Jumat, 04 November 2011

St. Paul's Church Ruin, Malacca

Portugis jaman dulu pernah jadi bangsa yang hebat, pokoknya mengukir sejarah banget deh. Bangsa Eropa pertama yang berhasil menjelajah sampai ke Jepang dan China. Bangsa Eropa pertama juga yang berhasil sampai ke daerah yang saat ini menjadi wilayah negara Malaysia dan Indonesia. Belanda dan Inggris perlu waktu seratus tahun lebih buat nyusul Portugis.

Awal abad ke-16 Portugis berhasil menaklukan Goa di India. Dari Goa misi penjelajahan berlanjut ke arah Timur, sampai ke Malaka. Waktu itu Malaka merupakan sebuah kerajaan mungil yang sibuk. Karena lokasi nya yang strategis tempat ini menjadi commercial port bagi pedagang-pedagang dari China, Arab, India dan Sumatera. Portugis berambisi menguasai Malaka karena dipikirnya dengan menguasai daerah tersebut dia dapat memonopoli perdagangan rempah-rempah ke Eropa, yang saat itu komoditas mahal.

Bulan Agustus tahun 1511, pasukan Portugis dipimpin oleh Afonso de Albuquerque berhasil menguasai Malaka kemudian membangun benteng disekitarnya, Fortaleza de Malaca - yang memiliki 4 gate: Porta de Santiago, The gateway of the Custom House Terrace, Porta de São Domingos, Porta de Santo António. Namun sekarang benteng tersebut sudah hancur, nyaris tidak berbekas. Yang sisa hanya tinggal reruntuhan salah satu gate nya, Porta de Santiago, yang sekarang dikenal dengan A Famosa.(wikipedia)

Di atas bukit yang paling tinggi di bangun lah sebuah gereja, letaknya ga jauh dari A Famosa. Gereja ini juga nasibnya sekarang cuman lebih beruntung sedikit dari A Famosa. Walaupun atapnya udah ga ada, tapi sebagian besar temboknya masih kokoh. Waktu Belanda mengambil alih Malaka dari Portugis, gereja ini masih di gunakan sampai kemudian dibangun Christchurch di samping Stadthuys, semua kegiatan keagamaan pun pindah ke Christchurch. 

Pada waktu Belanda di ganti Inggris, nasib gereja ini lebih miris - hanya jadi gudang mesiu. Mungkin orang-orang males kali ya kalo mau ke gereja musti manjat bukit dulu. Kualat tuh orang-orang Inggris, masa tempat ibadah nya dijadiin gudang -_-"
St. Paul's hill

Inside the Church Ruins
Yang saya ga ngerti adalah kenapa di dalam gereja ada sumur air. Sumurnya sekarang udah kering sih, dan banyak koin-koin berserakan di dalamnya. Konon itu semacam potluck gitu, lempar koin dan make a wish, and it'll come true. Saya pun ga mau kalah, melempar koin 500 Rupiah ke dalem sumur yang atas nya ditutup jeruji besi. Semoga aja uang rupiah saya bisa bergaul dengan koin-koin mata uang negara lain supaya bisa lebih gaul dan nilainya ga jeblok-jeblok amat.
di bawah sana ada koin 500 perak saya
Kalo malem-malem saya di suruh kemari, ga akan saya berani. Tempatnya horor banget, apalagi ada batu-batu nisan di jejer-jejerin. Bikin tambah horor. Awalnya saya ga ngerti kenapa itu batu-batu nisan di jejerin di situ, tapi setelah baca ini saya baru ngerti bahwa dulu nya pernah ada beberapa orang yang sempat di kubur di dalem St. Paul's church ini. Sekarang sih kuburan-kuburan nya yang lain juga udah dipindahin, makanya itu batu nisan nya di jejerin di tembok-tembok gitu. Termasuk St. Francis Xavier yang patung nya berdiri di sebelah reruntuhan gereja ini.

Tombstones

Yak dipilih..dipilih...
St. Francis Xavier adalah seorang missionary yang di beri kepercayaan untuk jadi semacam penanggung jawab gereja ini. Beliau dan beberapa rekan sempat membangun sekolah di dekat St. Paul's Church. Beliau sempat menjalankan misi hingga ke Cina, hingga akhirnya meninggal dunia di sana karena sakit. Jenazahnya di bawa ke Malaka dan sempat di kubur sementara di St. Paul's Church selama beberapa bulan kemudian di bawa ke Goa, India.

Patung St. Francis Xavier yang ada di sebelah reruntuhan St. Paul's Church baru didirikan di abad ke-20, untuk memperingati 400 tahun sejak beliau mengemban misi di Malaka. Sehari setelah patung di didirikan, bagian tangan sebelah kanannya tertimpa batang pohon hingga patah. Jadi yang bisa kita lihat sekarang adalah patung St. Francis Xavier yang tanpa tangan kanan. Ada cerita-cerita seram, konon kalo malem patung ini suka keliatan mengeluarkan air mata kayak nangis. Hiiiii..... hayoooo siapa berani bukti'in?

