Jumat, 07 Februari 2020

10 Cara Menghemat Listrik dalam Penggunaan Sehari-hari


https://www.cekaja.com/info/cara-menghemat-listrik-paling-efektif/
Listrik merupakan salah satu sumber daya yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Saat ini, hampir seluruh elektronik yang digunakan manusia membutuhkan energi dari listrik untuk dapat berfungsi dengan baik. Dengan pemakaian yang besar tidak heran jika tagihan bulanan listrik bisa sangat membengkak. 

Untuk menghindari hal itu diperlukan cara yang jitu untuk dapat menekan penggunaan listrik sehari-hari. Berikut ini merupakan 10 cara menghemat listrik yang bisa dilakukan.



Ini 10 Cara Menghemat Listrik Sehari-hari
1. Cek Sisa Saldo Pulsa Listrik dengan Teratur


10 cara menghemat listrik paling efisien yang pertama adalah dengan mengecek sisa saldo pulsa listrik secara teratur. Cara ini bisa membantu mengontrol penggunaan listrik sehari-hari. Dengan begitu, pengguna dapat mengatur dan memperkirakan pemakaian listrik agar tidak boros.

2. Atur Alarm Sebagai Penanda Batas Minimal

Pada meteran listrik prabayar ada alarm yang dapat diatur menjadi indikator batas minimum dari kWh listrik yang tersedia. Cara kerjanya, saat alarm sudah aktif dan diatur di angka kWh, ia akan berbunyi ketika sudah mencapai angka kWh tersebut. Indikator batas minimal ini dapat diatur sendiri sesuai keinginan pengguna. Jadi, supaya tidak terlalu boros atau kehabisan listrik di waktu yang tidak pas, sebaiknya atur alarm penanda batas minimal ini.

3. Hitung Tagihan Listrik dari Alat Elektronik

Pengguna memang harus mengetahui jumlah pemakaian listrik setiap bulannya untuk mencegah kehabisan listrik tengah malam atau di saat yang tak terduga sehingga tidak mengalami pemadaman otomatis. Rumus menghitung biaya listrik ialah besar daya listrik barang (Watt/kWh) × waktu pemakaian × harga listrik per kWh. Hitung semua alat elektronik pemakai listrik kemudian dikali 30 hari. Dengan ini, pengguna dapat memperkirakan daya listrik setiap alat elektronik dan memilahnya mana yang perlu dinyalakan atau tidak.

4. Pakai Kabel SNI Pada Alat Elektronik

Ini merupakan salah satu dari 10 cara menghemat listrik paling efisien, diawali dari hal-hal kecil yang tak terduga, seperti mengganti semua kabel di rumah dengan kabel yang sudah SNI. Karena kabel SNI terjamin kualitasnya sehingga minim rEsiko mengalami kerak kabel yang membuat konsumsi listrik menjadi semakin boros. Jadi, ganti kabel lama dengan kabel SNI yang baru untuk membuat listrik di rumah berjalan lebih hemat.

5. Jangan Memakai Banyak Elektronik dalam Waktu Bersamaan

Pemakaian dalam waktu yang bersamaan akan menyebabkan konsumsi pulsa listrik pun menjadi lebih banyak. Jika ingin memasak nasi, nyalakan saja magic com dan kulkas, sementara alat elektronik lainnya dimatikan dulu.

6. Batasi Jatah Pembelian Pulsa




Tentukah jatah beli pulsa per bulannya, setelah itu upayakan agar tidak memakai listrik lebih dari jatah per bulan itu. Boleh menyimpan token listrik untuk berjaga-jaga, tapi jangan diisi langsung ke meteran listrik. Hal ini bisa menjadi cara efektif untuk menekan pengeluaran listrik

7. Pakai Alat Elektronik Berdaya Besar Di Waktu Siang Hari

Alat elektronik berdaya besar seperti, mesin cuci dan mesin air atau yang lainnya sebaiknya pakai di siang hari. Karena, di siang hari beban listrik tidak terlalu besar. Lampu-lampu di rumah pun sedang padam, sehingga pemakaian listrik di siang hari tidak terlalu tinggi.


8. Matikan Lampu Saat Tidak Dipakai

Mematikan lampu saat tak dibutuhkan termasuk satu dari 10 cara menghemat listrik paling efisien. Karena walaupun tampak sepele, tapi hal ini dapat sangat membantu menghemat pengeluaran pengguna. Wajib diketahui, saving ratusan rupiah tetap saja menjadi sebuah bentuk penghematan.

9. Terapkan Kebiasaan Hemat Listrik




Sekarang, menghaluskan bumbu tidak perlu ribet menghaluskan bumbu secara manual sebab sudah ada blender. Namun, kalau ingin menghemat pemakaian listrik prabayar coba lakukan saja secara manual. Jangan menggunakan blender, selagi mampu menghaluskan secara manual atau jangan memakai pengering mesin cuci selagi cuaca cerah

10. Jangan Tunda, Lakukan Mulai Saat Ini

Dari 10 cara menghemat listrik sebelumnya. Inilah yang paling penting, yaitu mulai terapkan semua cara tersebut sekarang juga. Jangan tunggu besok untuk menjalankan hal baik. Lakukan mulai dari sekarang, sehingga dampaknya akan sangat positif bagi keuangan, terutama pada efek tagihan listrik. Uang lebihnya dapat digunakan untuk keperluan lain. Jadi, pintarlah dalam memakai listrik.
Itulah, penjelasan 10 cara menghemat listrik yang lebih efisien. Mau tau tips hemat listrik atau berbagai tips hemat lainnya? Cek terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.


https://www.cekaja.com/info/cara-menghemat-listrik-paling-efektif/


2 komentar:

  1. Meskipun bayaran listrikku segitu-segitu aja (diminta pak kos hahaha) akan kucoba terapkan deh tips dan trik di atas demi masa depan bumi... tsahh.. hehehe

    BalasHapus
  2. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...