Selasa, 02 Agustus 2011

Kain Bentenan

Waktu saya pulang ke Manado bulan lalu dan mampir di toko khusus jual oleh-oleh, saya menemukan sesuatu yang menarik. Selama ini ternyata saya baru tahu kalau ada kain asli Minahasa, suku yang banyak terdapat di Sulawesi Utara. 

Kain asli Minahasa ini namanya Kain Bentenan. Semacam kain tenun gitu. Sekilas teksturnya agak mirip dengan kain tenun NTT. Warna nya (seperti kesukaannya orang-orang sana) ceria-ceria dan meriah. Kuning ngejreng, Merah ngejreng, pokoknya yang ngejreng ngejreng deh.

Sayangnya karena lagi bokek (perasaan bokek mulu -_-") saya belum sempat beli, mungkin next time kalo saya kembali ke Manado saya akan beli nih, buat koleksi. Secara kan saya sebenarnya tuh koleksi kain-kain dari tempat-tempat yang pernah saya kunjungi. Kain tenun Makasar, Songket Palembang, Batik Besurek Bengkulu, Batik & Songket Riau, dan ada beberapa jenis kain lagi sih yang saya beli secara impulsive. 

Saya malah punya kain tenun dari serat nanas (atau pisang ya? lupa deh, udah lama belinya.... pokoknya buah gitu) yang kalo di kasih api tidak terbakar, tembus gitu api nya. Sueeeeer tekewer-kewer!

Unik banget yah di Indonesia setiap daerah punya kain atau corak batik yang khas. Kapan ya Kain Tenun khas Indonesia masuk daftar UNESCO heritage list juga kayak batik? Seru tuh kayaknya....

Notes: postingan kali ini dibuat di hari kedua puasa di jam 3 sore, jadi maap ya klo ga banyak yang di ceritain, otak lagi hang nih soalnya. Apalagi  sekarang sedang menghadapi kenyataan kalo lebaran tahun ini ga dapet THR. Makin nge-hang ni otak. *halah..jd curhat* 

33 komentar:

  1. kalo nggak bisa beli kainnya..biasanya ada kipasnya say..kecil dan harga murah :) wahh..kita sama ya.. suka beli kain dari daerah2 di Indonesia.. jadi bangga ya .. sama keahlian mereka..

    BalasHapus
  2. kamu orang manado toh, mil ?

    BalasHapus
  3. baru denger ada yang namanya kain bentenan
    indonesia tuh sebenarnya kaya ya

    BalasHapus
  4. Kayak emak-emak sukanya belanja kain. Xixixixi....
    Hebat ya Indonesia. Kaya akan keaneka ragaman budaya. Sehingga menghasilkan karya seni yang indah dan mahal.

    BalasHapus
  5. @lovelydebz: ada ya kipas nya? lucu juga tuh. Ntar klo kesana lagi mau beli ah kipas nya dan kain nya juga *teteup*

    @Fenty: Bokap lahir & besar di Sulawesi Utara, jd banyak sodara disana hehee

    @Rawins & arqu3fiq: iya, setiap daerah punya kain khas nya. sampe pulau-pulau kecil kayak Nias gitu ada kain khas nya. Cara bikin nya beda-beda, corak nya beda-beda dan semua nya punya arti filosofis. Makanya saya seneng koleksi

    BalasHapus
  6. Emang puasa berbanding lurus dengan panjangnya postingan yah........ Gua baru tahu kalo lu koleksi kain (thinking)

    BalasHapus
  7. iyaahh warna kainnya itu mirip ma kain NTT ya Mbak (dulu pernah ke Kupang dan liat kain yg punya corak spt itu, sayang banget gk beli coz masih jadi mahasiswa, mana bawa uang saku terbatas pula, hiihih, dulu cuma beli tempat pensil ma tempat HP yang bahan dasar kain khas sana saja)

    semoga secepatnya kain Indonesia masuk dalam UNESCO heritage list, Amin :)

    BalasHapus
  8. Skrg bnyk jalan2 di Indonesi ya...

