil ada wisata kek gini.. :D Nambah penglaman..

    BalasHapus
  10. Mil, penjaranya agak sedikit ngeri ya mil.. ruang serbaguna nya juga kaya gimanaaa gituu hehe


    YURI
    www.twothousandthings.com

    BalasHapus
  11. hihihi serem amat
    apalagi ada fitur penampakan hantunya itu...
    ogah ah dipenjara disono
    mendingan dipenjara di hatimu saja...

    *siapin tameng...

    BalasHapus
  12. Infonya sangat bagus nie gan ,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  13. makasih banyak info nya ,,,,,,,,,

    BalasHapus
  14. sipz mba infonya . .
    tapi kaya serem gitu yach ?

    BalasHapus
  15. titip link gan !!
    makasih sebelumnya

    http://goo.gl/715AW2 | http://goo.gl/PaJhpb | http://goo.gl/K0BNxV | http://goo.gl/S0Oexo | http://goo.gl/BzKyyz | http://goo.gl/DKOikz | http://goo.gl/L1YqY4 | http://goo.gl/sm6AhF | http://goo.gl/6CkYqO

    BalasHapus
  16. Kunjungan sore.. Di tunggu kunjungan baliknya yaa gan ..

    BalasHapus
  17. Hopefully this information can be useful for all, and makes the new science can develop everyone. You can also visit the health blog stomach acid in my yard. efek kopi bagi penderita asam lambung || cara mengobati paru-paru dengan jahe dan daun pegagan || cara menurunkan berat badan setelah melahirkan || sudah olahraga rutin tapi berat badan tidak turun..

    BalasHapus
  18. This website is very influential to the world of the internet, good job.
    Bahaya Kesemutan Pada Ibu Hamil

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...