Senin, 08 Desember 2008

Jajan Sore di Pinggir Batanghari

Tuntutan pekerjaan akhirnya membawa aku ke kota yang bernama sama dengan propinsinya, Jambi. Kota ini termasuk salah satu kota di Sumatera yang masih dalam tahap membangun.

Banyak berkeliling ke berbagai daerah, aku biasa mengukur tingkat kemajuan suatu kota berdasarkan pusat perbelanjaan atau mall-nya..(he3.). Kota Jambi ini memang belum semaju kota Palembang atau Medan. Tapi jika dibandingkan dengan Bengkulu dan Aceh, kota ini jauh lebih maju dan lebih ramai.


Sayangnya, karena jadwalku di kota ini sangat padat, aku tidak sempat menjelajahi objek-objek wisata dan kuliner yang unik bin menarik. Bahkan 1000 kali mondar-mandir di depan masjid 1000 tiang, aku tidak sempat untuk sekedar mengabadikan diri di depan bangunan ibadah yang terdiri dari banyak tiang tersebut.

Satu-satu kesempatan untuk bersantai-santai di sela break kerja digunakan rombongan untuk bersantai menghabiskan sore di tepian sungai batanghari, konon di jaman dahulu sungai ini biasa dilewati kapal-kapal uap. Di pinggiran salah satu sungai terlebar di pulau Sumatera ini berjajar warung yang menjual aneka jajanan, dari mulai jagung bakar, mie ayam, baso, nasi goreng, sate-satean dan banyak lagi. Sedangkan untuk minuman khas di Jambi, menurut driver di sana, adalah es air tebu, yang mana sebenarnya di Jakarta juga banyak.

Setelah itu, kita sempat mengunjungi toko yang menjual batik khas Jambi. Khas dari corak batik Jambi ini adalah burung garuda dan kulit duren. Tapi waktu itu aku tidak berniat membeli karena warna nya kusam, sehingga kurang menarik, dan harganya pun relatif mahal. Yah, kalau sekarang di pikir-pikir lagi, agak menyesal juga... kan lumayan untuk koleksi.


6 komentar:

  1. nyesal mana ma ga poto2 di tempat lain ?

    *kaburrrrrrrrrrrrrrrrrr

    BalasHapus
  2. jah...bikin pengennn

    BalasHapus
  3. ada yang kurang ...fhotona kurang banyak

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. milaaa..

    udah pernah ke Jambi ternyata, that's my hometown..

    itu tahun 2008 ya, skrang udah padat. Mall udah ada 4. Jadi rindu jambi yg dulu,, ga macet..

    tapi bukan itu tujuan jambi, mall y d jakarta juga banyak.. Kamu harus cobain Kulinerrrnyaa...
    Sluurrppppp,,, bikin aku kangen sm rumah..

    Mesjid seribu tiang itu namanya, masjid agung AL-Fallah..

    miss u Jambi.

    BalasHapus
  6. Salah satu hoby saaya nih jalan2
    suasana yang sangat menyenangkan kelihatan dari photo2nya.

    Silahkan jalan2 ke Lombok 7og4nk, salam kenal dari lombok utara.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...