Rabu, 09 Mei 2012

Biar Miskin Asal Sombong

Kembali ke masa muda saya, ketika masih di bangku SMA. Guru PPKN saya, penampilannya klimis lebih mirip bankir daripada guru sekolah negeri. Beliau pernah berkisah, ayahnya mendambakannya menjadi seorang pengacara tapi beliau bercita-cita mau jadi atlit sepakbola, walaupun akhirnya entah bagaimana bisa jadi guru PPKN. 

Demi cita-cita nya jadi atlit sepakbola, uang les belajar yang diberi ayah nya digunakan untuk bayar latihan sepakbola di Lapangan Banteng. Hingga suatu hari kejahatannya terungkap, ayahnya menangkap basah pak guru saya itu sedang latihan sepakbola di Lapangan Banteng. Serta merta ayah nya menghampiri, menjewer dan menyeret nya di kuping hingga sampai di rumahnya.

Menurut ceritanya, ketika masih mahasiswa hanya dua benda yang di bawa olehnya, beberapa lembar kertas di gulung di saku belakang celana sebelah kiri dan sisir kecil gepeng di saku belakang celana sebelah kanan. Pak Iskandar namanya. 

Pak Iskandar punya suatu aura tertentu yang bisa menyihir murid-murid nya sewaktu dia berbicara di depan kelas. Suatu hari Pak Is - panggilan kesayangan para murid, bercerita tentang peristiwa bom bunuh diri yang dilakukan oleh teroris. Di antara kerumunan orang tiba-tiba bom meledak, darah muncrat kemana-mana, anggota tubuhnya mental - tangan kiri terlempar jauh ke kanan, kaki kanan terbang melayang ke kiri. Kemudian ada anjing datang *kucruk kucruk bunyinya* memungut serpihan jempol kaki nya. Murid-murid pun serempak menyahut, "bokiiiiiiissssss......". 

Yah, begitulah. Setiap cerita Pak Is selalu diakhiri dengan seruan "bokis" dari murid-muridnya. Tapi semua murid satu sekolahan jelas meng-idolakan nya.

Saya selalu ingat pesan Pak Iskandar yang hingga sekarang sudah saya jadikan pedoman hidup. "Biar miskin asal sombong," ucapnya seraya mengeluarkan sisir dari saku belakang celananya dan menyisir rambut belah sampingnya yang sudah rapih.

Motto hidup Biar Miskin Asal Sombong itulah yang berada di balik tindakan saya memajang status di fesbuk sebelum berangkat ke negara Kangguru, "Gimana mau travel light, charger gadget gw aja udah satu tas sendiri." Charger henpon, charger blackberry, charger iPad, charger camera. 

Kamera saya pun baru (sombong abeeeessss), saya beli 4 hari sebelum perjalanan ini. Kamera mungil yang bisa di celup-celup ke air dengan kualitas gambar yang tajam dan warna yang vivid. Dengan percaya diri saya membawa cadangan 2 memory card, masing-masing berkapasitas 8 Giga.

Saya dan kamera baru di Federation Square, diambil oleh kamera Cipu
Karena masih baru, kamera itu belum pernah saya charge sebelumnya. Hingga di hari pertama saya di Australia, di dalam Museum Melbourne baterai kamera itu pun mati total. Rencana perjalanan yang sudah disusun oleh Cipu di pagi hari langsung berantakan karena saya perlu men-charge kamera saya itu, sementara tas kecil yang berisi charger-charger saya tinggal di rumah Cipu. Jadi setelah membeli makan siang di resto jepang langganan Cipu, kita pun kembali ke Jones St.

Sesampainya di tujuan, saya segera mengeluarkan isi tas kecil saya yang berisi charger. Charger Blackberry. Charger henpon. Charger iPad. Adaptor -nya charger kamera. AC cable yang menghubungkan adaptor ke colokan listrik. Hhhmmm... sepertinya kog ada yang kurang yah.

Saya mengamati kembali kamera saya.  Adaptor -nya charger kamera. AC cable yang menghubungkan adaptor ke colokan listrik... ternyata ada yang kurang. Kabel data yang menghubungkan adaptor ke kameranya. D*mn! kenapa kamera sekecil ini mau nge-charge aja komponennya banyak amaaattt.... 

Memang mungkin benar apa kata Chacha adik saya, bahwa saya ini adalah traveler yang dikutuk. Di setiap perjalanan saya pasti ada aja kejadian dodol. Kali ini kedodolan bahkan sudah terjadi di setengah hari pertama saya di Ostrali. *nangis di pojokan*
lagi merenungi nasib di pinggir sungai Yara
Setelah Cipu mengobrak-abrik segala macam charger yang terdapat di rumahnya, dicobain satu-satu ke kamera saya dan tidak ada yang cocok satu pun, akhirnya kita memutuskan untuk membeli charger batere. Sore hari kita pun menyusuri Elizabeth Street, masuk ke dalam sebuah toko kamera yang tampak komplit. Cipu pun meng-amini dengan berkata,"ini toko kamera paling lengkap disini." 

