Senin, 21 November 2011

Belitung yang Fotogenik

Laskar Pelancong
Bukan cuman saya yang fotogenik, ternyata Belitung juga bisa fotogenik. Saya baru tersadar ketika melihat hasil jepretan kamera saya di layar laptop, beneran kliatan cantik banget. Lebih cantik dari aslinya.... ya aslinya juga cantik sih. Tapi it looks good banget di foto.

Ga heran kalau tempat ini ditaksir jadi salah satu tempat syuting film Hollywood - The Philosopher. Sebelum nya Belitung juga dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi yang mengisahkan tentang kisah hidup anak-anak dari daerah ini.

Sepertinya film ini juga lah yang mulai membuat turis-turis melirik daerah ini sebagai destinasi wisata. Hal ini sesuai dengan pengakuan Bapak pemilik perahu nelayan yang disewa untuk wisata Island Hopping, "sebelum laskar pelangi ada sih turis,  tapi tidak banyak. Setelah film itu baru banyak sekali turis berdatangan ke Belitung."

Apakah Belitung akan menjadi seperti Phuket Island di Thailand yang menjual wisata bekas lokasi syuting film James Bond dan The Beach ?

Pantai Bukit Batu

Pulau Lengkuas, tempat syuting The Philosopher

Menunggu Sunset di Tanjung Pendam

Menjelang Sunset di Tanjung Pendam
Seharusnya Belitung ini merupakan daerah yang kaya raya. Dari sejak jaman Belanda orang-orang sudah mulai menambang Timah disini, dan hingga saat ini masih belum habis-habis. Pada masa penjajahan dulu Belanda mendatangkan buruh-buruh kontrak dari daratan Cina untuk menambang Timah di daerah ini. Jadi jangan heran kalau sampai sekarang populasi warga keturunan Hokkian masih banyak sekali di Belitung dan Bangka (kedua nya merupakan lokasi penambangan timah).

Seharusnya sih kaya yah... tapi entah kenapa kog keadaan di pulau ini buat saya kelihatan memprihatinkan gitu. Semacam kurang terurus. Ah rasanya ironis sekali, pulau yang menghasilkan banyak pemasukan bagi negara karena penjualan Timah  nya eh malah jadi korban ke tidak-merataan pembangunan. 

Pusat kota Tanjung Pandan

Manggar, kota seribu kedai kopi tapi jarang manusia sepertinya
Saya dan rombongan juga sempat mampir di lokasi syuting Laskar Pelangi, tapi cuman lokasi Sekolah Muhammadiyah yang di buat untuk keperluan syuting aja sih. Kalau suka banget sama film Laskar Pelangi ada juga paket-paket tur dari operator lokal yang menawarkan tur Laskar Pelangi.

Bangunan yang jadi SD Muhammadiyah di film laskar pelangi

Pemandangan di sekitaran lokasi syuting

Gimana? mirip ga sama di filmnya? nih deh saya kasih  bonus trailer nya buat perbandingan heheee.... Film ini pun menurut saya menyoroti tentang betapa tidak merata nya pembangunan di Indonesia ini. Tapi sih katanya SD Muhammadiyah Gantong yang sekarang udah bagus gitu, Alhamdulillah yah...


PS: oh iyah.. ceritanya saya itu ke sana bersama dengan rombongan 15-an orang gitu. Ceritanya saya di ajak oleh Miss Lili dan Miss Pagit. Kita berangkat dengan pesawat promo BNI dan ikut paket tur yang sangat  worth banget kalau menurut saya, akomodasi nya nyaman dan makanannya enak-enak. Apalagi serombongan itu seru-seru *dan narsis-narsis* semua orangnya, jadi sangat-sangat menyenangkan. Kalau mau tau apa aja yang kita lakukan dari mulai datang sampe pulang silahkan langsung menuju link blog nya Miss Pagit, hari pertama, hari kedua, dan hari ketiga (terakhir)

16 komentar:

  1. lucu caption foto-nya :
    "Manggar, kota seribu kedai kopi tapi jarang manusia sepertinya"

    emang penduduknya jarang ya? :D

    BalasHapus
  2. woowwww
    Finally release ya,
    jadi makin pengen ke Babel..

    dan aku baru tau ada film hollywood yg syuting d babel, the philosopher cari aahh ntar filmya..

    di tunggu foto2 yg lain y kak mila, hehe

    BalasHapus
  3. @Joko: populasi gabungan di Bangka-belitung itu hanya sekitar 1juta jiwa saja.coba liat web pemerintah daerah nya deh.

