Kamis, 24 November 2011

I Went to Thailand and Adopted by Mama & Papa Russia

Yak, itulah yang terjadi pada saya ketika bergabung dalam salah satu tur package di Phuket. Saat itu rombongan tur di dominasi oleh orang-orang dari Rusia, sekitar 80% nya lah. Sisa nya terdiri dari turis-turis Jepang, 3 cewek manis asal New Zealand dan tentu nya 3 alay keren dari kepulauan Indonesia.

Seharian itu cuaca mendung menyelimuti langit. Hujan masih rintik-rintik tipis ketika 3 alay di jemput di Rattana Mansion Hotel di Phuket Town menuju dermaga dimana kita akan naik kapal untuk memulai tur kita. Rupanya hari itu memang kita kurang beruntung karena hujan nyaris tidak berhenti turun dari langit. Silih berganti dari mulai hujan rintik yang hanya seperti tetesan air embun terbawa angin hingga hujan yang deras disertai angin kencang.

Salah satu kegiatan yang termasuk ke dalam paket itu adalah naik canoe untuk melihat dari dekat batu-batuan cantik yang terletak di situ. Hujan rintik-rintik ketika tour guide kita - Jack, memberi tahukan supaya kita bersiap-siap untuk bergantian naik keatas canoe. Tiap canoe bisa diisi 2 hingga 3 orang, tidak termasuk pendayung nya satu orang yang duduk paling  belakang. Pendayung nya itu disediakan sama tur nya, supaya kita ga perlu capek-capek dayung sendiri gitu.

Waktu itu saya males banget sebenarnya karena hujan dan udaranya dingin banget, lagipula dua hari sebelum nya juga saya sudah main canoe di Krabi. Si cewek-cewek New Zealand itu juga keliatan rada males-males-an. Saya pun dengan semangat tambah ngompor-ngomporin mereka kalau ga usah turun aja. Maksudnya supaya nemenin saya gitu. hehehee....

Emang dasar saya nya yang labil, ketika rombongan perahu karet berwarna-warni ngejreng mulai mendekati kapal, saya pun tergoda. Ketika orang-orang lain masih pada ribet sama life jacket, saya malah menggiring 2 alay lain nya - Chacha & Joko, untuk duluan lompat ke dalam salah satu perahu karet.

Saya sudah siap-siap menuruni tangga kapal ketika ada jari-jari lembut menyentuh punggung saya. Ketika menoleh saya mendapati seorang ibu-ibu manis sedang berusaha mengajak bicara. Dengan bahasa kalbu, saya pun akhirnya mengerti bahwa maksud nya dia adalah cari temen buat naik canoe itu karena suami nya memutuskan untuk stay di kapal sementara si Mama Rusia semangat pengen nyobain naik perahu karet itu.

Dengan berat hati saya pun terpaksa berpisah dengan 2 alay lain nya demi menemani Mama Rusia yang imut dan lemah lembut itu. Di canoe saya tetap berusaha menjalin komunikasi dengan Mama Rusia walaupun saya bicara dengan bahasa Inggris dan beliau tetap dengan bahasa Rusia nya yang terdengar seperti konsonan semua di telinga saya. 

Melewati batu yang menyerupai anjing, saya berusaha menjelaskan dengan gonggongan.. guk guk guk. Melewati batu yang menyerupai kambing, saya menunjuk-nunjuk dan mengeluarkan suara mengembik.. embeeek...embeekk.. Mama Rusia mengangguk-angguk sembari tertawa menandakan kalau dia mengerti (atau mungkin juga dia menganggap saya gila). Melewati batu berbentuk seperti ular kobra, saya pun mendesis... tssss tssss... 

Sampailah kita ke batu besar yang menyerupai gajah. Pendayung kita berteriak Chang! Chang! Chang itu adalah bahasa Thailand nya Gajah. Ketika saya akan menjelaskan ke Mama Rusia, saya pun tersentak, tiba-tiba sekujur tubuh saya terasa dingin, lidah saya kelu, saya baru tersadar kalau saya tidak tahu suara gajah itu seperti apaaaaaa...... *panik *nyelem

Di daerah yang agak dangkal, si pendayung tiba-tiba merogoh ke bawah kapal dan mengambil segenggam lumpur. "Kim !" katanya. Kemudian dia membalur-balurkan lumpur itu ke tangan nya. Mungkin Kim itu semacam lumpur buat kecantikan gitu yah.. entahlah saya sudah pusing karena didalam perahu karet yang sekecil itu sudah terdapat terlalu banyak bahasa.... Bahasa Rusia, bahasa Thailand, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahasa anjing, bahasa kambing....... bahasa putri duyung kesetrum.

