Angkutan Kota, bisa disingkat Angkot adalah transportasi umum berbentuk kendaraan minibus yang bisa berisi hingga 12 penumpang (tergantung ukuran penumpangnya), ditambah satu sopir (kadang 1 kenek), dan kalau jam sibuk bisa ditambah 3 orang yang bergelantungan di pintu (tapi yang ini kayaknya sudah jarang banget).
Yang saya suka takjub adalah ketika memberhentikan sebuah angkot kemudian melongok ke dalamnya tempat duduk sudah penuh oleh penumpang yang duduk bersisian berhadap-hadapan, kalau menurut logika saya kayaknya tidak mungkin bisa tambah satu orang lagi. Tapi hanya dengan satu mantera dari pak sopir, "geser..geserr..," seperti Magic *triiiiing* tiba-tiba tercipta satu ruang duduk pas untuk satu orang.
Ada juga satu hal yang sampai sekarang masih merupakan misteri tak terpecahkan bagi saya. Beberapa penumpang angkot sepertinya sudah punya insting mau turun dimana. Walaupun lagi serius baca buku, lagi ngobrol, bahkan yang lagi tidur pun kalau sudah waktu nya turun seolah-olah seperti ada yang memanggil langsung otomatis mengetuk-ngetuk atap angkot atau memberi instruksi ke abangnya, "kiri, bang."
Di suatu siang yang panas beberapa tahun lalu di Bandung, saya sedang ada di dalam sebuah angkot hijau. Di dalam angkot itu hanya berisi 3 penumpang di bangku belakang: saya, seorang mbak-mbak berjilbab yang duduk disamping saya menghadap ke pintu dan seorang bapak-bapak di hadapan saya. Rupanya dikarenakan angin semilir yang menyusup melalui jendela angkot menerpa wajahnya si bapak itu mengantuk.
Kepala bapak yang agak tambun itu beberapa kali nyaris terjatuh, tapi tegak lagi, nyaris terjatuh lagi, kemudian tegak lagi, begitu seterusnya dengan mata tetap terpejam dan mulut menganga. Setetes air liur nyaris menetes dari ujung bibir nya, batal karena si bapak terbangun, menghirup kembali tetesan air liur yang nyaris menetes tadi itu *sluuurp*, mengangkat tangannya dan menyentilkan jari di atas kap angkot. Bapak itu pun turun, membayar angkot dan masuk ke dalam gerbang bank BCA Dago persis di tempat dia meminta untuk berhenti.
Saya juga punya pengalaman menyedihkan naik angkot, ini terjadi di Bandung juga. Waktu itu adalah 4 hari menjelang uang kiriman datang, di saku saya tinggal ada 20 ribu rupiah dan recehan beberapa ribu lagi untuk ongkos angkot. Rencananya saya mau belanja ke Superindo Dago, beli mie instant dan telur untuk menyambung hidup selama 4 hari dengan uang 20 ribu itu. Handphone saya taruh di saku jaket. Ketika mau turun, ada seorang penumpang laki-laki yang menabrak saya dari belakang. Respon saya agak telat tapi insting saya mengatakan ada yang tidak beres, saya segera merogoh saku jaket dan benar saja handhone saya telah di copet.
Posisi saya waktu itu masih berdiri di samping pintu angkot, tapi pria pencopet di belakang saya telah kabur duluan setengah menit sebelum saya sadar dan berteriak, "copeeeeeet..."
Dua orang pria, seperti anak kampus gitu, langsung turun dari angkot dan mengejar pencopet itu sementara si angkot masih menunggu di pinggir jalan. Saya pun segera berlari ke arah pencopet dan kedua pria yang mengejarnya itu. Tapi tak lama saya menyusul, yang saya lihat hanya kedua pria itu sedang kebingungan di antara persimpangan. Akhirnya mereka kembali dan mengucapkan kalimat simpati kepada saya. Mereka kembali naik ke angkot yang sama yang masih menunggu di sisi jalan depan Pizza Hut Dago, ketika saya mau bayar angkot itu Pak Supir menolaknya. Tentu saja kasihan karena saya baru kena musibah.
Ada lagi kejadian seru ketika saya naik angkot di suatu daerah di Bekasi. Waktu itu saya mau ambil mobil saya yang lagi di body repair di bengkel yang terletak di Bekasi. Tiba-tiba ada motor melintas di samping angkot itu dan menyerempet kaca spion angkot hingga kacanya pecah. Motor itu tetap berlalu malahan semakin ngebut, kabur. Supir angkot pun naik pitam. Dia menginjak dalam-dalam gas angkotnya *bruuuuum* para penumpang semuanya tertolak ke belakang saling bergencetan.
Motor meliuk-liuk menyusup diantara mobil-mobil, angkot pun mengikuti jejaknya zig zag kiri dan kanan. Para penumpang berpegangan erat di mana saja yang bisa di pegang dengan wajah pucat pasi. Tapi Supir angkot tak peduli, Motor berbelok ke arah komplek perumahan dan angkot pun mengikuti walaupun itu sudah melenceng jauh dari trayek nya. Pak supir tetap menginjak gasnya dalam-dalam, tak rela kehilangan jejak motor tak bertanggung jawab itu, bahkan melewati polisi tidur tanpa menginjak rem sehingga angkot pun terbang melayang. Malang bagi penumpang yang tinggi karena beberapa kali kepalanya harus terantuk kap mobil.
