Jumat, 20 Mei 2011

Made in China (Shop 'till you drop continued)

Setelah saya baca komen-komen di postingan saya sebelumnya : Shop 'till you drop, ternyata banyak juga nih yang punya bad habit shopping ga terkontrol pas lagi traveling. Jadi makin semangat untuk nulis postingan lain yang berhubungan sama shopping nih. 

Sama seperti penyakit "kaki gatel" saya yang turunan, selama ini saya berpikir kalo penyimpangan perilaku saya yang suka kalap mendadak  ketika shopping adalah genetis juga. Nyokap, kedua adik saya, bahkan bokap punya penyimpangan perilaku yang sama seperti saya. 

Mama Emma- nyokap saya, kalau seminggu ga pergi ke Mall bisa meriang. Adik saya yang pertama, bahkan bisa-bisanya khilaf shopping beli digital camera. Adik saya kedua - yang fans berat Justin Bieber, paling  kalap sama yang namanya sepatu. Karena itulah ketika merencanakan traveling keluarga, Papa Said memutuskan pergi ke Shanghai dan Hongkong. 
Misi Mama Emma saat itu adalah mencari Tas Branded Knock-off (palsu) buatan China. Di Jakarta  sih banyak barang semacam itu, harga nya masih selangit walaupun sudah setengah dari harga barang asli nya. Harga barang Knock-off nya pun bervariasi, berdasarkan kualitas nya. Menurut Mama Emma, yang kualitasnya paling mendekati aslinya di sebut dengan KW Super. Harga nya pun paling mahal. Barang ini rata-rata Made in China.

Ternyata barang tiruan berkualitas mirip aslinya ini sudah agak susah di jual bebas di daerah China sendiri. Menurut Miss. Sunny - guide kita di Shanghai, kalau ketahuan memproduksi barang tiruan bisa di tangkap. Jadi kita di bawa ke tempat khusus penjualan barang-barang knock-off yang tersembunyi. Tempatnya ada di semacam bangunan gedung, sepertinya itu stadium atau theater atau semacamnya. Kita langsung di giring ke lantai dua bangunan, ke sudut yang sangat sepi. Pintu menuju toko nya pun tersamar gitu, kalau sekilas mirip banget sama temboknya. Ternyata toko nya ada di balik tembok. Seru banget, kayak tempat transaksi tersembunyi di film-film mafia gitu.

Yang di pajang di etalase bagian luar ruangan adalah barang-barang tiruan yang kualitasnya lebih rendah. Harganya pun murah sekali. Barang tiruan ini cuman mirip model nya saja, tapi bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang lebih murah sehingga harga nya pun jauh lebih murah. 

Ketika Miss. Sunny menanyakan tiruan yang kualitasnya bagus, kita diajak masuk lagi ke dalam ruang rahasia di dalam ruang rahasia itu. pokoknya rahasia banget deh.  Nah disitu di pajang, tas- tas LV, Hermes, Dior dan Designer Brand lainnya yang dibuat dengan material yang sama persis dengan aslinya, leather nya asli, jahitannya rapi, bahkan detail-detail sama persis dengan aslinya. Harganya sudah pasti jauh lebih miring. Walaupun kalau di rupiahkan masih ada 7 digit, tapi jauuuuh lebih murah kalau beli KW Super di Jakarta.

Cara membeli nya, kita mengumpulkan tas-tas yang mau kita beli di meja. Kemudian kita tawar bukan per barang, tapi semuanya. Agak seru juga sih nawarnya. Saya dan mbak-mbak penjualnya menghabiskan hampir setengah jam untuk tawar-tawaran, padahal saya sendiri ga beli satu pun. Mama Emma yang sangat bahagia mendapatkan tas LV yang kulitnya bisa berubah warna kalau semakin lama dipakai dengan harga yang miring banget. Saya sendiri kurang ada chemistry sama tas-tas designer brand gitu, jadi buat saya lebih menarik kegiatan tawar-tawaran nya daripada beli tas nya.

Kita menghabiskan setengah hari di Nanjing Road, Shanghai. Daerah ini adalah pusat perbelanjaan tertua di Shanghai. Bangunan-bangunan ini setelah jamannya perang opium adalah British Settlement, lokasi nya tidak jauh dari The Bund. Setelah British tersingkir daerah ini mulai menjadi pusat pertokoan. Di awal abad ke-20 di bangun 8 Department Store pertama di Shanghai. Saat ini menurut info nya Miss. Sunny, terdapat lebih dari 600 toko, department store, restorant dan franchise di jalan dengan panjang kurang lebih 5 Km itu.