Ketika saya menoleh ke belakang saya - ke Mama Rusia, saya terpekik melihat muka nya si Mama sudah belepotan lumpur. Dia pun berbicara pake bahasa nya yang kalau saya khidmati dengan bahasa kalbu itu semacam menjelaskan tentang lumpur yang membuat cantik dan awet muda. Si Mama pun mulai membalur-balurkan si "Kim" itu ke tangan saya.

Perjalanan pun dilanjutkan kembali dengan kapal, menuju spot canoeing yang kedua. Memasuki goa-goa stalaktit dan stalagmit kemudian masuk ke dalam Lagoon. Hujan sudah berhenti dan cuaca agak cerah.Saya sudah menunggu Mama Rusia di tepi kapal untuk segera melompat ke perahu karet merah kita. Pendayung kita sudah melambai-lambai kan tangannya sedemikian sehingga lipatan-lipatan lemak di sekitar perutnya yang tambun bergetar-getar. *tolong jangan dibayangkan*

Ternyata Papa Rusia yang raksasa memutuskan untuk ikut serta kali ini. Mungkin mendengar cerita si Mama Rusia tentang betapa serunya satu perahu karet dengan seorang cewek yang bisa bahasa-bahasa binatang (kecuali bahasa gajah). Papa Rusia melompat duluan ke dalam perahu karet. Sebelum Mama Rusia menyusul naik ke canoe, sempat-sempat nya si Mama menyuruh saya membuka kaos saya dan pake bikini doang kayak dia gitu, soalnya kalo kaosnya basah nanti saya kedinginan. Perhatian banget kan dia.....Si Mamah menjelaskan itu semua dengan bahasa Rusia, dan saya memahaminya dengan bahasa kalbu. Saya hanya menggeleng.

Akhirnya di dalam perahu itu seperti satu keluarga terdiri dari Papa-nya, Mama-nya dan anak nya yang kelamaan kejemur di matahari sampai kegosongan. Dari perahu karet lain si Chacha & si Joko berteriak, "kaaaaak... lu sekarang punya Mama Papa baru yaaaaa?". Oh Tuhan, saya merasa telah men-selingkuhi Mama & Papa Said, maafkanlah saya.

Saya, Mama Rusia & Papa Rusia

Closer look

Kegiatan terakhir dari tur ini adalah acara bebaaasss.... bebas berenang di laut, bebas maen canoe... pokoknya bebaaasss..  Saya pun berenang-renang dengan riang gembira sampai akhir nya tiba-tiba hujan deras turun. Jack memberi komando agar kita semua segera naik ke kapal. Hujan pun semakin deras, angin semakin kencang dan dingin karena sudah sore.

Di atas kapal saya menggigil kedinginan karena baju saya basah kuyup dan hanya menggunakan handuk kecil. Tiba-tiba Mama Rusia datang membawakan saya handuk besaaaar yang keriiiing dan hangaaaat.... So sweeeeeet banget kaaaaan.... dari belakang si Joko dan si Chacha mulai menggoda... "cieeeeee.... yang punya Mama baru... cieeeee"

Walaupun hanya setengah hari saya habiskan bersama Mama Rusia saya itu, tapi kenangan  indah kita berdua akan selalu saya kenang. Bahkan foto saya berdua dengan si Mama saya pajang di meja kantor saya loooooh... ah ternyata kasih sayang ibu itu tidak mengenal bangsa dan bahasa yang berbeda.

Kenangan bersama Mama Rusia, tersemat di atas meja kerja saya

25 komentar:

  1. ya ampun... mama-papa 'baru', hihihi. seru ya ceritanya :) thanks for share.

    BalasHapus
  2. mantep ceritanya tuh
    perjalanan si alay,hehhe
    nice post

    BalasHapus
  3. apakah akan ada undangan ke negara mama n papa Rusia? kali aja anak 'asli'nya tipe lo Mils ;)

    BalasHapus
  4. Sekarang saya tidak heran lagi mengapa dirimu selalu dihampiri oleh Oma-Oma.

    BalasHapus
  5. kunjungan kedua kali ini,,
    iyua mbake moga aja mbake juga bisa tambah jalan2 lagi,wakakakak

    BalasHapus
  6. seneng juga kalo punya banyak mama
    kapan ke afrika..?