    @tito: iyaaa baru aja selesai syuting, yg main ada Bonnie Wright & Cinta Laura. Mungkin baru rilis taun dpn.

    BalasHapus
  4. wuedyan.. sukses bikin ngiri meskipun postingannya cuman singkat. tumben mil, nggak pake narsis di poto segala.. biasanya kan berbagai macem pose. hahaha..

    BalasHapus
  5. wuih pantainya keren abis tuh
    beneran biru banget apa pinter yang moto tuh..?

    BalasHapus
  6. ciyeeeee.. jadi laskar pelangi juga nih..
    beeah..emang bener indah sekali ya belitung..
    ckckckck (dengan mata berkaca")

    BalasHapus
  7. @Gaphe: klo dalam hal ini ga usah bnyk2 narasi, liat gambar nya tuh udah bermakna seribu bahasa *tsah

    @Rawins: bukan karen yang moto atau kameranya, itu difoto pake kamera henpon jadul aja bagus banget kog jadinya. serius, fotogenik banget.

    @B.A.N.A: *sodorin tissue

    BalasHapus
  8. yaaayy, kereenn banget ya Mbak.
    Subhanallah...

    btw klo baca blog Mbak Mila tuh enak banget, pendeskripsiannya oke punya deh, dibalik cerita ada nilai tambah sendiri, nambah wawasan gitu.. aiihh kapan ya bisa jalan2 ma Mbak Mila #ngarep :D

    BalasHapus
  9. wah bisa nih kita traveling bareng suatu saat nanti, hihihihihi....

    mau tampil berantakan gampang kok. ambil tshirt yang sudah jarang kepake tapi sayang di museumkan, bikin detail robek2, waktu makai t-shirt robek2nya biar gak masuk angin, lapisin bagian dalamnya dengan warna contras. misalnya t-shirt robek2nya putih dalamannya kasih warna shocking pink, terus luarnya pakai jaket tulit atau jaket jeans, lengkapi dengan hotpants plus boots, pasti keceh

    BalasHapus
  10. ouh baiklaaah, ternyata elo ke belitung dgn promo bni. gw jadi nih balik ke aceh pake promo bni tp harganya ga gitu beda jauh..

    april taun lalu, sempat berencana ke belitung.. tapiiiii, ngga jadi T_T

    bikin sirik ngeliat keindahannya :D

    BalasHapus
  11. Mil, sempat naek ke atas mercusuarnya ngga?

    BalasHapus
  12. @diah: ntar kita ke wakatobi barengan yak.. hehehe

    @fai: keren banget sih... tapi aku bisa2 dijewer nyokap klo ketauan pke kaos rombeng x_X

    @Meutia: ooowh.. kan promonya buy 1 get 1 kan? tapi ke aceh memang mahal sih hehee

    @d3vy: waktu itu mercusuar nya pas lagi ditutup. hiks! payah banget yah, pdhal pengen banget naik keatas nya. eh tapi setelah dipikir2 lagi kyknya gw ga akan kuat klo naik tangga sampe atas bgt gitu sih hihihiii *manja

    BalasHapus
  13. Keren mil Belitung, jadi terkenang dengan laskar Pelangi.

    BalasHapus
  14. Gue sangat sangat sangat jatuh cinta sama Belitung pas ikutan workshopnya Darwis Triadi kemaren. Si om ngeliatin hasil2 jepretan dia selama disana, dan gue speechless, ternganga, cantiiiikk banget, fotogenik banget. Sejak itu gue selalu bermimpi untuk pergi ke Belitung. Huhuhu, moga taun depan kesampean deh.

    BalasHapus
  15. eh iya mil...seperti gambar di mana gitu.... ternyata dari kamera mu... ayo kita balik lagi..tapi kali ini edisi sekseeeehhhh and hottie.... :)

    BalasHapus
  16. Belitong oooh Belitong..udah tamat baca bukunya ANdrea Hirata dan nonton Laskar Pelangi tapi belum sampai juga ke sana :D>..harus segera dijadwalkan niiiih...thanks sharingannya yaaa...

    BalasHapus

Share it

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...