Sabtu, 25 Mei 2013

Kawah Sikidang

Alkisah ada seorang putri yang cantik jelita bernama Sinta Dewi. Dia di taksir oleh seorang pangeran yang kaya tapi gak ganteng bernama Kidang Garungan. 

Ketika pangeran melamar putri Sinta Dewi, dia memberi syarat kepada sang pangeran untuk menggali sebuah sumur dalam waktu semalam. Kalau Kidang Garungan berhasil menggali sumur itu baru Sinta Dewi bersedia menjadi istrinya.

Tapi  ternyata ilmunya Kidang Garungan sakti banget, menjelang pagi sumur yang digalinya sudah hampir selesai. Putri Sinta Dewi panik kemudian menimbun sang Pangeran yang masih berada dalam sumur itu. Si Pangeran murka dan mengutuk keturunan Sinta Dewi kelak akan berambut gimbal. 

Putri terus menimbun Kidang Garungan yang lagi marah-marah di dasar sumur hingga terkubur. Sumur yang digali sang pangeran pun berubah menjadi kawah.

Kawah Sikidang ini adalah salah satu kawah di daerah Dieng dari sekian banyak kawah aktif yang bersebaran dan satu-satunya kawah yang kita kunjungi. Walaupun bau belerang di sekitar kawah ini sangat menyengat tapi masih masuk kategori tidak beracun. 






Sehari setelah kita turun dari Dieng, sampai di jogja kita mendapat kabar bahwa ada kawah aktif di Dieng yang mengeluarkan gas beracun. Di film yang diputar di Dieng Plateu Theater, konon katanya kawah yang mengeluarkan gas beracun itu - yang bernama Kawah Sileri, pernah menjadi tempat tragedi yang menewaskan puluhan penduduk di tahun 1970-an. Kita tidak sempat kesana karena lokasi nya yang lumayan jauh dari tempat kita di dekat bukit Sikunir. 

30 komentar:

  1. indah tapi sedikit mengerikan ya kalau sampai mengisap gas beracunnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tp klo yg di sikidang aman. Yg bahaya itu justru klo gas nya gak berbau trus kita gak tau kita hirup ternyata dia beracun. Nah yg di kawah satunya lagi ada yg kyk gitu

      Hapus
  2. hampir2 mirip kaya roro jongrang ya mil. waktu yang diberikan cuma semalem. kenapa semalem? kenapa bukan 1jam atau 1menit lagi yg lebih impossible?
    saya jadi mikir loh. kalo emang si perempuan gag mau nerima si cowo, kenapa ga langsung aja bilang gag mau, drpada minta dibuatin ini itu ya?
    *gag penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya klo cerita2 jaman dulu itu klo ada orang sakti mau kawinin putri suatu kerajaan klo putri nya langsung nolak kerajaan nya langsung diserbu dan dihancurkan. Jd si putri cari2 cara lain buat nolak diantaranya ya kasih syarat yang mustahil dikerjain gitu.

      Hapus
  3. dapet jodoh gak disana #salahfokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kagak lah, napas aja susah pke masker boro2 cari jodoh

      Hapus
  4. Wah asyik banget blognya. :) Bikin pingin jalan2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ma aciy, ah aku selalu seneng klo ada org yg teracuni jd pengen jalan2 stlh baca blog aku hinihihi

      Hapus
  5. klo bau gt berarti ga bs lama2 ya disitu.. bs pusing :D

    eh eh.. trus sinta dewi jadinya nikah ma siapa? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, ga nanya aku hahahaaa

      Hapus
  6. WADUH, ngeri jg ya kalo beracun begitu... mending gak usah kesana Mil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya klo lg keluarin gas beracun gak akan lah..

      Hapus
  7. asiiik, nemu blog tentang cerita perjalanan, seru2 jg ya mba ceritanya, hati2 jgn sampe nyasar ketempat berbahaya mba..
    oya, aku follow blognya, folback ya kalo keberatan, aku msh newbie butuh byk teman nih..
    ^_^
    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm klo nyasar sih lmyn sering.... Tp jgn sampe lah ke t4 bahaya huhuhuuu amit2 *ketok2meja

      Hapus
  8. hmmmmmm si cowok itu salah jaman.... coba kalo sekarang pasti banyak yang mau secara kaya...hahahahahaha...ganteng apa nggak mah nggak penting...ganteng khan nggak bisa dimakan...hihihiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bilang tuh ke sinta dewi, tanz

      Hapus
  9. Oo.. jd selama ini kemari tohhh... hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dieng udah lama, yg bulan lalu ke pulau komodo heheheee

      Hapus
  10. Iya Sikidang aman kok :D Jalannya gak gitu jauh pula dari tempat mobil parkir.. Jadi pengenn ke Dieng lagii.. soale waktu itu gak sampe ke Dieng 2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa aku juga blom sampe dieng 2. Itu kawah yg beracun itu adanya di dieng 2

      Hapus
  11. Ini kisah sebuah kawah seharusnya berakhir tragis, kok, saya malah ngakak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih pagit, ini aku cerita seriussss malah ngakak

      Hapus
  12. ternyata sinta dewi itu sadis juga ya..menguburkan kindang garungan dalam keadaan hidup-hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, emang sadis juga klo dipikir2

      Hapus
  13. Sempet-sempetnya levitasi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bwahahahak keren kan? Keren kan?

      Hapus
  14. wah harus dijadwalin neh next trip ke sini. kerennn kayanya ;)

    BalasHapus
  15. kok gitu sih sejarahnya..?
    kirain karena kawahnya loncat loncat kaya kidang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya aku diceritain nya begitu, om. Jgn protes ke aku

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...