Sabtu, 08 Februari 2020

Yuk, Kenali Apa Saja Gejala Penyakit Diabetes Mulai dari Sekarang

Penyakit diabetes termasuk ke dalam jenis penyakit yang kronis. Segera kenali gejalanya karena gejala yang muncul mirip dengan kondisi sakit biasa, makanya banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka terjangkit penyakit diabetes. Untuk memastikan apakah seseorang mengidap penyakit diabetes atau tidak, maka dibutuhkan diagnosis dokter melalui cek darah. Nah, apa saja gejala penyakit diabetes yang harus diwaspadai?

Apa Saja Gejala Penyakit Diabetes?
Mengetahui apa saja gejala penyakit diabetes menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Tidak hanya dari hasil pemeriksaan kadar gula dalam darah, gejala diabetes diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mudah Merasa Haus
Polidipsia adalah keadaan di mana seringnya seseorang merasakan haus berlebih. Ini sudah menjadi gejala awal diabetes. Kadang, seseorang akan merasa kering di area dalam mulut. Namun, gejala seperti ini bukan berarti seseorang dipastikan menderita diabetes sebab orang yang melakukan aktivitas berat dan cuaca panas juga dapat membuat tubuh mudah haus. Yang harus diwaspadai ialah saat tubuh masih tetap haus bahkan sesudah minum banyak. Gampang haus terjadi karena kadar gula berlebihan dalam darah menyerap air terus menerus dari jaringan sehingga membuat tubuh dehidrasi.

2. Sering Buang Air Kecil Terutama di Malam Hari
Banyak minum bermakna sering terjadi buang air kecil juga. Penderita diabetes perlu mewaspadai apa saja gejala penyakit diabetes termasuk sering buang air kecil ini. Gejala inilah yang terkenal di masyarakat. Buang air kecil secara terus menerus termasuk gejala awal dari penyakit diabetes. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, supaya lekas mendapatkan penanganan dengan tepat.

3. Meningkatnya Nafsu Makan
Gejala penyakit diabetes juga dapat dilihat dari meningkatnya nafsu makan. Hal ini kemungkinan besar menjadi pertanda awal munculnya penyakit diabetes. Keadaan ini terjadi karena sel menginginkan asupan glukosa lebih banyak dan berasal dari makanan. Namun, tubuh sedang tidak dalam keadaan optimal dan dapat bermetabolisme dengan baik, inilah yang menyebabkan rasa lapar berkelanjutan.

4. Berat Badan Turun Secara Bertahap
Berat badan turun merupakan hal yang biasa. Namun, bila terjadi secara terus menerus maka perlu diwaspadai. Bisa jadi itu termasuk ke dalam gejala penyakit diabetes. Seseorang yang diduga mengidap penyakit diabetes biasanya berat badannya mengalami penurunan yang drastis dan signifikan. Hal ini merupakan gejala awal diabetes, akibat glukosa yang gagal diserap secara optimal oleh tubuh.

5. Rasa Lelah dan Lemas yang Tidak Normal
Kekurangan gula akan berdampak kekurangan energi. Kinerja tubuh akan berlangsung lambat dan malah membakar otot atau lemak selama beraktivitas.

6. Penglihatan Menurun dan Terganggu
Kadar glukosa yang semakin tinggi mengakibatkan cairan pembuluh darah terbatasi untuk masuk ke dalam mata. Kondisi seperti ini bahkan dapat membuat lensa mata berubah bentuk. Namun, ciri seperti itu bisa hilang jika gula darah berangsur turun dan normal.

7. Sering Kesemutan atau Mati Rasa
Gejala sering kesemutan atau mati rasa ini muncul saat kadar gula dalam darah sudah lumayan tinggi. Rasa kesemutan dan kebas atau mati rasa di daerah tubuh seperti kaki, jari-jemari dan tangan merupakan tanda untuk siaga, karena kemungkinan penyakit diabetes sudah menunjukkan gejala stadium lanjut. Hal ini dapat muncul akibat kerusakan yang terjadi pada serabut saraf.

8. Mudah Terluka dan Luka Sulit Kering
Penderita diabetes karena kadar gula yang berlebihan mengakibatkan kekebalan tubuh dan sistem imun menjadi tak normal. Apabila seorang penderita penyakit diabetes punya luka terbuka, maka luka tersebut akan sangat sukar kering untuk melakukan proses penyembuhan.

9. Muncul Infeksi Jamur Khususnya Pada Mulut
Seorang wanita penderita diabetes biasanya juga ditandai dengan munculnya infeksi jamur. Jamur ini akan timbul di beberapa bagian mulut, biasanya berbentuk sariawan pada mulut.
Ahli medis selalu menghimbau agar penderita diabetes tingkat awal selalu memahami dan mengingat apa saja gejala penyakit diabetes. Hal ini menjadi penting karena sudah banyak sekali dijumpai kasus penanganan diabetes yang terlambat akibat lalai dalam mengamati gejala penyakit ini.
Selain itu, dengan mengetahui apa saja gejala penyakit diabetes juga dapat dilakukan pencegahan atau pengobatan sedari dini ketika dirasa diabetes mulai menyerang. Sehingga resiko terkena diabetes kronis menjadi semakin berkurang.

Demikianlah penjelasan tentang kenali apa saja gejala penyakit diabetes. Mau belajar lebih lanjut tentang diabetes atau tips-tips lainnya? Cek terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

3 komentar:

  1. Bergidik... Keknya perlu mulai gaya hidup sehat deh dari sekarang... :(

    BalasHapus
  2. Ihhhh harus jaga kesehatan lah pokoknya, biar selalu sehat selalu

    BalasHapus
  3. Cakep, masih ada blogger senior yang masih rajin ngepost

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...