Patung St. Francis Xavier tanpa tangan kanan

25 komentar:

  1. itu yang tiduran dibukitnya , mbak Mila? keren2 dah nyampe ke Portugis ihhhhh mbak Mila bikin iri >.<

    BalasHapus
  2. bener juga mata uang kita agar biasa bergaul dengan mata uang asing

    BalasHapus
  3. hmmm... *ngebayangin berapa banyak koin di dalam sumur itu.

    BalasHapus
  4. Kali ini perjalananmu sangat menyeramkan, horor banget. Eh... bai de wai...mau dikumpulin kayak apa tuh rupiah kagak ada menangnya. Tetep jeblok mil dipasaran.

    BalasHapus
  5. kok aku jadi mikirnya itu gara2 tangannya patah, si patung jd ska nangis malem2 ya mbak? hahaha *nah loh?*

    btw, salam kenal mbak ;)

    BalasHapus
  6. Well-researched Mil... Gua suka bagian sejarahnya :)

    BalasHapus
  7. Itu gerejanya udah gak ada atapnya ya? Bangunannya juga spt tidak terawat gitu, mbak?
    BTW, salut juga dg pemahamannya tentang sejarahnya :)

    BalasHapus
  8. Ih serem juga, nisan2 yg dijejer dinding terus patung yg nangis karena tangan kanannya putus...

    BalasHapus
  9. @sadako kenzhi: bukan lah... Itu sih kelakuan bule ajaib, yg aneh2 aja jemuran di situ sampe di tontonin orang2 heheheee

    @cerita tugu:hihihiii... Supaya agak terkenal dikit

    @huda: pasti pny niat ga bener -_____-"

    @arqu3fiq: kalo siang ga gitu nyeremin sih, klo malem tuh baru horoooorr

    @dania: ya mungkin karena itu yaaa *merinding

    @cipu: hobi baru gw skrg, baca buku sejarah hihihiii

    @mba reni: sejak di jadiin gudang memang bangunannya jd deteriorate gitu.

    BalasHapus
  10. besok kesini aah.. lalalalalaaa

    BalasHapus
  11. ikutan om gaphe ah...
    hahaha.

    btw follow ah...

    sesama surfer harus saling memfollow.
    wkwkwkwk

    BalasHapus
  12. Sadiiiisss referensi sejarahnya. Mantab mil. Ini baru jalan-jalan berbudaya, jalan-jalan nambah ilmu, bukan cuman eksis poto-poto doang. Foto lo mana lagi mil :p

    BalasHapus
  13. klo malem bisa buat uka-uka ya... hehehe.. klo ke suku-suku tertentu suka ga? boleh dicoba.. :)

    BalasHapus
  14. gw demen bagian lempar koin 500 peraknya... moga aja impian lo terkabul, uang rupiah nilainya jadi ngga jeblok2 amat :D

    BalasHapus
  15. 'Semoga aja uang rupiah nilainya ga jeblok-jeblok amat' --> setuju 100%! biar jalan-jalan ke LN (termasuk naik haji) gak mahal-mahal banget..
    Mil, gue dukung lu jadi menteri keuangan/gubernur BI deh.. :)

    BalasHapus
  16. sama kayak huda, berapa yah koin di dalem sumurnya? kalo mbak ambil, bisa kaya dadakan tuh. hehehehe

    BalasHapus
  17. Wah, hebat banget nih Mila, menjelajah sampai ke Malacca ... ayo dikumpulin koin2nya, lumayan buat koleksi ... LOL

    BalasHapus
  18. Portugis mmg pembuka jalan bagi negara2 spt Inggris dan Spanyol dlm mencari tanah2 baru mereka ! tapi Portugis dan Belanda dianggap sebagai kategori negara penjajah termiskin dibandingkan dgn Inggris dan spanyol....I like this post...!
    salam kenal dan salam persahabatan !

    BalasHapus
  19. tempat-tempat sejarah nih.. nice post

    BalasHapus
  20. yah...... fransiskus xavier terkenal banget di gereja indonesia..sampe ada yang meniru semangatnya..serikat xaverian

    BalasHapus
  21. Ruin-nya seperti ruin Pulau Kenanga di Tamansari, Jogja, Mbak Mila. Bedanya, pulau kenanga dulu merupakan tempat peristirahatan sultan, jauh di masa lalu. Konon ketika dialiri air, sekitar pulau kenanga itu dulunya jadi danau.

    Malem-malem memang menakutkan juga, tapi dari lantai atas pemandangannya jadi bagus banget (naiknya loncat menyelinap. hahaha), lampu Jogja keliatan semua. Eksotis. :)

    BalasHapus
  22. Wah jadi inget jaman SD, pas pelajaran sejarah :D
    Hmm.. dan saya baru tau sejarah gereja ini :)

    BalasHapus
  23. umh,,, pasti uang kita paling oke mbak :)
    soalnya ada angka 500 nya
    kalau mata uang lain paling cuma ada angka 1, 5, 10 bukan sih?
    kapan ya bisa jalan2 mulu kayak mbak :)

    BalasHapus
  24. gw selalu iri hati melihat backpacker keliling dunia, moenyebalkan karena gw juga pencinta backpackeran tapi belom dapet kesempatan untuk keluar dari indonesia raya ini

    BalasHapus
  25. mantebs nih jalan2nya...! bikin mupeng

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...