Bangunan jaman dulu masih di pertahankan

Suasana Nanjing Road yang selalu ramai pengunjung

Saya sebenarnya bukan orang yang fashionable apalagi fashionista (klo nista doang mungkin iya hehee). Kalau soal berbusana saya lebih suka yang casual-casual aja yang penting nyaman di pakai. Tapi kadang kalau lagi ada rejeki lebih seperti bonus dari kantor atau hibah dari bokap, saya kadang berperilaku normal seperti cewe-cewe sepantaran saya. Saya belanja MANGO, ZARA, Guess dan semacamnya. Tapi kalo dah beli biasanya suka sayang di pakai, jadi lebih sering nongkrong di lemari daripada di badan.


MANGO di Nanjing Road
Di Nanjing Road Shanghai, saya mencoba survei buat bandingin harga. Ternyata memang lebih murah sedikit, tapi karena lagi ada sale "further reduction" harganya jadi jauh bedanya. Jadilah penyakit kalap komplikasi dengan lupa ingatan saya kambuh. Di Hongkong bahkan penyakit saya menjadi semakin kronis. MANGO di Hongkong harga nya jauuuuh sama di Jakarta. Kalau di Jakarta cuman dapet dua lembar baju, di Hongkong dapet seplastik.
 
Saya dan adik saya yang pertama pun kalap di outlet Mango. Kita berdua berlari-lari kecil bolak-balik ruang ganti, sambil kadang membelalakan mata dan senyum-senyum sendiri. Bahagia banget deh pokoknya. Sementara itu adik saya yang bungsu kalap beli sepatu, dia pun sukses memborong 5 pasang sepatu diantaranya Nike & Adidas limited edition. Papa Said juga ga mau ketinggalan, pulang ke tanah air dengan memboyong tas LV yang di beli di outlet LV terbesar se Asia Tenggara yang ada di Hongkong.

Bener kan.... genetis -_-"

mejeng dulu sambil nunggu Papa Said Shopping

34 komentar:

  1. yampuunn seru banget sih Mbak, trip sekeluarga gitu, penyakit kalapnya pun genetis gitu, hihih
    keluarga yang kompaaaaaaaakkkk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      Hapus
  2. murah ndak?? ato sama aja???

    BalasHapus
  3. bawa stok duit berapa ya kesana biar puasss?? hehhe...*laagi mengkayal dibwain oleh2* :)

    BalasHapus
  4. waduuuuhhh khilaf belanjang kok kamera digital
    eh seru banget tuh nyokap elo bener2 ke pasar gelap, kebayang ga sih lo kl uda dibawa ketempat2 yang rahasia itu trus tau2 ga beli tasnya wuiiiihhh....

    BalasHapus
  5. @diah: yah begitulah.. ga keren sama sekali... ini malah kelainan, gen menurun yang resesif -_-"

    @cha: ya ada yg lbh murah, ada yg sama aja harga siy. Klo LV di sana HongKong emang lbh murah dikit, krn pajak nya aja.

    @Isti: ga bawa duit... gesek kartu kredit. ntar bayar nya urusan belakangan hahahaa

    BalasHapus
  6. @exort: yah begitulah adek gw -_-" Nyokap gw mah ga mungkin klo dateng ke toko ga beli.. jangan kan pasar gelap, pasar terang benderang aja pasti beli

    BalasHapus
  7. Wah...enknya kak Mila shopping he8...Asyik jg ya sembunyi2 gitu belinya , jd tambah seru :)

    BalasHapus
  8. waaahhh...blanja terus nih bu... :) lumayan bisa jd referensi... makasih yaa...

    BalasHapus
  9. Shanghai kota yang indah yaa

    BalasHapus
  10. @amy: iya hehee... jadi berasa di pelem2 gitu

    @meidy: sama2 ^_^

    @kamal: yupz

    BalasHapus
  11. busyeeet .. 600 toko .. emang yg di sana belanja semua ya nek .. ?
    wah .. wah .. jadi pengen tahu Papa Said pegang tas LV nya ... napa gak di foto juga nek .. ?

    kayaknya masih bersambung nih ceritanya ...

    BalasHapus
  12. *gelenggelengkepala*

    Seru mil, hebat bisa genetis gitu doyan shoppingnya :p

    BalasHapus
  13. Whoaa..sayang banget adegan tawar-menawar tas KW supernya nggak difoto, Miil..

