Jumat, 10 Januari 2014

Almarhum Sony DSC-TX10

Akhirnya kamera sony yang saya beli di tahun 2012 sebelum keberangkatan saya ke Australia sudah RIP - Rest In Peace. Ternyata kamera yang katanya bisa tahan dibanting dari ketinggian 1,5 m dan tahan dicelupin ke air sampe kedalaman 5 meter itu hanya kuat mendampingi perjalanan saya kurang dari 2 tahun aja. Mungkin dia gak setangguh yang saya harapkan ketika membelinya. Atau mungkin perjalanan saya yang terlalu ekstrim buat dia. Yang jelas hubungan kita gak bertahan lama.

Sebelumnya dia sudah nyaris hilang ketika perjalanan mencari innerpeace ke jogja, tapi waktu itu takdir masih mempersatukan kita lagi. Sepulang dari Arab, saya mendapati retak halus di tutup batere kamera itu. Ketika saya membawa ke service centernya, ternyata tidak bisa hanya diganti tutup baterenya saja, jadi saya harus ganti seluruh casing nya dengan harga setengah dari harga beli baru kamera itu. Karena takut retak halus itu akan jadi sumber kebocoran yang mengakibatkan masuknya air ke dalam kamera ketika saya mau gunakan di dalam air, maka saya menyanggupi untuk mengganti casing itu dan membayar biaya service nya.

Masalah baru muncul ketika saya ambil kamera itu, saya memang kurang teliti dan tidak memeriksanya. Saya tidak membuka nya dari kantung plastik pembungkusnya. Di rumah baru saya buka. Saya mendapati retak halus baru lagi di salah satu sudut kamera. Tadinya saya pikir karena pemasangan casing yang tidak benar karena saya tidak pernah melihat retak itu sebelum saya membawanya ke service center untuk diganti casing nya. 

Saya bawa kembali ke service center. Menurut mereka retak itu sudah ada ketika saya bawa kamera itu untuk diganti casing pertama kali. Karena malas berdebat saya mengiyakan saya dan setuju untuk mengganti bagian yang retak itu lagi, kali ini dengan membayar biaya sekitar 500ribu rupiah. 

Setelah di service untuk kedua kali itu saya belum pernah pakai kamera saya di dalam air hingga liburan tahun baru kemarin. Saya sedang bermain di kolam renang ketika mencelupkan kamera underwater saya itu dan muncul gelembung-gelembung dari dalam kamera. Layar nya langsung padam, dan kamera itu mati. 

Kamera underwater itu kemasukan air. 

Saya langsung mengeringkannya, mengeluarkan batere dan memory card kemudian coba saya keringkan dengan hairdryer. Tapi sampai keesokan harinya kamera itu tetap tidak menyala. 

Awalnya saya berpikir mau kembali ke service center itu, tapi setelah saya hitung-hitung berapa besar effort yang harus saya keluarkan untuk pergi ke service center nya yang jauh dari wilayah saya sehari-hari, terus nanti setelah menunggu lama dikabari biaya perbaikan yang harganya bakal sama kayak harga beli satu kamera baru lagi, ditambah lagi peristiwa service terakhir yang benar-benar tidak meng-enakan, maka saya putuskan untuk merelakan kamera itu. 

Yah jadilah kamera stylish yang katanya tough itu, di usianya yang masih teramat muda sudah menjadi bangkai yang menghiasi rak buku di kamar saya. 

"It takes getting everything you ever wanted and losing it to know what true freedom is," kata Lana Del Rey. Dan kayaknya sangking seringnya beberapa tahun terakhir ini saya kehilangan sesuatu, lama-lama jadi terbiasa untuk melepaskan sesuatu dengan penuh kerelaan. Beberapa bulan lalu juga saya kehilangan blackberry saya yang sudah menemani saya selama hampir 5 tahun. 

Mungkin hidup ini kayak traveling, semakin banyak barang/beban yang harus dibawa maka traveling nya jadi ribet dan berat. Tapi kalau kita bisa milih untuk membawa apa saja yang benar-benar kita butuhkan sehingga bawaan kita ga banyak, perjalanan akan jadi lebih simpel dan ringan. Apalagi kalau bisa benar-benar jalan dengan hanya bawa diri sendiri - maybe that's what true freedom is, kita gak takut kehilangan apa pun lagi kalau kita ga punya apa-apa. 

53 komentar:

  1. semoga segea mendapat gantinya hehe

    BalasHapus
  2. gampang oom kalo begitu.. tinggal beli lagi aja. that's it!

    BalasHapus
  3. sedih banget kalo kamera uda almarhum. :'''(
    semoga cepet dapet gantinya kak mila.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mana baru dipake sebentar lagi.. hiks! aku sedih

      Hapus
  4. saja setuju dengan gaya traveling mu yang rada extreme...hahahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal aku gak suka traveling dgn cara guling2 di aspal pke kamera loh, Tan :(

      Hapus
  5. Balasan
    1. kyk yg gw bilang ke lu sblmnya, kamera rusak bisa bikin orang melankolis

      Hapus
  6. Saya juga suka Traveling walaupun lebih banyak dalam kota. Soal perlengkaoan Traveling sebenarnya sesuai SELERA masing masing aja. Ada yang suka simpel tidak ada banyak bawaan barang, ada juga yang menginginkan kelengkapan seperti peralatan mau perang. Yang namanya SEERA tidak dapat diperdebatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalo travelingnya banyak ngemper susah kalo barangnya banyak, berat hehehee

      Hapus
  7. semoga kameranya masuk surga....