    BalasHapus
  7. ouw.. what a lovely story mila ^^

    BalasHapus
  8. Hadah...bahasa gajah ndak bisa mil? belum ke ragunan sih jadi gak tahu bahasa gajah. Jadi tdk bisa menjelaskan ke Mama Rusia tadi? eh sempat kenalan nggak siapa namanya? *mumet denger bahasa rusia*

    BalasHapus
  9. Dari yang awalnya terpaksa, ternyata malah jadi menyenangkan :D
    Btw, udah ketemu blum suara gajah #eh #ditabok

    BalasHapus
  10. berasa ikut naek kano. rafting memang seru. pengn bisa lagi

    BalasHapus
  11. wewww... asiikk..
    hampir semua di dunia ini k'mila kunjungi ..

    BalasHapus
  12. inilah serunya nemu temen baru diperjalanan. sometimes, family formed not only by blood inheritance. ya kayak gini contohnya :)

    aih, soal nemu temen baru barusan saya juga ngalamin koq.. saya ini lagi di malaka trus mau ke penang loo!!. #pamer

    eh tapi kamu kan dah pernah ya?
    #gakjadipamer

    BalasHapus
  13. @indi: terima kasih kembali :D

    @rezky pratama: thks yah :D

    @lili: Tinggi, tanning, perut kotak-kotak dan berlogat Rusia? astagah itu seksih abessss...

    @p4git: jgn2 gw oma-oma genic kali yah -_-"

    @Om Rawins: di doakan saja semoga secepatnya saya bisa menginjak benua afrika & punya mama - papa afro disana

    @artika maya: oww.. tks Mba Maya.. *blush

    @arqu3fiq: sempet kenalan sih, tapi ga inget namanya soalnya kedengeran kyk konsonan semua gitu *mumet juga

    @iam: sampe sekarang masih belum cek lagi suara gajah itu seperti apa.

    @Rusydi saya malah belom pernah nyobain rafting hehee

    @rhyfhad: amiiinn... doakan yah semoga beneran bisa ngunjungiin berbagai macam belahan dunia hihiii

    @gaphe: walopun gw dah pernah, ttp aja ngiri klo ada org yang jalan2 -________-"

    BalasHapus
  14. Wah seru ya. Kok dia bisa ngerti kumpur itu utk kecantikan, meski tidak berbahasa Inggris?

    BalasHapus
  15. wah, pasti papa mama rusia seneng banget punya anak seperti mila :)

    BalasHapus
  16. hahahaa..koclak beud mbak..
    meskipun ga disuru ngebayangin tetep aja berbayangbayang di pikiran gw mbak..hahahaa :))

    BalasHapus
  17. @babybeluga: mungkin sebelumnya dia pernah ke Spa Thailand yang banyak di pinggir-pinggir jalan. disitu ada paket spa mandi lumpur kali...

    @winnie: mungkin anaknya mereka seumuran aku gitu kali yaaaa... jd keinget gitu mereka hahahaa

    @dv: ah udah gw bilang jgn dibayangin lemaknya hahahaa....

    BalasHapus
  18. kamu udah ke Thailand,Singapore dll
    pertanyaan udah belum ke Gili Terawangan,Raja Ampat
    masa kemana udah,tapi kenegara sendiri belum ?hehehe

    BalasHapus
  19. @andy: itu mah saya belom mampu, kan masih kere. coba baca postingan2 saya yg lain rata2 itu budget nya berapaan. mana mampu ke raja ampat :p

    BalasHapus
  20. bikin kangen untuk berenang di sungai nih...

    BalasHapus
  21. gw ngakak baca postingan lo kali inih..seru abiesss

    BalasHapus
  22. Ngakak sampe guling-gulingan pas ngebayangin lo niruin berbagai bahasa binatang itu. Muahahahaaa... seru dan memorable abis ya...

    Btw pas gue di Bangkok juga tiap hari keujanan mulu, sempet kebanjiran pula :(

    BalasHapus
  23. Perjalanan yang luar biasa. Canoe enak, apalagi dayung sndiri. Adrenalinnya terpacu dengan baik tuk menaklukan gelombang/ombak. Wah,jadi pengin maen air juga, tp gak usah ke Thailand, heheheeh


    Follow my twitter: @elloaris

    BalasHapus
  24. hahahha, seru juga...

    #komen garing

    BalasHapus
  25. suka banget baca postingan yg ini..kocak ^^

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...