    BalasHapus
  14. set daah.. emang namanya cewek kalo liat barang murah, sale dikit aja atau branded bawaannya pengen borong semuanya... ingaak ingaak... suami dirumah sama anak-anak mau dikasih makan apaa *plaak...

    hahahaa..

    dasarnya saya nggak doyan belanja begituan sih #membeladiri

    BalasHapus
  15. bagian yang beli barang di gedung yang mirip theater saya suka..... huaaaaaa....ini baru seruuu....bertransaksi ala mafia....hiiii seyeeeemmmm... :p

    BalasHapus
  16. Hwaaa serunyaa..... kompak! mantapsss

    BalasHapus
  17. @hoedz: namanya juga pusat pertokoan ya pada belanja semua donk hahahaa

    @rossa: gen resesif ini -_-"

    @vicky: belanja aja sembunyi2,,, boro2 mo foto2

    BalasHapus
  18. @gaphe: kasih makan anak2 mah tugas suami,,, whuahahahaa...

    @Nufri: keren kan? *pasang kacamata item

    @d3vy: ini sanjungan atao sandungan? -_-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba mila bole minta contact no hp atau email miss sunny travel guide nya? bole info ke silvia.hauw@gmail.com tq

      Hapus
    2. Mbbb minta contact nya guide nya donggg pleasee ke ifanadin26@yahoo.com

      Hapus
  19. gilingan..seru amat yak..
    ga masalah sih penyakit genetis ini, apalagi klo alat transaksi nya ga abis2..wuiihh saia juga mau dunks :p

    BalasHapus
  20. gile milll, gw pengeeen zara n mango jugaaaaa.. mil, nitip dunk kalo pergi lagi. hehehe
    dulu papa pernah beli jam rolex di hongkong dan jauh bgt harganya drpd di jkt. wish i were there

    BalasHapus
  21. yup bener!
    apapun di dunia ini, pasti genetis kok
    hhahahahaaa

    (membela diri kayaknya tuh)

    BalasHapus
  22. Wuih mantep banget..pengen tuh mango disini mahal

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah gw ngak doyan belanja tp kalap kalo liat sandal jepit + celana dalam yg bagus2 hahaha :)

    BalasHapus
  24. Mbak aku pengen tau banget deh tempat beli tas yang rahasia itu. please info donk. Coz aku mau ke shanghai dalam waktu dekat ini.

    BalasHapus
  25. Mba, boleh tau ini perginya pakai travel atau gmn?

    BalasHapus
  26. Ya ampun Kakak Milaaaa, lagi Googling soal barang-barang di Tiongkok, eh masuk ke page ini. Ternyata ini adalah Kakaknya teman sayaaaa, ajarin ngeBlog dong Kak :D

    BalasHapus
  27. HANDPHONE ORIGINAL TERPERCAYA. Nikmati Keuntungan Berbelanja Dengan Hrg Relatif Murah,Super Promo.Kami Menawarkan Berbagai Jenis Type HP,Laptop,Camera,dll,Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM ....
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS:0857-3112-5055 ATAU KLIK WEBSITE RESMI KAMI http://www.alpha-shopelektronik.blogspot.com/
    BlackBerry>Samsung>Nokia>smartfrend>Apple>Acer>Dell>Nikon>canon>DLL

    Dijual

    Ready Stock !
    BlackBerry 9380 Orlando - Black
    Rp.900.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 8520 Gemini
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
    Rp.800.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Curve 9320
    Rp.700.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
    Rp. 1.000.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
    Rp.1.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia 800 - Matt Black
    Rp.1.700.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia-710-white
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock !
    Nokia C2-06 Touch & Type - Dual GSM
    Rp.450.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia 710 - Black
    Rp. 900.000,-

    Smartfren Andromax Z
    Rp.1,500.000

    Smartfren Andromax U Limited Edition
    Rp.1.000.000

    Tablet Asus Eee Pad Slider SL 1O1
    Rp.2.000.000

    Tablet Asus Memo Pad ME172 V
    RP.800.000

    Lenovo ldea Pad B490
    Rp.2.000.000

    Lenovo think Pad edge A86
    RP.1.500.000

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel)
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB
    Rp.700.000

    Ready Stock !
    APPLE iPod Nano 8GB - Pink
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4752-2332G50Mn Core i3 Win7 Home
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Acer Aspire S3-951-2364G34iss
    Rp. 1.200.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 5951G Core i7 2630 Win 7
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Win 7 Home Premium Green
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock !
    Nikon D7000 kit 18-105mm
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix L 120 Red
    Rp. 900.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix P 500 Black
    Rp 1.000.000

    ALPHA SHOP
    alpha-shopelektronik.blogspot.com

    BalasHapus
  28. Wah enak ya bisa melancong sampai ke negeri china, ke shanghai pula...

    BalasHapus
  29. Biasanya kalo di indonesia produk cina murah ya mbak, kalo di Cina sendiri gimana ya jadi penasaran heemmm

    BalasHapus
  30. butuh jasa pengurusan export import bisa hubungi 0822 7748 4788

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...