    :(

    BalasHapus
  8. Ah endingnya gue suka dari posting yang ini.
    Ending paragraf maksudnya.
    Semakin banyak yang diikhlaskan, maka akan semakin bahagia.

    Mari berbahagia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari hidup lebih ikhlas, ringan dan bahagia :)

      Hapus
  9. tapi kalo travelling itu ngga lengkap kalo ngga ada kamera.. ayo cepatt cari pengganti :D

    BalasHapus
  10. turut berduka cita ya mbak, semoga dapat pengganti yang baru

    BalasHapus
  11. semoga dapet yang baru mbk,,
    salam kenal^^

    BalasHapus
  12. sudah saatnya LEMBIRU..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sblmnya belum saat nya, kameranya masih baru :'((

      Hapus
  13. turut berduka cita Mil.. *menangis tersedu sedu baca postingan ini*

    BalasHapus
  14. waduh bentar amat masa hidupnya kamera ituh..
    udah jeng mil,, jgn lama2 bersedih, buruan move on, beli yg baru.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa... budgetnya belum adaaaa mba cova huhuhuuu

      Hapus
  15. Ah Mila, I know that feeling :')
    Moga segera dapet gantinya. Tapi agak aneh ya kamera under water mati karena kemasukan aer... errrr..

    BalasHapus
  16. terimakasih atas informasinya mila

    BalasHapus
  17. travelling itu ngga lengkap kalo ngga ada kamera.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku lagi berusaha menikmati traveling cuman pke kamera HP aja nih. hiks

      Hapus
  18. Closing-nya cetar sekali.

    -Pagitta-

    BalasHapus
  19. terimakasih atas informasiya

    BalasHapus
  20. Turut berduka Mil, ngetrip kan ga lengkap tanpa kamera yah.. Berarti beli baru lagii :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengen beli baru, tapi musti nabung ngumpulin uangnya dulu nih Py :(

      Hapus
  21. Mbak produktif banget menelorkan tulisan.
    Eh gagal fokus.

    Kamera yg jadi satu dg hape aja sis, biar ga rempong bawanya, hehe. Kalo perlu kameranya bisa ngomong, nggandeng, nyuapin, eehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah aku mau tuh kamera yg kayak gitu heheee

      Hapus
  22. Tetap semangat Mil.. Jangan Bersedih... Insya Allah segera dapat gantinya yang lebih bagus.. :)

    BalasHapus
  23. widih. komennya banyak. dibaca nggak ya ntr ini komen hehehe.
    kamera saya juga udah wasalam, udah setahun belum bisa ganti yang baru *miskin* hahaha :p

    BalasHapus
  24. Semoga cepat mendapatkan hadiah :D

    BalasHapus
  25. Ini mau ceritain kehilangan camera ato kehilangan *tetet-toet* sih mil??!! Analoginya menyerupai sekali XD))...Canon G15 aja mil, serius kuat...tp emng ga bsa dibawa ke air sih :(

    BalasHapus
  26. TOKO SONY CENTER

    Assalamu alaikum
    numpang jualan, bagi teman2 yang mau beli CAMERA SONY dan Tipe2 lain silahkan ajah HUB/SMS: 0823-1333-3937
    PING BB : 2B37C8E6
    ALAMAT TOKO.Mall Kelapa Gading 3 No.43B
    Jalan Boelevard Kelapa Gading,Jakarta Utara 14240
    Barang Yg Kami Promokang Semua Bergaransi
    Harga Promo Stok barang terbatas
    http://www.sony.co.id
    Melayani pengiriman ke seluruh wilayah indonesia melalui via TIKI/JNE

    Kamera SONY DSC-TX7 10.2 Megapixel, 4x Optical Zoom, Memory Stick Pro Duo / SD Card Slot, LCD Display 3.5″ Touchscreen Harga Rp.2.750.000

    Kamera SONY DSC-TX10 16 Megapixel, 4x Optical Zoom, Full HD, Memory Stick Pro Duo / SD Card Slot, LCD Display 3.0″ Waterproof Harga Rp.2.500.000

    Kamera SONY DSC-WX1 10 Megapixel, 5x Optical Zoom, Memory Stick Pro Duo / SD Card Slot, LCD Display 2.7″ Harga Rp. 2.300.000

    Kamera SONY DSC-WX50 16 Megapixel, 5x Optical Zoom, Full HD, Memory Stick Pro Duo / SD Card Slot, LCD Display 2.7″ Harga Rp.2.150.000

