Selasa, 20 Januari 2015

Sunset di Pantai Depok Jogjakarta

Sesaat sebelum matahari terbenam, bersama dengan teman SMA saya Dayu Ary dan suaminya Lexis, saya tiba di Pantai Depok setelah melalui jalan lurus yang membentang diantara hamparan gumuk pasir Parangkusumo. Hari itu adalah hari Sabtu, Pantai Depok ramai oleh pengunjung, sekeluarga, berpasangan, maupun yang datang dengan sekelompok teman sepermainan. Perahu kayu nelayan warna warni parkir berjajaran di sisi pantai yang berpasir hitam. Ya, ciri khas Pantai Depok adalah pasirnya yang berwarna hitam. 



Banyak anak-anak dengan kaus kutang dan celana dalam masih asik bermain air di antara deburan ombak yang santai, mengingat masa balita saya di pantai cilacap persis dengan kutang dan celana dalam. Sementara ibu dan kakek neneknya mengamati sambil menyantap camilan di atas tikar. Sementara itu matahari berwarna keemasan bulat sempurna perlahan bersiap turun ke batas horizon, menyinari siluet keluarga yang sedang bercengkrama di atas tikar itu.

Kami sempat mencicipi jenis hewan laut yang baru saya lihat seumur hidup. Hewan laut ini bercangkang seperti kepiting tapi tidak keras dan ukurannya juga kecil, kira-kira sebesar satu ruas ibu jari. Dijajakan diantara cumi dan ikan asin yang sudah dimasak kering, saya tertarik melihat hewan yang buat saya terlihat asing itu. 

"Ini apa, bu?" tanya saya ke ibu pemilik warung.

"Undur-undur itu. Boleh di coba saja," ibu itu mengambil seekor undur-undur dan menyodorkan ke tangan saya.

Rasanya aneh.

Ibu itu tertawa girang melihat ekspresi muka saya.



25 komentar:

  1. Undur2??? Apa yg suka ngerong di tanah? Kalo di Mbolo dulu undur2 yg perbah saya liat kecil banget nah suka bikin rmh d tanah gitu mbak..dulu kan rmh d jawa msh byk yg lantainya tanah liat...byj undur2ny..

    Sayang g ad ftonya mbak, pgn liat undur2ny

    dia jlnnya mundur makanya dinamain undur2 #katanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya idem....
      setauku undur undur itu hewan keciiil yang di tanah, atau pasir. sama persis kayak yang digambarkan ajeng.

      tapi kayaknya yang digambarkan Jeng Mila Cantik ini berbeda dengan undur undur yang kukenal.
      sayang gak ada fotonya, (idem lagi sama ajeng)

      Hapus
    2. iya beda sama undur-undur yang ditanah. kalo itu kan kecil, kalo ini lumayan gede. mungkin dikasi nama undur-undur juga karena jalannya sama-sama mundur

      Hapus
  2. Undur-undur goreng ya. Saya pernah ditawari itu, sayangnya lidah saya masih belum bisa terima makanan yang tidak saya kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, di goreng kering gitu. rasanya aneh hahahaa

      Hapus
  3. undur-undur itu hewan yang jalannya mundur bukan sih mbak waktu aku SD sering lihat

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya jalannya mundur mba. tapi aku cuma liat yang udah digoreng jadi blum lihat dia jalannya bagaimana

      Hapus
  4. heummm...jadi kangen pantai depok.kalo inget pantai depok,ombaknya garang..tapis eru buat makan2 heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas aku kesana sih ombaknya lagi ga garank, malah lagi jinak-jinak merpati *halah hahahaa

      Hapus
  5. itu undur2 laut ya? baru tahu soalnya. yg aku tahu, saat tinggal di kampung halaman dulu, undur2 banyak di sekitar rumah. dia tinggal di tanah yang kering dan berpasir. dia biasanya mundur2 sampai ke dalam tanah dan membuat bekasnya spt kerucut terbalik. biasanya ukurannya sebesar lalat dan waktu masih kecil dulu katanya dipercaya bisa menyembuhkan gatel2 kalau dimakan... hii... saya sih blm pernah... o ya, salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa aku taunya jg undur-undur yang di tanah itu. katanya juga kalau dimakan bisa jadi obat diabetes. tapi blm pernah coba juga.
      kalau ini undur-undurnya gede kayak anak kepiting

      Hapus
  6. Huweeeee makan undur-undur. Cumi aja kalo bentuknya masih Cumi saya ga tega. Wkwkwk. Dulu ga ngeh kalo Depok itu nama daerah pantai di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih kenapa ga tega makan cumi ? cumi kan enak :9

      Hapus
  7. Chi baru tau kalo undur-undur bisa dimakan mba, hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. undur-undur laut ya chi, bukan undur-undur yang di tanah yang kayak semut kecilnya gitu

      Hapus
  8. *lgsg gugling gambar undur2* hihi ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketemu ga py gambarnya? hehee

      Hapus
  9. waktu kecil dulu aku sering nyari undur2 di pasir-pasir gt.. tp buat main2 doank, ga tau kalo undur2 bs dimakan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan yang itu mba, beda undur-undur nya :D

      Hapus
  10. Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















    Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

    BalasHapus
  11. rame banget yaaa yg nunggu sunset :-)
    aku ra betah kalo tempat terlalu ramai hehehe

    BalasHapus
  12. Wah, kamu beruntung Mil, dapat sunset di bulan-bulan musim hujan seperti sekarang ini.

    BalasHapus
  13. kalau lihat sunset di pantai jadi inget liburan saya di bali yang melihat sunset di pantai lovina. Bagus banget pemandanganya disana , , , , ,

    BalasHapus
  14. pantai selatan jawa kok mirip semua ya

    BalasHapus
  15. undur-undur seperti nama hewan yang ada di tanah ya.. hehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...