Selasa, 08 Maret 2016

Tanam Bayam di Pot Gampang Banget

Iyak, betul. Gampang. Gak mahal. Gak repot ngurusinnya. Gak perlu punya kebon atau lahan yang luas. 

Saya memang selalu bilang sama kawan-kawan saya di path dan FB, cobain deh tanam sayuran di rumah untuk merasakan yang namanya sayuran segar, organik dan gak mahal. Dan saya selalu bilang coba deh tanam bayam dan kangkung, gampang banget. Yang dibutuhkan cuma pot, media tanah yang sudah dicampur kompos dan benih bayam. 

Ya awalnya memang perlu beli benih, tapi harganya murah dan hanya perlu beli satu kali untuk awalnya. Kalau untuk kasus bayam, kita tunggu aja beberapa bulan nanti tanaman bayam itu akan menghasilkan biji yang bisa dipakai sebagai benih lagi. 

Cara tanam dan perawatannya juga gampang. 

Masukan tanah basah ke pot, sebar biji bayam, tutup dengan tanah yang disebar tipis-tipis diatasnya, taruh di tempat yang kena matahari langsung dan siram setiap pagi. Memang kalau terlalu penuh atau crowded dalam satu pot pertumbuhan bayam akan terhambat, kalau itu terjadi tinggal ambil beberapa bayam yang masih muda itu dan pindahkan ke pot lain atau bisa langsung dimakan jadi salad atau lalap. Biasanya dalam waktu 30 - 40 hari atau sekitar sebulan bayam yang saya tanam di pot sudah bisa dipanen.

Awalnya saya sempat pakai cara lain, yaitu biji bayam pertama-tama saya semai dulu di tempat yang kecil, baru setelah tumbuh 4 daun sejati dipindahkan ke wadah yang lebih besar. Sama seperti menanam biji cabai atau tomat. Tapi buat saya mindah-mindahin bayam makan waktu karena banyak banget, jadi cara pertama buat saya lebih praktis. 

Sekarang bibit bayam yang saya tanam saya sebut sebagai generasi kedua, jadi benih bayam yang saya tanam sekarang didapat dari tanaman bayam batch pertama, yaitu yang benihnya dibeli online. 

Cara mendapatkan biji bayam juga gampang. Pokoknya ini serba gampang deh. 

Khusus satu pot saya sisakan 5 pohon bayam yang saya biarkan tumbuh sampai batangnya dan daunnya jadi besar banget. Setelah lebih dari 3 bulan di ujung batang tumbuh bunga yang di dalamnya ada biji berwarna hitam yang rontok kalau digoyang-goyang, nah itu biji bayam yang kemudian saya tanam lagi. Dengan itu saya menutup satu siklus kehidupan, benih - tanaman - jadi benih lagi - tanaman lagi - benih lagi dst dst.

Untungnya hidup di daerah tropis salah satunya adalah perbedaan temperatur sepanjang tahun tidak signifikan, jadi kalau mau menanam tidak perlu menunggu kondisi musim dan temperatur. Palingan yang harus diperhatikan hanya lagi banyak hujan atau tidak. Tapi untuk tanaman bayam di pot yang jumlahnya gak banyak seperti di perkebunan bayam, saya sudah pernah coba tanam di musim hujan dan musim panas, hasilnya tidak jauh berbeda. 

Hanya saja kalau di musim hujan perlu diperhatikan potnya, jangan sampai tersumbat dan air menggenang di pot. Kalau cuaca lagi panas banget juga perlu diperhatikan, kadang walaupun sudah saya siram paginya tapi kalau siang panas terik banget sorenya saya siram lagi sedikit. Dan satu lagi yang saya pelajari dari Bayam adalah tanaman itu suka banget sama cahaya matahari, kalau di tempat teduh pertumbuhannya tidak maksimal.

Punya persediaan bayam sepanjang tahun di rumah gak bikin saya bosen karena paling gampang dimasaknya dan bisa jadi macam-macam masakan. 

