Selasa, 13 April 2010

War Remnant Museum, Bukti Kekejaman Perang

"During the Vietnam War, the USA used 14 million tons of bombs and shells (20 times as much as the quantity used during the Korean War, 7 times as much as the one used during the Second World War), more than 70 million liters of toxic chemicals, among the 44 million liters of Agent Orange."

-brosur War Remnant Museum
War Remnant Museum mengkoleksi bukti-bukti kekejaman perang vietnam yang bisa membuat kita bergidik ngeri ketika melihatnya dan kalau yang mentalnya ga kuat bisa ga tidur 3 malem. Lokasi museum ini di 28 Vo Van Tan-District 3, ga jauh dari Reunification Palace. Cuman beda satu blok aja. Mengidentifikasi nya juga ga susah. Cari aja bangunan yang dihalamannya parkir pesawat-pesawat tempur, helikopter dan tank.


Yang dipajang di museum ini mayoritas adalah senjata-senjata yang digunakan pada saat perang Vietnam dan foto-foto yang diambil pada saat perang berlangsung. Termasuk koleksi foto dari 134 reporter perang dari 11 negara, yang kesemuanya tewas di medan perang.


Secara otentik foto-foto tersebut menggambarkan kondisi perang (live). Salut buat fotografer dan/atau reporter nya. Kalau saya mah boro-boro kepikiran buat foto-foto-in, yang ada sibuk menyelamatkan diri sendiri deh. Liat aja contoh gambar dibawah ini:


Gambar yang kiri adalah foto mayat yang hangus akibat US Napalm bomb. Sedangkan gambar yang kanan adalah potongan badan yang sudah tidak utuh lagi akibat ledakan bom juga. Masih banyak lagi foto-foto kebrutalan perang yang secara vulgar menampilkan tumpukan mayat bersimbah darah *uncensored*.

"During the Vietnam War, 3 million Vietnamese were killed (among the 2 million civilians), 2 million people injured, 300.000 people missed."


-brosur War Remnant Museum
Begitu banyak korban, ternyata yang di perang-in cuman pepesan kosong. Kalau menurut saya cuman karena ego US aja, gara-gara takut tersaingi sama komunis, yang jadi korban rakyat yang ga tau apa-apa. Berdasarkan pengetahuan saya yang sangat terbatas ini *merendahkan mutu menaikan harga* setelah memerdekakan diri dari jajahan Prancis, vietnam terbagi dua: Vietnam Utara dan Vietnam Selatan.

Vietnam Utara dikomandani oleh Ho Chi Minh (uncle Ho) - yang kemudian namanya diabadikan jadi nama kota, mendapat bantuan dari Negara China dan Rusia yang merupakan blok komunis. Sedangkan di Vietnam Selatan, Ngo Dinh Diem mendirikan negara Republik vietnam Selatan yang anti-komunis. Tapi tidak berapa lama, Ngo Dinh Diem di overthrown oleh kelompok Vietnam Utara yang bekerjasama dengan Vietcong (pemberontak di Vietnam Selatan) dalam usahanya menguasai Vietnam Selatan. Kemudian US pun makin agresif buat ikut campur karena sentimen nya sama blok komunis, padahal juga yang diributin negara seimut-imut gitu dengan penduduk yang cuman seberapa gelintir.


Dan menurut saya, tentara-tentara US itu terlalu lebay dalam menggunakan persenjataan perang. Secara yang diserang tuh negara kecil, penduduk nya sedikit, kehidupannya juga jauh kalah canggih dibandingkan Amerika di jaman itu. Mungkin juga US sekalian pamer kekuatannya *ga aneh lagi*. Sementara itu rakyat Vietnam, ga jauh beda dari Indonesia waktu jaman perang dulu, yang diandalkan ya kreatifitas semata.

Individual Sewer

Rakyat-rakyat desa yang letaknya masih di pedalaman hutan dan jauh dari peradaban juga ga lolos dari serangan bom udara tentara US, dengan dalih keparno-an US bahwa di desa-desa terpencil itu adalah sarangnya pemberontak (baca.vietcong).

Untuk melindungi diri dari Bom Udara US yang canggih, rakyat vietnam membuat Individual Sewer yang sederhana seperti gambar disamping untuk berlindung. Individual sewer ini berdiameter kurang lebih satu meter, terbuat dari semen. Kadang tempat perlindungan ini digunakan untuk satu keluarga, bukan hanya satu orang *jadi bukan individual dong*


Contoh Sewer asli yang dipamerkan di War Remnant Museum, milik Mr. Bui Van Vat... disumbangkan oleh jandanya. Pada tahun 1969, Mr Bui Van Vat bersembunyi di dalam Sewer bersama dengan ketiga cucu nya yang berusia 6, 8 dan 10 tahun. Tapi kemudian tentara US yang menyerang desa mereka membantai Mr Bui Van Vat dan cucu-cucu nya yang masih kecil itu di dalam tempat persembunyian mereka.

Komandan tentara US yang membantai Mr. Bui Van Vat (66 thn) beserta ketiga cucu nya adalah Bob Kerrey, yang beberapa tahun kemudian menjadi US Senator. Selain keluarga Mr. Bui Van Vat, korban pembantaian termasuk 15 warga sipil (yang salah satunya adalah ibu hamil). Pada tahun 2001, US Senator Bob Kerrey mengakui kejahatannya tersebut. Foto nya pun terpampang di War Remnant Museum.