Kita disambut oleh Bapak-bapak Bule yang ramah, "what can I do for you?" Kita pun menjelaskan mau cari charger batere kamera. Dengan sigap diketiknya nomor seri batere kamera ke dalam komputer. Ah, memang nasib saya sedang sial, " this one is the charger for your battery," katanya sembari menunjuk sebaris rangkaian huruf dan nomor-nomor dalam suatu tabel,"but unfortunately this one is very famous item," tabel dengan judul quantity di barisan itu menunjukan angka 0. Nol!. Habis! ga ada stock!

Saya sempat melirik harganya, 70 dollar meeeeen... kalo di Jakarta bisa dapet 4 biji.

Kemudian Bapak itu menawarkan berbagai macam solusi, tapi sayangnya semua itu tidak applicable untuk traveller yang hanya akan ada di kota itu kurang dari seminggu dan menderita penyakit keranjingan foto akut sedemikian sehingga dalam sehari bisa menghasilkan ratusan jepretan. Akhirnya dia merujuk kita ke agen utama merk kamera saya itu, lokasi tidak begitu jauh sih sepertinya.

Belum sampai di tempat yang di rujuk, pas di pojokan saya melihat sebuah toko kamera kecil. Sebenarnya bukan toko kamera sih, lebih tepatnya tempat cetak foto yang menjual aksesoris kamera. Bingo! ternyata tempat itu malah menjual barang yang saya cari-cari. Cuman barang KW yang istilah sono nye generic, tapi harganya juga masih luar binasa, 40 dollar saja - hampir setara dengan 400 rebu rupiah.

Ah kedodolan saya kali ini menguras kocek saya sebanyak 40 dollar. 40 dollar pengeluaran tak terduga, pengeluaran yang ga pernah ada di budget planning saya, 40 dollar yang bisa saya pake buat makan 2 hari di sana.

Tapi kembali ke azas hidup Biar Miskin Asal Sombong, dengan kamera baru dan charger generic seharga 40 dollar saya berhasil menghasilkan 1,300-an foto yang terekam dalam 2 keping memory card.

54 komentar:

  1. Setelah membaca artikel ini saya makin tergerak untuk membeli baterai cadangan. :D

    Semoga nggak kapok jalan-jalan ya mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah pengalaman yang kemaren, aku juga semakin tergerak mau beli batere cadangan hahahaaa

      Hapus
  2. artikel ini seperti acara-acara satu jam bersama "nama artis"...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kan memang mantan calon artis jyahahaa...

      Hapus
  3. "kutukan" yang menghasilkan cerita seru, unik dan lucu^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. lucu kalo udah lewat, pas ngalamin nya ga ada lucu2nya blasss yg ada gondok hahahaa...

      Hapus
  4. Biar miskin asal sombong, biar ngawur asal cantik ya mba??!! Hehehe.

    Jadi ingat pengalaman saya bawa camera tapi gak bawa chargernya pas liburan. Alhasil, liburan tanpa poto2. Suer, hambar dan basi dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah... pantang tuh liburan ga pake foto wkwkwk...

      Hapus
    2. Ini bella sirait, primadona waktu di SMA 3 Bdg?
      Bgmn kbrnya?

      ~Agi~

      Hapus
  5. saya pernah ngalaminya waktu ke bangka belitung...untung ada kamera hp..lumayan..biar ga kehilangan moment

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya msh untung sih, tapi kurang afdol klo kamera hp hihihiii...

      Hapus
  6. Mbak, bagi gadget nya 1 donk , Saya ga punyaaa niihh , :D

    Hahahaa,, Biar miskin yang penting sombong, (Hampir sama dgn motto hidup pak iskandar) sering jadi kalimat kebanggaan saya di depan2 sahabat2 :D

    beuh 1300-1n fotoooo !! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. miskin aja sombong ya, gimana klo kaya ntar hahahaa...

      Hapus
  7. endingnya biar sombong asal narsis dong..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. narsis itu indikasi orang sombong, om hahahaa

      Hapus
  8. Masalah kamera ini emang vital banget. Mirip2 kayak waktu gw ke Bali kemarin. Batere kamera gw tiba2 ngedrop terus. Cuman tahan 2jam euy... Mau beli baru, harganya aduhaiii... Alhasil tiap 2 jam gw pulang nge-charge batere. Bolak-balik pulang jadi boros bensin dan nggak efisien waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi kesimpulannya, penting juga ya punya batere cadangan wkwkwk.. sebenarnya gw tuh lebih seneng kamera yg baterenya pke AA, jd bisa sedia banyak stock. tapi skrg udah jarang kamera yang batere gitu :(

      Hapus
  9. Aku punyanya cuman charger hp doang mil...miskin-an aku kan yak? tapi aku kok kalah sombong dari kamu ;P

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi hp nya yg canggih banget gitu kan, mba. yg bisa segala2nya hahahaa..

