Senin, 20 Mei 2013

Old Melbourne Gaol

Old Melbourne Gaol adalah penjara pertama di Melbourne yang pernah di huni oleh salah satu kriminal yang paling fenomenal sepanjang sejarah Australia – Ned Kelly. 

Ned Kelly memang terkenal sebagai pelanggar hukum konsisten, sudah sering keluar masuk penjara dan bermasalah sama polisi sejak usia remaja. Uniknya bagi orang Australia dia juga dianggap sebagai pahlawan yang melegenda yang dianggap berani melawan otoritas penegak hukum yang waktu jaman itu dianggap tidak adil. 

Ned hidup di abad ke-19, ayahnya adalah convict (narapidana) yang dikirim dari Irlandia. Ned sendiri sejak usia 15 tahun sudah merasakan masuk bui, beberapa kali ditangkap, beberapa kali terbukti tidak bersalah tapi sempat juga menjalani hukuman kerja paksa. Kejahatannya ya macam-macam diantaranya dituduh mencuri ternak dan sering melakukan tindak kekerasan. 

Hingga suatu insiden yang melibatkan seorang polisi di rumah keluarga Kelly mengakibatkan ibu nya Ned dan seorang saudaranya kena hukuman penjara, sementara Ned dan adiknya Dan menjadi buronan. Di pelariannya Ned dan adiknya membentuk geng dengan dua orang kawan mereka. Di suatu hari mereka membunuh 3 orang polisi yang ditugaskan mencari mereka. Menambah daftar kejahatannya, Kelly dan genk nya juga merampok 2 bank. 

Hadiah yang ditawarkan bagi yang bisa menangkap Ned Kelly pun makin besar. Kelly dan geng nya punya semacam baju baja anti peluru yang melindungi kepala dan tubuhnya, tapi tidak di bagian kaki. Ned Kelly tertembak di bagian kaki oleh seorang polisi, yang kemudian melumpuhkannya dan membuatnya ditangkap dan di bawa ke penjara. Setelah melalui persidangan, Ned Kelly di jatuhi hukuman gantung. 

Baju Baja Ned Kelly

Old Melbourne Gaol dari dalam

Bukan hanya Ned Kelly dan narapidana dari kaum pendatang yang kena hukuman gantung di sini, bahkan kaum Aborigin saja bisa kena hukum gantung. Malahan terpidana pertama yang dihukum gantung adalah  2 orang aborigin. Di salah satu keterangan yang tergantung di tembok Melbourne Gaol, pada tahun 1841 ada insiden penembakan pendatang dari Eropa oleh 5 orang Aborigin. 

Orang Eropa itu dibunuh oleh para kaum Aborigin karena mereka pernah menculik suami dari salah satu dari ke5 aborigins itu dan membunuhnya, jadi mereka balas dendam. Tapi para aborigins itu ditangkap dan diadili di pengadilan. Hakim mengirim 3 orang wanita aborigin itu ke FLinders Land, mungkin untuk kerja paksa. Tapi 2 orang pria aboriginal di jatuhi hukum gantung di muka publik.

Etapi ternyata hukum gantung itu bukan sekadar gantung, ada yang namanya "The Art of Hanging" - katanya, "Hanging is a fine art and not a mechanical trade. Is not a man an artist who can painlessly and without brutality  despatch another man?" Dan di sebelah nya ada bermacam-macam jenis simpul yang baik dan benar untuk menggantung manusia agar cepat mati nya.

Seragam petugas gantung dan perlengkapannya

The Art of Hanging
Old Melbourne Gaol sendiri sekarang sebagian bangunannya sudah jadi universitas RMIT, dan sebagian jadi museum. Sudah tidak ada lagi napi yang ditahan disana. Dipikir-pikir gimana rasanya ya punya kampus di bangunan tua yang bekas penjara dan banyak napi hukuman gantung nya? Yang jelas kalo saya mah ogah ngerjain tugas sampe malem di kampus.

Halaman kampus yang bekas Melbourne Gaol

Ini masih masuk area kampus, Ned Kelly katanya lewat pintu ini pas mau di gantung
 

17 komentar:

  1. duh miris banget dari kecil sudah terbiasa masuk bui ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu awal2 imigran eropa tinggal di ostrali emang agak rusuh sptnya mba, soalnya itu sebagian besar kan convict yg dibuang gitu

      Hapus
  2. Kirain pertama typo gitu, ternyata oh ternyata.. Seremm banget sih, gw juga ogah kalo disuruh lembur ngerjain tugas dikampus itu..haha.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaol kakak py, bukan gaul hahahaa

      Hapus
  3. GILA! penjara di jadiin kampus?! whatda... (love the way u'r life anyway)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,ngeri tapi keren hehee

      Hapus
  4. ini schedule an ya mil?
    ada berapa lagi stok postingannya, selama dikau umroh?
    hebbbaaattt sekaliii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuman satu mba auto postnya, soalnya aku sudah pulang nih hari ini hahahaa

      Hapus
  5. Kayake serem yo Mil...

    BalasHapus
  6. Wah wah saya jadi kagum dengan kisah Ned Kelly. Kalau dari popularitas mungkin masih unggul Al Capone ya. Penjara Al Catraz. Atau lainnya sampai dijadikan film.

    Kalau liat dari foto fotonya sih mirip dalam film Jean Claude Vandamn ya, Kan ada adegan dirinya dalam penjara, Sepertinya sangat mirip yang difilm film Vandamn. Beberapa film barat yang saya tonton di Indonesia ada banyak yang menampilkan atau syutingnya di Penjara

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga kagum sama kang asep

      Hapus
  7. ahai Ned Kelly. legendaris banget itu, Mbak.
    kalo di sini ya Kusni Kasdut lah, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa kusni kasdut tuh hahahaaa

      Hapus
  8. Ck, ck, ck, ada - ada saja ya...

    BalasHapus
  9. seremmmm mil ... jd takut kalau mau ke RMIT ...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...