Yah.. andaikata misalnya pada saat itu para kaum perempuan dan anak-anak rakyat vietnam sipil ikut-ikut menenteng senjata, ga salah juga.. mereka kan butuh mempertahankan nyawa. Kalau kemudian itu dijadikan dalih tentara US, yang katanya mereka sulit membedakan rakyat sipil dan pemberontak karena semua menenteng senjata... *cuman bisa geleng-geleng*


Agent Orange


Agent Orange ini semacam Herbisida yang bisa mematikan tumbuh-tumbuhan. Pada saat perang, US menyemprotkan bahan kimia ini ke atas hutan-hutan di Vietnam, maksudnya untuk memudahkan mereka dalam menyerang Vietkong yang bersembunyi di dalam hutan. Tapi ternyata efeknya sangat mengerikan. Merusak ekosistem alami dan sisa racunnya masih belum bisa hilang hingga sekarang.


"Over 2 million hectares of forests and agricultural lands destroyed by toxic chemicals"

-brosur War Remnant Museum


Ternyata, selain merusak lingkungan Agent Orange juga ber-efek ke manusia. Akibat menghirup dan/atau terkena bahan kimia berbahaya ini, ibu-ibu Vietnam mengandung anak-anak yang memiliki kelainan secara genetis. Fetus nya tidak berkembang secara normal, sehingga bayi-bayi tersebut akan terlahir dengan anggota tubuh dan organ yang tidak komplit atau tidak sempurna.


Contoh Fetus yang tidak sempurna yang telah di formalin juga di pajang di War Remnant Museum ini. Banyak anak yang sempat lahir dengan kondisi yang tidak sempurna, yang tidak mengerti apa-apa, tapi harus menanggung akibat kekejaman perang seumur hidup mereka.

-to be continued......

9 komentar:

  1. klo ke museum dirgantara indonesia udah pernah belum
    pasti nggak mencintai sejarah negara sendiri (doh)

    BalasHapus
  2. Makasih buat ceritanya... saya dah baca laporan Cipu... sekarang giliran Mila... seru euyyyy... Jadi berasa ikut ngebayangin ada di sana...

    Perang memang membuat manusia kehilangan hati nuraninya dan membuat mereka melakukan hal2x gila... Yang jadi korban nggak hanya mereka yang meninggal di medan perang, namun juga mereka yang survive...termasuk prajurit US... Post traumatic Stress Disorder cases banyak banget ditemui usai perang (inget film 'Rambo'?...). Dulu gw sempet bertugas di daerah konflik Sri Lanka bareng UN, di suasana seperti ini kita harus berjuang untuk survive physically and mentally...

    BalasHapus
  3. hmmm ada yang baru. tulisan ini terdengan lebih scientific..... mila researchnya keren euy *jempol*

    BalasHapus
  4. Mila.... foto foto korban perang kok gak dipamerin? (evil_grin)

    BalasHapus
  5. wah, jalan-jalan terus gini enak ya.
    mau dund

    BalasHapus
  6. perang yang karena ke egoan suatu bangsa emang menyebalkan. masa senjata & radar canggih, masih berdalih ga bisa membedakan yang mana wanita & anak2?

    btw, perang vietnam itu yang menang amerikah atau vietnam sih?

    BalasHapus
  7. Bela-belain buka arsip lama blog Mila karena lagi penasaran banget sama museum ini. Antara takut dan penasaran mampir kesana beneran.

    BalasHapus
  8. ANDA PUTUS SEKOLAH / KULIAH ?!
    MEMBUTUHKAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH ?!
    INGIN MERUBAH MASA DEPAN MENJADI JAUH LEBIH BAIK ?!
    ATAU ANDA MEMBUTUHKAN DOKUMEN PENTING LAIN ?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP UNTUK MELAYANI DAN MEMBANTU KESULITAN ANDA UNTUK MEMENUHI DOKUMEN DOKUMEN PENTING YANG ANDA BUTUHKAN.

    - PELAYANAN KAMI PROFESIONAL KARENA KAMI AKAN MEMBERIKAN BUKTI, BUKAN SEKEDAR JANJI.
    - DOKUMEN YANG KAMI SEDIAKAN AMAN - TERDAFTAR DAN TIDAK AKAN ADA MASALAH DIKEMUDIAN HARI KARENA UNTUK KEAMANAN LEGALITAS KAMI BERANI MENJAMIN.
    - RAHASIA IDENTITAS PEMESAN AKAN KAMI PASTIKAN AMAN DAN TERJAGA .
    - AMAN UNTUK MELANJUTKAN JENJANG PENDIDIKAN. AMAN UNTUK MELAMAR KERJA. AMAN UNTUK TEST CPNS.
    - AMAN UNTUK MASUK TNI / POLRI .

    DAFTAR HARGA IJAZAH SEKOLAH / UNIVERSITAS :
    - IJAZAH SD : 4.000.000
    - IJAZAH SLTP : 4.000.000
    - IJAZAH SMU : 4.000.000
    - IJAZAH D3 : 6.000.000
    - IJAZAH S1 : 8.000.000
    - IJAZAH S2 : 16.000.000

    UNTUK INFORMASI LEBIH JELAS SILAHKAN ANDA KIRIM PERTANYAAN MELALUI EMAIL : 085736927001.ku@gmail.com

    ATAU SMS KE : 085736927001

    KAMI AKAN BERUSAHA MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI KARENA KEPERCAYAAN YANG ANDA BERI AKAN MEMBANGUN KINERJA TERBAIK KAMI.

    www.jasapembuatanijazahpalsu.blogspot.com

    www.pembuatan-ijazah.blogspot.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...