      Hapus
  10. Balasan
    1. iyaa... sampe bingung gw milihinnya pas mau di aplod ke pesbuk hahahaa

      Hapus
  11. Hahahahaha.... ini salah satu kecerobohannya ya mbak :p

    Ampun itu 1300 banyak amat fotonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa.. iya, chi. ini salah satu kecerobohan yg fatal, nah bener kaaaan kita samaan hahahaa....

      Hapus
  12. yaudah, yang penting ikhlas.. insya alloh berkah fotonya deh @_@

    BalasHapus
    Balasan
    1. susah rasanya ikhklas beli charger batere KW 400 rebu, di ambasador paling cuman 100rebu huhuhuuuu

      Hapus
  13. kamera mu merek apa Mil?
    supaya gw ngga ngulang kesalahan yg sama klo mo beli kamera :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya bukan di kameranya tapi di orangnya jyahahaaa

      Hapus
  14. jiahaha... paling tidak pengalaman kali ini dicatat di henpon ato di buku diari biar kejadian serupa kagak terulang lagi. keep spirit ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kejadian serupa mungkin ga akan terulang, tapi kejadian dodol lainnya menunggu trip aku berikutnya hahahaaa

      Hapus
  15. sepertinya merk kamera baru lu harus di publish biar kerepotan yang lu rasakan ga menular ke orang lain yang kebetulan lagi pengen beli kamera Mil... wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti yang gw bilang sebelumnya, masalahnya bukan di kamera, tapi di orangnya hihihiii

      Hapus
  16. oh ini toh yg mau di posting pas nanyain nama jalan itu ... gua baru lihat postingannya. Semoga trip berikutnya charger nya ketinggalan lagi yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cipuuuuu jangan sembarangan ngomong.. amit-amiiiit..

      Hapus
  17. meski mahal, kesan yang didapat tak akan bisa dinilai dengan angka kan?

    ngebayangin betapa senengnya bisa "meraih mimpi" begitu. senenng banget ngeliatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dinilai juga siiiih.. tapi yah apa boleh buat, drpd ga ada foto :(

      Hapus
  18. kalo biar miskin asal sombong, nah kalo "biar kaya asal "????" hahaha
    btw ceritanya bagus, mengingatkan semua orang untuk prepare membawa charger dan baterai cadangan, hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. naaah.. klo kaya asal .... aku juga belom tau, ntar klo udah kaya aku kasih tau yaaaah *amiiiiin hahahaa

      sukurlah klo kedodolan aku jd inspirasi buat orang lain hahahaa

      Hapus
  19. waaah klo kayak aku g bisa sombong, karna gak ada tg pantas untuk aku jadikan sombong, klo mbak nya sich kyaknya cuma miskin hutang hehehehehe..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiaaaaah.. ssstttt.. jgn ngomong2 utang *celingukan nyari debt collector*

      Hapus
  20. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi .,.
    jangan pernah mengeluh dengan apapun .,.
    tetaplah semangat dan nikmati semua.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    BalasHapus
  21. mbak milaaa,,, uah udah lama ndak maen ke mari.
    enggak tahu deh, itu si mbak namanya lucky atau apa, sampai akhirnya bisa nemu charger itu meskipun generic dan mahal.
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yah. udah lama juga aku ga main ke blog kamu hahaha...
      abis ini lsg meluncur ke tekapeh deh.

      Hapus
  22. wah 40 dollar itu berapa yah?? bisa buat beli beraapa ayam KFC yah? #ea :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa beli paket yang isinya dua ayam, 10 paket hahaha....

      Hapus
  23. keren bangetttt blog nyaaa...waduhhh...gw musti rajin mampir nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ma kasih yaaaah udah mampir, sering2 mba..
      aku juga baru tau loh blog nya Mba Anggi hahaha.. *siap2 ditoyor*

      Hapus
  24. Kamera barunya Mila apa, sih??? *kepo*

    1300 hasil jepretan? Wihhh, banyak tuh stok fotonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayooo pagit kita jalan2 foto2 pke kamera baru gw yang mungil hihihiiii

      Hapus
  25. HIDUP MISKIN TAPI SOMBOOONG.....
    hehehheheee

    yang penting 1300 foto yaaa
    hehehe

    kameranya merk apa tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. iya, udah jauh2 pergi nya sampe bete di pesawat rugi klo fotonya cuman dikit soalnya :P

      Hapus
  26. Biar dikutuk yang penting hepi kan, Mil ;)

    BalasHapus
  27. saya pernah dapet pemandangan bagus bin keren bin eksotis. eh, ndilalah kamera saya tewas karena lupa saya charge, dan saya nggak punya batre cadangan.

    BalasHapus
  28. Sepertinya ndak pingin melewatkan setiap detik momen disana, sampe 1300 gtu hehe

    BalasHapus
  29. Pengen bgt traveling ma mila ih.. Knp baru nemu blog kamu disaat saya jauh n sedang hamil ya hiksss dulu aku hoby jalan tp gak ada temen utk berpetualang
    Sippp tar kalo mila ke jepang nginep dirumahku ya hehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...