Selasa, 13 Desember 2016

Keliling-keliling di Dalam Kompleks Wat Pho (Lagi)

Lima tahun lalu saya ke Bangkok dengan tujuan lihat patung Sleeping Budha di Wat Pho. Salah satu alasanya karena pernah lihat foto Papa Said waktu lagi bisnis trip ke Bangkok, sempat jalan-jalan dan foto di depan patung itu. Tahun ini saya balik kesana, bareng keluarga. Seperti yang pernah saya bilang di postingan sebelum-sebelumnya, harga tiket masuk ke Wat Pho ini naik dari 50 bath menjadi 100 bath.

Saya ke Bangkok kemarin bulan Februari, beberapa bulan sebelum Raja Bhumibol wafat dan Thailand berkabung selama satu tahun. Raja Bhumibol adalah Raja Thailand yang paling lama bertahta. Menurut Tince yang baru-baru ini dari sana, selama masa berkabung satu tahun itu rakyat Thailand harus pakai baju warna gelap atau warna putih.

Dari hotel Silom Village di daerah Silom, kami naik tuktuk ke pier Oriental, kemudian naik express boat sampai ke kawasan Rattanakosin. Tujuan pertama adalah ke Wat Phra Kew atau Grand Pallace, tapi mungkin pas itu adalah musim libur turis dari China jadi banyak banget rombongan turis komplit dengan tour guide nya yang angkat-angkat bendera sambil teriak-teriak. Ramainya itu sudah seperti satu provinsi rakyat China ada disitu. Kami sempat masuk ke halaman Wat Phra Kew dengan penuh perjuangan, mungkin mirip jalan di terowongan mina pas musim haji. Ketika lihat antrian loket beli tiket masuk yang mengular, langsung hilang minat untuk masuk. Akhirnya kami melipir ke Wat Pho.

Wat Pho tidak seramai Wat Phra Kew, mungkin karena masih pagi jadi rombongan turis belum sampai kesitu jadwalnya. Di halaman Wat sedang ada acara, orang-orang lokal mengantri di depan Biksu, di doakan, diciprat air suci, kemudian dipasangkan gelang. Turis-turis asing mengelilingi sambil foto-foto, beberapa bahkan ikut antri dan didoakan juga. 



Setelah lihat Patung Sleeping Budha, kami ke kompleks wat yang ada di halamannya. Dulu waktu saya pertama kali ke Wat Pho sendirian, saya sempat nyasar di kompleks itu sebelum akhirnya menemukan lokasi Sleeping Budha. Dulu lagi ada renovasi sehingga pintu utama yang langsung menuju ke Sleeping Budha ditutup, dan tempat itu sepi jadi ya saya muter-muter keliling sendirian. 

Kemarin saya muter-muter kompleks lagi itu sendirian, mengulang masa lalu. Kali ini bukan karena nyasar tapi karena cariin Mama Said yang tiba-tiba hilang waktu saya dan Anissa, adik saya yang bungsu, lagi foto-foto. Akhirnya Anissa tunggu di pintu exit, kita sms ke henponnya Mama Said dan saya keliling kompleks wat yang masih sepi aja kayak dulu, tapi gak ketemu juga. Waduh kalau nyasar gawat tuh, nanti pada gak bisa pulang. Setelah keringetan bolak balik saya kembali ke tempat Anissa menunggu, di dekat pintu exit. Saya berdua Anissa duduk-duduk aja disitu sampai kemudian muncul yang lain dengan wajah tanpa dosa. 

Sebetulnya rencana awal mau ke Wat Phra Keow, Wat Pho kemudian Wat Arun. Wat Phra Keow gagal kan tadi. Wat Arun juga gagal karena lagi direstorasi dan ditutup sementara. Sementara itu Mama Said juga udah gelisah gak sabaran kepingin shopping lagi, akhirnya kami naik taksi langsung ke mall.


12 komentar:

  1. Wat Arun itu lama banget ya dibuka kembali

    BalasHapus
  2. Buset lu jalan-jalan mulu yah kerjaannya?

    Ibu kaya yah....

    BalasHapus
  3. Gw kadang ketuker2 kalo ngomongin wat wat ini. Yang Wat Pho yang mana, yang Wat Arum yang mana hahaha. Butuh balik ke sana lagi untuk inget kembali hahahah

    BalasHapus
  4. Itu semua orang Thailand yang mesti pake baju hitam/putih selama setahun? Ga bisa kecentilan dong pake baju warna lain. *gagalfokus

    BalasHapus
  5. untung ketemu ya mba si mama, secara bukan di ibukota klo hilang syusah jg :D

    BalasHapus
  6. Penghormatan yang luar biasa dari rakyat untuk rajanya. Sampai 1 tahun berkabungnya

    BalasHapus
  7. Ngebayangin ramenya, kayak 1 propinsi rakyat cina... Rame banget yaa mba :D

    BalasHapus
  8. Kak mil episode thailanndnya masi lanjooot
    Pengenn ih ikut ahhahah #digaplok

    BalasHapus
  9. Kak Milaaa..... Lama gak baca tulisan jalan-jalannya kak milaa.... biasanya cuma lihat foto IG atau Keseharian Path nya..... Kak klo aku kirim pesan lewat IG dibalas gak kak?

    BalasHapus
  10. Aku berkali2 suka mampir ke wat pho kalo lagi mau nongkrong di cafe2 pinggir sungai sebrang wat arun

    BalasHapus
  11. Akupun kalo ke bangkok lebih suka shopping dan kuliner mba drpd dtg ke wat nya :D. Apalagi 2014 kmrn tuh sampe jalan k chiang rai, chiang mai dan bangkok. Nah di chiang mai ruameee bgt ama wat.. Tiap brp meter ada kali. Sampe bosen aku ama temenku. Jdnya pas nyampe bangkok kita ga liat wat lg dan lgs kuliner plus shopping :p

    BalasHapus
  12. kayaknya seru...... tahun depan coba agenda liburan kesana ah

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...