Minggu, 17 Agustus 2014

Ullen Sentalu

Museum kebudayaan Jawa yang terletak di daerah Kaliurang, Jogjakarta ini mendapat banyak rekomendasi dari blog dan situs travel sebagai salah satu lokasi yang wajib dikunjungi. Waktu saya ke Jogja sama Chacha tahun lalu sempat ada rencana ke tempat ini, tapi karena lokasinya jauh menyimpang dari tempat-tempat tujuan pencarian innerpeace kita ke candi-candi di jogja dan sekitanya jadi tidak sempat mampir. 

Kebetulan tahun ini, saya bersama kawan saya Dayu Ary dan suaminya pergi ke daerah bekas letusan Gunung Merapi, pulangnya melewati daerah Kaliurang kita mampir ke Ullen Sentalu ini.

Museum ini bangunannya dari batu-batu dan tampak asri, pintu masuknya melewati lorong batu dan diantara ruangan-ruangannya ada yang dialiri air jadi sejuk dan dingin. Pengunjung di pandu oleh pemandu tur selama sekitar 15 menit menyusuri ruangan-ruangan di museum itu. 

Pertama - tama pengunjung dijelaskan tentang silsilah kerajaan Jawa yang berasal dari Kerajaan Mataram kemudian terpisah jadi dua Kesultanan Jogjakarta dan Kesultanan Surakarta. Masing-masing kesultanan Jogjakarta dan Kesultanan Surakarta pecah lagi jadi dua, hingga sekarang dari yang awalnya satu kerajaan Mataram pecah jadi 4 kerajaan yang berlokasi di daerah Jawa Tengah. 

Dalam ruangan pertama terdapat alat-alat musik gamelan dan lukisan tari-tarian. Pemandu menjelaskan filosofi musik dan tari-tarian Jawa, juga menjelaskan arti dari busana penari-penarinya. Setelah itu pengunjung dibawa menyusuri lorong yang berisi lukisan-lukisan keluarga kerajaan Hamengkubuwono (yang sekarang memerintah di Jogjakarta) dan ada juga Pakubuwono (yang sekarang memerintah di Surakarta).

Menurut saya yang paling menarik kisah Pakubuwono XII yang sudah jadi Raja sejak masih muda sekali karena ayahnya PB XI meninggal dunia, jadi beliau memerintah didampingi oleh Ibunya. Kalau seperti cerita di Games of Throne - ada Queen Regent nya. Uniknya PB XII ini punya 6 selir tapi tidak satu pun yang diakui sebagai permaisuri. Ada juga putri dari PB XI yang terkenal dengan panggilan Tineke, di museum itu bahkan beliau punya ruangan sendiri yang berisi foto-foto dan korespondensi surat-suratnya waku jaman dulu. Putri Solo itu cantik banget, bahkan kalau mau dibandingkan dengan gadis-gadis jaman sekarang cantiknya masih gak kalah. 

Selain tentang keluarga-keluarga kerajaan ada juga ruangan yang berisi koleksi batik dari berbagai daerah. Pemandu menjelaskan tentang makna motif-motif batik yang ada di koleksinya. Selesai tur pengunjung diberi minum yang kayaknya jamu kunyit asem, tapi karena saya ga suka bau jamu-jamu-an jadi saya ga cobain minumannya.

Di dalam museum Ullen Sentalu pengunjung tidak di perbolehkan mengambil gambar / foto-foto. Setelah selesai tur dan berada di tamannya baru boleh foto-foto.

Replika salah satu panel Candi Borobudur

Mejeng di taman belakangnya yang asri, disini ada cafe juga

34 komentar:

  1. Di Kaliurang mampir ke air terjun juga nggak Mil?

    BalasHapus
  2. kenapa sih di dalam gak bisa foto foto ya....
    kebanyakan museum memag gitu sih

    kapan kapan aku pingin mampir juga aaaahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin supaya koleksi2nya ga ditiru kali ya

      Hapus
  3. Jogja memang tempat yg asyik untuk wisata pendidikan, thanks mbak mil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ini pendidikan dan sejarah juga hehee

      Hapus
  4. aku belum pernah.. penge kesana ah
    tp sayang ya ga boleh poto2 di dlm

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh dicatet mba, kayak buat bikin laporan karyawisata jaman sd hahahaa

      Hapus
  5. Beukenhof resto nya bagus jg keknya ya Mil

    BalasHapus
  6. gw belom pernah kesini.. hehehe. buset itu selirnya sampe 6!

