Rabu, 01 Januari 2014

2013 ; The Unexpected Journey

Di film the hobbit bagian pertama yang judul nya sama seperti judul postingan tahun baru saya ini, Bilbo Bagins sedang santai di depan rumahnya sambil menghisap tembakau di pipa yang panjang ketika di datangi Gandalf yang mengajaknya untuk pergi berpetualang. Bilbo yang saat itu menikmati kehidupan rumahannya yang nyaman dan gak pernah pergi jauh kemana-mana langsung menolak, katanya petualangan itu konyol dan cuman bikin orang telat pulang untuk makan malam.

Mungkin buat banyak orang traveling itu adalah liburan untuk menikmati hidup, bersantai di resort mewah atau ikut tur kapal pesiar. Dari satu comfort zone ke more comfort zone. Tapi buat saya traveling itu adalah petualangan konyol yang bikin saya telat makan, keluar dari kenyamanan rumah saya agar selalu ingat bahwa dunia ini luas dan saya bukan siapa-siapa, insignificant. Banyak sekali yang saya ga tau di luar sana dan apa yang saya tau sekarang ga ada apa-apanya banget, malahan semakin memancing pertanyaan-pertanyaan baru untuk dicari jawabannya. 

Perjalanan dimulai dengan pencarian innerpeace ke Dieng, bersama  Chacha dan Tince, kami berangkat berpetualang ke tempat peristirahatan para dewa - Di Hyang, dengan menggunakan kereta api-bus-angkot. 

Entah kenapa saya sudah tidak begitu antusias melakukan riset mendalam ketika mau jalan. Saya justru ingin tahu berapa banyak kejutan dan berapa banyak saya bisa belajar dari journey itu sendiri. Karena itulah saya menanggalkan sesuatu yang bernama itinerary plan di perjalanan ke Dieng. 

Itinerary plan juga tidak ada di perjalanan saya ke Pulau Komodo. Saya, Pagit dan Mba Efa waktu itu hanya punya misi: bertemu Komodo, bagaimana proses mencapai misi itu biarlah menjadi Unexpected Journey.

Tuhan pun punya Unexpected Journey untuk saya, berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan umroh. Ketika sedang jalan-jalan ke Jabal Magnet saya dapat kabar kalau saya dapat proyek di Jepara, yang anehnya membawa saya ke titik pusat penyebaran Islam di Jawa - Demak dan Kudus.  

Perjalanan hidup sendiri pun adalah Unexpected Journey. 

Tahun kemarin saya punya mainan baru, sebuah smartphone. Awalnya saya belum terbiasa menggunakannya, smartphone canggih itu hanya saya gunakan untuk socmed, foto dan telepon. Tapi saya mencoba mempelajarinya, memahaminya dan bermain dengan smartphone saya. Cepat sekali saya terbiasa dengan barang itu. 

Memang awalnya butuh keberanian untuk ngutak ngutik barang baru itu. Takut salah pencet, takut rusak, takut nanti ada masalah. Tapi kalau takut mulai meng-eksplore, saya tau bahwa barang itu bakal mubazir, lagian saya punya rasa penasaran yang tinggi. Sekarang banyak sekali yang bisa saya lakukan dengan smartphone saya itu. 

Beberapa kali memang ke-sok tauan saya menimbulkan masalah, tapi kalau ada masalah saya tinggal meng-google nya atau liat di forum bagaimana orang-orang lain yang pernah kena masalah kayak gitu berbagi solusinya. Hingga saat ini saya bahkan belum pernah membuka manualnya.

Mungkin hidup harus begitu. Apalagi kan kalau manusia udah jelas-jelas pas lahir gak bawa manual, jadi ga ada acuan pasti tentang hidup. Mau digunakan seperti apa hidup kita ya semua tergantung diri sendiri. Mungkin agar terbiasa kita harus mempelajari hidup secara langsung dengan ber-eksperimen, kemudian mencoba memahaminya dan -jangan lupa, bermain! Konsekuensi nya memang kita pasti akan melakukan kesalahan-kesalahan, bikin masalah dimana-mana, tapi itulah yang membuat kita belajar. Bagaimana belajar dari kesalahan yang kita buat dalam hidup dan memperbaiki masalah yang ada. 