    BalasHapus
  9. @cipu: halah... kemana aja? Gw belajar dari Mba wanti & Mba andri, tapi klo gw asli cuma koleksi ga ada satu pun yg dijait jd baju -_-"

    @diah: aku juga belum punya, soalnya belum pernah ke NTT. Tapi bokap punya, jd tau teksturnya hehee

    @Mbah Jiwo: sekarang banyaknya jalan-jalan di tebet

    BalasHapus
  10. gw baru denger soal kain bentenan ini nih Mil, kuper yah gw. hahaha..

    tapi seru juga kalo lo jadi beli buat oleh-oleh, kain-kain macem beginian.
    secara tenun di indonesia beda wilayah beda motif..

    buat investasii.. makin tua kan makin bersejarah?
    *ditoyor

    BalasHapus
  11. ada kain yang ga bisa tembus api? ah masa?????

    BalasHapus
  12. wow keren ada ya mba kain dari serat pisang ga bs ditembus api, kain debus ya hehehe

    sama nih aku jg gak ada THR *ikut curhat*

    BalasHapus
  13. iya.. sekilas memang mirip dengan kain tenun NTT. asyik ya yang bisa keliling Indonesia.. :)

    BalasHapus
  14. iya iya
    setujuuuu
    kekayaan kain indonesia harus segera dilindungi loh
    nanti dicuri negeri tetangga lagi

    BalasHapus
  15. kapan kapan kalo Dija ke manado, \Dija juga mau beli Tante...

    BalasHapus
  16. bagus kainnya.... yaudah nanti ke manadonya bareng saya aja ^^

    BalasHapus
  17. shopping2 nih.... hehehehe :)

    BalasHapus
  18. baru tau ada yang namanya kain bentenan..
    gimana ceritanya tu ada kain terbuat dari serat nanas, tapi bisa ga kebakar?! ajaib amat tu kain. *penasaran

    BalasHapus
  19. aku juga suka kain mil... entah batik ato tenun.. mau ngasih juga boleh loh mil :)

    BalasHapus
  20. @gaphe: gw tunggu giveaway dr lo yg bagi2 kaen tradisional. gw pst ikutan secara harganya kan halmahera cyiiiin wkwkwkkk...

    @Huda & Ria : ada... serius gueee... bukan sulap.

    @Mba Reni : tapi yg ini warna nya lbh berani ya.

    BalasHapus
  21. @Mba Elsa: klo aku mikirnya lebih ke dilindungi supaya budaya nya ga punah hehee..

    @Baby Dija: harus beliiii heheee

    @d3vy: ayok. Kapan nih?

    BalasHapus
  22. @kira: no money, no shopping -_-"

    @cerpenis bercerita: iyaaa.. tapi mahaaalll huhuuu

    @audrey: aku juga ga tau sih, kayaknya krn itu dari serat organik yang ga bisa dibakar gitu deh.

    BalasHapus
  23. @Mbak Meidy: halah.. aku kira mau ngasih, ini malah minta dikasih -_-"

    BalasHapus
  24. eh itu kain bisa jd bahan pakain pemadam kebakaran dong, kan tahan api gitu

    BalasHapus
  25. Wuiih keren banget ngoleksi kain :D
    Udah punya berapa mbak? :D

    BalasHapus
  26. where're u coming from sis? are u from manado?
    arisha juga suka ngeliat dan pake batik/songket kerna ia melambangkan minat/suka kita kepada seni dan budaya!! ;)

    BalasHapus
  27. kain ulos medan,.
    uda da loem mbak???
    (≧◡≦)

    met puasa yha mbak !!!
    (∩▂∩)

    BalasHapus
  28. Bener miiill, Kain aseli Indonesia kan nggak cuma batik aja, setiap daerah punya kain tradisional yang khas yang nggak kalah cantik, tapi kadang gue suka mati ide sih mau dibikin baju kek gimana tuh kain -_____-"

    BalasHapus
  29. beliin oleh2 khas manado kakak :))

    BalasHapus
  30. Alprio mandagi02/09/11 13.37

    Di manado/minahasa bukan cman kain beneran lho,,, ada juga kain tenun ikat dan songket motif PINAWETENGAN... Motifnya bagus,, dan juga kain pinawetengan juga tercatat di guines world record sebagai tenun songket terpanjang di dunia dengan panjang 101 mtr tanpa sambungan... Hebatkan kain minahasa,,,, klo jln2 k mdo lagi mampir ya di rumah tenun kain pinawetengan,,, klo mau liat hasil rancangan baju kain pinawetengan, add ke ''galery kain pinawetengan''

    BalasHapus
  31. Mil...bikin edisi blog soal koleksi2 kain2 lu donk sekalian poto2nya...ane jg demen ngumpulin kain daerah meski ga kepake jg...songket nikahan aja bru kepake sekali =D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...