Kamis, 14 Mei 2009

Sate Maranggi Cibungur

Warung Sate Cibungur ini berlokasi di Purwakarta, ga jauh dari pintu keluar toll Cikampek ke arah Bandung. Tempat makan yang posisinya di antara pohon-pohon jati ini hampir tidak pernah sepi dari pengunjung, terutama di akhir pekan dan hari libur. Banyak orang yang datang khusus untuk makan aja.

Sebelum ada toll Cipularang, di sepanjang jalan ini banyak terdapat rumah makan target singgah orang-orang yang menuju ke berbagai daerah, salah satunya ke Bandung. Tapi setelah toll Cipularang beroperasi, rute ini jadi jarang dilalui kendaraan-kendaraan, sehingga rumah makan - rumah makan tersebut satu persatu mulai gulung tikar gara-gara sepi pengunjung. Nah.. si warung Cibungur ini salah satu dari rumah makan yang tetap survive walaupun rute purwakarta ini tidak seramai dulu lagi.

Spesialisasi dari warung makan Cibungur ini adalah sate maranggi (sapi & kambing) & es kelapa muda (yang konon kabarnya kelapa-kelapa nya adalah kelapa pilihan yang di supply dari suatu tempat di mana gitu... lupa he3..). Selain itu ada juga sih menu-menu lain seperti ikan bakar, karedok, gulai, dst..dst.. Unik nya makanan di situ itu diolah nya menggunakan prinsip Mass Product. Kayaknya mereka tuh punya dukun yang sebelum warung nya buka udah bisa kira-kira berapa banyak nih sate yang musti dibakar & kelapa yang musti di belah.

Sambil makan kita bisa nonton aktifitas di dapurnya yang terbuka, soalnya apa lagi pemandangan yang bisa diliat disana kecuali kebon jati & truk-truk yang lalu lalang. Bicara soal fast food, nah yang ini baru bener-bener fast. Begitu pesanan di kasih, makanan langsung datang dan langsung habis.. ga tau mungkin karena kebawa suasana disana yang serba fast, makan kita juga jadi ikut-ikutan fast.



Soal rasa nya siy biasa aja, namun dari pada itu Sate Maranggi punya ciri khas yang beda dibandingkan sate-sate yang lain. Sate ini bumbunya ga pake bumbu kecap atau bumbu kacang lagi soalnya si sate sendiri udah di bumbuin sebelum di bakar. Trus sate nya di lengkapi sama sambel iris tomat & cabe, jadi lumayan lah ada pedes-pedesnya. Makannya harus pas lagi panas-panas soalnya kalau sudah dingin jadi keras & berlemak. Yah.. sesuai lah sama harganya yang murah meriah.

7 komentar:

  1. Yang spt ini aku demen banget deh mbak.., ngomongin makanan enak yang murah meriah hehehe..
    Jadi pengen nyobain nih, sayang jauh bener tempatnya.

    BalasHapus
  2. Mbak Mila, berarti kamu acara makan pun jg potrat potret yah? Apapun makanannya, foto dulu tentunya...hehehe...jd laper nih!

    BalasHapus
  3. *ngacay*

    untung kemaren pas pulang sempet makan disini juga ... xixixi

    BalasHapus
  4. ikan bakarnya juga enak mila.. cobain deh

    BalasHapus
  5. Enak mana sama sate afrika? hehe..

    BalasHapus
  6. nyam nyam nyam ... te sate ... *jauh mbag dari sini* :(( :((

    BalasHapus
  7. dari dulu belum sempet nyicipin sate yang 1 ini... harus jadi next target nih!!!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...