Selamat Tahun Baru 2014.

21 komentar:

  1. Serasa sebentar ya mbak, tau-tau udah 2014 aja..
    Mudah-mudahan tahun ini makin sering jalan-jalan ya mbak (J >o<)J

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa iya ya chi, mudah-mudahan, soalnya tahun ini lagi tahun krisis ekonomi nih, mau pemilu trus segala2nya naik juga :))

      Hapus
  2. Dari kesalahan kita jadi belajar, berkembang dan menjadi dewasa.
    Happy new year! Ditunggu cerita-cerita yang lain yaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa...ditunggu juga cerita jalan2nya, aku add blog nya di friendlist yaa

      Hapus
  3. Happy New Year yahh Mil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. happy new year, py. kapan kita baku dapa ne ?

      Hapus
  4. kadag-kadang kejutan itu lebih menarik ya mbak

    BalasHapus
  5. buat gw, apa yang lu tulis disini itu adalah keberuntungan yang sebenarnya dibandingkan keberuntungan gw menang hadiah kuis itu. percaya deeh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. menang kuis tetep lebih beruntuuuunggg hahahaa

      Hapus
  6. Eh serius Mil? Jalan2x tanpa ngecek2x dulu?....gw masih belum berani ke lokasi baru kayak begini.... kecuali kalo udah sering ke daerah yang sama, baru deh.

    BTW, met tahun baru ya....semoga tahun 2014 menjadi lebih baik dari sebelum2xnya...

    Kangen kumpul2x lagi euyyy.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. met taun baru mba... aku juga pengen kumpul2 lagi, seruuuu denger cerita2nya

      Hapus
  7. dunia ini luas dan saya bukan siapa-siapa, insignificant.

    Dalem, Mil :)
    Selamat Tahun Baru juga, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa... aku sering ngerasa gitu kalo di tempat baru hehee... itu kayak reset ego sih klo menrt aku :p.

      Hapus
  8. Eeh, udah pernah ke Dieng,Mba? Sayang sekali gak bisa kopdaran. Saya aseli Banjarnegara. Sebelah barat Wonosobo.;)

    Salam kenal dari saya deh, Mba. Blog Walking dari Mba Lidya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaa iyaa.. telat ya kita ketemuan di blog nya hehee

      Hapus
  9. kalau saya karena kemana2 masih sama anak2, jadi kalau bisa jangan sampe telat makan. Kalau telat bangun boleh hehhee

    Tapi, mau di resort mewah atau murmer, yang penting selama travelling lupakan dulu segala keruwetan. Semua harus senang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau telat makan atau enggak yang penting petualangannya mba

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Maap salah tulis di komen pertama... Hehe...
    Waktu berpetualang emang seru ngalamin hal2 tak terduga. Tp sebenernya manusla punya manual book loh. Kalo kami punya Alkitab. Muslim mungkin ada Al Quran... Hehe... Kalo soal perjalanan rohani, bahaya kalo sampe tersesat sampe ga bisa balik k jalan yg benar... Hehehe... Harus rajin2 liat manual book... Hehehe... Selamat Tahun Baru 2014 yah...

    BalasHapus
  12. hahaa.... salah tulis apa emang?
    selamat tahun baru :)

    kalo kitab suci mnrt aku bukan manual krn ga lahir bareng-bareng manusia, kalo ibarat barang elektronik tiap manusia punya spek yg beda-beda kalau manual harusnya beda-beda juga. Kalo ibarat komputer, kitab suci itu ibarat Buku belajar Microsoft Office, apa pun spek komputernya bisa mengacu kepada buku itu untuk belajar ilmu dasar nya. Kalau menurut aku sih begitu hehee

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...