Seringnya cuma saya tumis pakai bawang putih dan cabe, juga dibuat sayur bening pakai jagung manis. Tapi kadang saya eksperimen, misalnya masukin bayam ke telur dadar, enak juga. Bayam yang masih muda dimakan mentah juga enak, jadi kayak lalapan. Waktu itu saya pernah iseng bikin pizza bayam gara-gara habis nonton youtube Jamie Oliver lagi bikin adonan pizza from scratch. Pengen praktekin hasil tontonan youtube tapi liat di kulkas ga ada yang bisa dijadiin topping, petik aja bayam di pot.

Salad Baby Bayam dimakan sama terong tepung goreng dan Telor dadar bayam tomat

Eksperimen pizza bayam - from scratch






26 komentar:

  1. gampang banget ya mbak ternyata nanem bayam

    BalasHapus
  2. pizza bayam?? enak kayaknya :D.. cocok nih mbak utk yg ga suka sayuran, bisa dimodif begini.. aku sih suka bgt bayam, tapi ankku yg rada susah... tp dia suka keju2an apalagi pizzakan toppingnya keju biasanya.. ditambah bayam oke juga sepertinya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bayam + mozarela. Enak kog mba

      Hapus
  3. Bayam kyknya emang gampang numbuh ya mbak, di halaman biasanya samping rumput liar ada bayam liar jg. Tapi bayam liar kyknya susah dikonsumsi. Mau nyobain jg ah nanam di pot. Trims infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayam liar rasanya ga enak, kyk rumput, saya dah pernah coba hahahaa

      Hapus
  4. mau coba nanem aah kapan-kapan..... entah kapannya hehehehe
    gw sih terobsesi nanem tomat, cabe dan jeruk limo/jeruk nipis gitu di dalam pot, memungkinkan ngga Mil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, mungkin bgt. Gw jg ada tomat dan cabe yg diranem di pot.
      Kalau jeruk nipis musti beli bibit kalau mau cepet berbuah, klo tanam dr biji 10 thn baru berbuah, itu jg bisa ditanam di pot yg gede bgt.

      Hapus
  5. sip banget.. keluarga saya keluarga popey.. sangat suka dengan bayam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brarti kuat2 donk kyk popeye hehee

      Hapus
  6. Wah sekarang suka berkebun yaa... Pizza bayamnya enak gak tuh? Jadi pengen nyobain hehehe

    BalasHapus
  7. Cieee yg udah mulai rajin di dapur. :)
    Btw, aku paling suka bayam dibuat kripik. Renyah. Dan kapan2 aku mau nyoba dicampur telor. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah coba jg dibuat kripik, tp kyknya musti jenis bayem yg beda deh yg daunnya lbh tebal

      Hapus
  8. kalau bayam mah gak usah pake pot kali, gampang kok numbuhnya dimana2 jg bisa, tapi kalau emang lahan gak ada yg terpaksa di pot, tapi kl di pot kyknya hrs bnyak dikasi pupuk bisa rimbun daunnya dan ijo royo royo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tanam di pot buat solusi kalau ga punya pekarangan luas yg bisa ditanemin bayam lgs ditanahnya hehee

      Hapus
  9. beneran itu. lah ini mah bisa diterapi di kosan inih.
    tapi ngalahin malesnya yang susah haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kosan jg bisa, ini lbh gampang dr miara kucing kog

      Hapus
  10. Itu pizzanya kayaknya menggoda deh Mbak, maulaah yah, heheheh.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh lah, kapan diah main ke jkt lg? Hehee

      Hapus
  11. Kalo baca panduannya kayaknya gampang ini. Perlu dicoba Maak :D

    BalasHapus
  12. hama nya gimana Mila? gw dah berapa kali tanam diserang hama mll :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hamanya kayak apa? Coba kontak gw di imel djamila.said@gmail.com
      Nanti kita ngobrol2 wkwkwkwk

      Hapus
  13. Wah ini harus di contoh nihh, keren :D ternyata bayam itu bisa di juga ya di tanam di pot :)

    BalasHapus
  14. Wih, makasih kak caranya, jadi kepingin langsung coba nih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...