    BalasHapus
  7. Kalau ada guide tur-nya, menyelami museum makin asyik ya, Ka. Enggak bengon mulu di dalam.

    Kasian ya, tidak ada yang duakui sbg permaisuri. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya enak sih dijelasin, tapi kadang guide nya suka ngepot jd kita blm sempet mengamati barangnya dia dah jalan lagi

      Hapus
  8. kalau ke museum emang enaknya ada guide turnya, ya. Jadi bisa lebih lengkap dijelasinnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba. lebih enak lagi kalau sblmnya udah tau latar belakang sejarahnya jadi langsung nyambung sama penjelasan guide

      Hapus
  9. Kemarin lewat depan nya saja, aku agak kurang sreg kalo berkunjung ke museum hahaha. Mungkin karna gampang move on dari masa lalu :-)

    BalasHapus
  10. Krn aku ga suka sejarah, jadi plg males klo jalan2 ke museum heheh
    tapi unik juga ceritanya PB XII itu yaa, cepet bgt naik tahta trus bisa dpt byk selir pulaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnay tiap PB itu ada ciri khas cerita uniknya, kayak semacam infotainment jaman dulu mungkin ngomonginnya sultan kan blm ada artis hahahaa

      Hapus
  11. cerita ttg raja dan selir selirnya bikin penasaran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya sih perkawinan raja itu ada unsur politiknya, misalnya biar 2 kerajaan akur, atau hadiah buat menghormati kerajaan yg lebih besar, gitu2 deh :p

      Hapus
  12. Berasa mejik banget ga sih Mil ditempat ini? Kayaknya pengen duduk aja disitu nikmatin tempatnya.. :D hehe.. Apa gw aja yah? :p

    BalasHapus
  13. salah satu tempat wisata paling keren di Yogya. Wajib dikunjungi.

    BalasHapus
  14. Waktu pulang kemaren pengen kesini juga tapi hujan badai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kapan2 kalau main ke jogja lagi ya, Tan

      Hapus
  15. sayang gak boleh ambil gambar di dalam ya padahal aku penasaran ada apa disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada website nya, mba. coba deh di google

      Hapus
  16. wah keren mba Mila udah sampai sini, aku yang di jogja aj malah belum pernah, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya begitu, aku aja yg tinggal di jakarta blm pernah naik ke atas monas hahahaa

      Hapus
  17. Gw bolak-balik mau ke sini gak jadi2. Padahal jalan ke Jogja hampir tiap bulan. Katanya di dalam gak boleh poto2 ya?

    BalasHapus
  18. Asa kredi kredi şirketi size iş personel başlatmak için gereken herhangi bir miktarda kredi vermeye hazırız. sen de de biz sizin için ev satabilirsiniz aylık taksit ev almak istiyorsak,% 3 faiz oranıyla kredi veriyoruz. böylece Lütfen tarım tarım kredi için geçerlidir. Eğer kredi kaydını bizim e-posta gerekirse: asaloantransfer@gmail.com, sen de bu e-posta irtibata geçebilirsiniz: finance_institute2015@outlook.com, birçok Nedenleri ihtiyaç var olabilir Neden bazı bonus nakit giriş - beklenmeyen araç veya ev onarım gelen için ödeme düğün ya da özel bir tatil. Yukarıdaki 100.000 $ $ Arasında 5,000 USD ödünç zaman Ama, bunu ihtiyacınız ne olursa olsun.

    Åžirket uzmanlaÅŸma.
    1)% 3 faiz oranıyla kredi veriyoruz.
    2) seçtiğiniz herhangi bir yerde seçtiğiniz Ayrıca bir ev satın alabilirsiniz.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...