    Kamera SONY DSC-TX1 10 Megapixel, 4x Optical Zoom, Memory Stick Pro Duo / SD Card Slot, LCD Display 3.0″ Harga Rp. 1.700.000
    ========================================
    Kamera Pentax Q10 Spesifikasi Lengkap Rp.3.700.000
    Kamera Pentax MX-1 Spesifikasi Lengkap Rp.3.500.000
    Kamera Pentax K-30 Spesifikasi Lengkap Rp.4.700.000
    Kamera Pentax VS 20 Spesifikasi Lengkap Rp.1.900.00
    Kamera Pentax Q Spesifikasi Lengkap Rp.2.550.000
    Kamera Pentax X5 Terbaru Spesifikasi Lengkap Rp.2.100.000
    Kamera Pentax K-01 Terbaru Spesifikasi Lengkap Rp.2.700.000
    ========================================
    Kamera Olympus E-PL5 Spesifikasi Lengkap Rp.4.100.000
    Kamera Olympus TG-2 Spesifikasi Lengkap Rp.2.500.000
    Kamera Olympus E-PM1 Spesifikasi Lengkap Rp.2.100.000
    Kamera Panasonic Lumix DMC-GX1XGC Rp.2.400.000
    amera Panasonic Lumix DMC-GF3CGC Rp.2.250.000
    Kamera Panasonic Lumix DMC-TZ30GA Rp.2.150.000
    ========================================
    Kamera Fujifilm XE-1 Rp.6.300.000
    Kamera Fujifilm X-M1 Rp.5.100.000
    Kamera Fujifilm X100S Rp.3.300.000
    Kamera Fujifilm FinePix S4300 Rp.1.500.000
    Kamera Fujifilm FinePix F770EXR Rp.2.300.000
    Kamera Fujifilm FinePix SL100 Rp.2.300.000
    ========================================
    TERSEDIA JUGA KAMERA DSLR CANON EOS.100% BARU DAN TERSEGEL GARANSI RESMI (DATASCRIP 1 TAHUN) ASLI ORI NEW FULSSET

    Harga Kamera DSLR CANON EOS 1100D Kit
    APS-C Digital SLR, 12.2 Megapixel, LiveView, 2.7″ TFT LCD, SD/SDHC Card Slot, include EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS
    Harga Rp. 2.200.000

    Harga Kamera DSLR CANON EOS 550D Kit1
    APS-C Digital SLR, 18.7 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/ SDHC/ SDXC Card Slot, 3.0″ TFT LCD, include EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS
    Harga Rp. 2.964.000

    Harga Kamera DSLR CANON EOS 600D Kit2
    APS-C Digital SLR, 18 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/SDHC Card Slot, 3.0″ TFT LCD, with EF-S 18-135mm F3.5-5.6 IS
    Harga Rp. 4.323.000

    Harga Kamera DSLR CANON EOS 60D Kit2
    APS-C Digital SLR, 18.0 Megapixel, 3.0″ TFT Vari-angle LCD, SD/SDHC Card Slot, include EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS
    Harga Rp. 4.500.000

    Kamera DSLR Nikon D5100 Kit VR
    DX-Format Digital DSLR, 16.2 Megapixel, LiveView, D-Movie, Swivel 3.0? TFT LCD, SD/SDHC Card Slot, include AF-S 18-55mm f/3.5-5.6G VR
    Harga Rp. 3.150.000

    Kamera DSLR Nikon D90 Kit
    DX-Format Digital DSLR, 12.3 Megapixel, LiveView, D-Movie, 3.0? TFT LCD, SD/SDHC Card Slot, include AF-S 18-105mm f/3.5-5.6G VR.
    Harga Rp.5.495.000

    KONDISI BARANG
    Baru dan bersegel garansi resmi 1 thn
    KETENTUAN:
    * Bagi anda yang berada diluar Daerah Wilayah,Kota,Kab,Dan sekitarnya,Kami telah menyediakan Jasa pengantar barang melalaui TIKI/JNE.
    CARA TRANKSAKSI:
    * Pembayaran melalui BANK/ATM,transfer ke rekening MANDIRI,BRI,BNI KE,bendahara Toko kami.
    * Setelah bendahara Toko kami Sudah menerima pembayaran dari sipemesan Barang lansung dikirim
    ke alamat konsumen sesuai format pemesanan yang anda isi.
    * Barang yang anda pesan,semua prantaranya atau ongkos kirim sudah di tanggung oleh Toko kami.

    TRANSAKSI AMAN DAN TERPERCAYA


    =====TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA=====

    BalasHapus
  27. sama nasib kita milaaa... kalau kamera punya saya di jambret di jam gadang - bukit tinggi pas lagi letakkan di kantong jaket

    BalasHapus
  28. Thank you for the information, and healthy greetings.

    BalasHapus
  29. Manta, kujung balik ya gan.. Salam blogger

    BalasHapus
  30. Aku juga mengalami hal yang sama, sebenarnya yang salah dari hal ini apa ya ?????? ....... kalau cara menggunakan saya terbilang sangan hati - hati , atau barangkali promosinya terlalu berlebih tentang produk ini,karena saya sendiri memilih Sony DSC TX10 karena spesifikasinya dan ternya pada saat saya pakai untuk Photo Bawah Air pada kedalaman 1m Camera udah kemasukan air dari tutup Batteray kemudian camera mati total,........Nasip Dech

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...