Motor berbelok ke jalan kecil yang hanya muat satu mobil pas banget, angkot itu masih berusaha mengejar. Ketika tiba di ujung jalan kecil itu ternyata yang ada hanya sebuah gang yang tak mungkin bisa dilewatinya, angkot itu pun rem mendadak. Para penumpang terlontar ke arah depan saling bergencetan. Supir angkot memaki-maki selama beberapa saat, kemudian kembali mengarahkan angkotnya ke trayek semula. Para penumpang yang tampaknya sejak awal adegan kejar-kejaran seperti di film hollywood ini pada menahan napas semua tampak menghembuskannya dengan lega *fiuuuh*
Setelah agak lama juga tidak naik angkot lagi, di Bogor saya ikut teman-teman trip ke Pura dan Curug nangka dengan mencharter angkot hijau. Minggu sebelumnya, kita juga keliling-keliling Kota Bogor naik angkot, malahan kita dapet angkot yang canggih banget - ada tivi nya. Si Blue On aja kagak ada tivi nya, kalah gaul sama angkot.
Muka-muka kepanasan di angkot |
Tapi saya perhatikan akhir-akhir ini, dengan semakin mudahnya orang mendapatkan motor sepertinya mereka mulai meninggalkan angkot. Sering banget saya lihat angkot di jalan kalimalang yang sepi penumpang di jam-jam sibuk. Padahal jaman saya dulu sering naik angkot, penumpangnya bisa tumpah ruah sampai banyak anggota-anggota badan yang keluar.
Sekarang saya lihat beberapa angkot berjalan tak tentu arah di jalanan, kadang memberi tanda lampu ke kanan tapi angkotnya mengarah ke kiri. Kadang angkotnya pindah jalur ke kanan, tapi kepala supirnya nengok ke kiri. Sampai-sampai saya menarik kesimpulan, kalau angkot itu ga mungkin jalannya bisa ditebak, hanya supirnya dan Tuhan yang tahu. Banyak juga yang tampak nge-tem di muka-muka gang berharap dapat satu atau dua penumpang untuk menutup setorannya. Kelihatannya pangsa pasar angkot ini sudah tergerus oleh sepeda motor.
Baca postingan angkot jd ikutan terkenang naik angkot jaman SMP dan SMA dulu. kapan yuk kita bernostalgia naik angkot mil :D
BalasHapusyuk, angkot M26 ato M19 ? hahahaa
Hapusaku jg pernah loh hampir kecopetan di angkot. Untung aja aku brg ma tmnku cewek yg sangar. Dia bentak si copet, 'n akhirnya hpnya dibalikin ma copetnya.. hehe
BalasHapushuhuhuu.. kau sendirian sih waktu itu. tapi sadarnya telat juga, copetnya keburu kabur sebelom di bentak
HapusAha, angkot Kang Daud!
BalasHapusiya, angkot kang daud numpang mejeng wkwkwkwk
Hapushaha emang tulisan mbak mil bikin nostalgia jaman2 naek angkot dulu, seru ya mbak..
BalasHapuswalaupun sudah mulai tergusur sama motor, klo di jakarta msh tetap jadi pilihan de mbak. nah klo di pemanbaru ini, hampir punah banget nih yg namanya angkot. bisa keitung jumlah angkot disni,hehehe
oh yah... tapi wkt aku di pekanbaru bbrp tahun lalu emang jarang liat angkot juga sih
Hapusdi bogor, sekali saja kita bersin di pinggir jalan, 10 angkot bisa lewat di depan kita.
BalasHapustapi boleh juga tuh adegan kejar mengejarnya. sayangnya nggak kena sih ya..
iya, dibogor angkotnya banyak bangeeeet hehehe
HapusSuka dibagian muka-muka kepanasan itu.....
BalasHapusLalu detik ini mb Mila dimana?
detik ini sih lagi di kantor hehehee
Hapusangkot sekarang dah ketularan bajaj ya.. arah jalan, mau lurus belok, berhenti..hanya sopir dan Tuhan yg tau :D
BalasHapuseniwei, pernah ngalamin dipindahin angkot ngga gara2 muatan kurang? hehehe
dipindahin angkot, pernah lah... sering malah hahahaa
Hapushaha, angkot bs jadi judul postingan ya Mil, keren.
BalasHapuspercaya gak tiap hari aku bolak balik trs ke kantor itu naik angkot Mil.
yg paling nyebelin dari angkot itu cm satu, kalo udah diturunin dijalan alias dioper ke angkot yg lain, dengan alasan si angkot mau pulang, itu yg paling nyebelin. biasanya kalo pas penumpang tinggal aku sendirian. makanya aku kalo milih angkot, milih yg penumpangnya udah bejubel.
iyaa.. ini terinspirasi pas kmrn jalan2 charter angkot di bogor hahahaa
HapusSekarang orang2 udah pada ninggalin angkot. Padahal, dulu sopir angkot yang sering jual mahal sama penumpang yang anak sekolah. Bayarnya dikit.
BalasHapushahaha pengalaman pribadi Milo
Hapushahaha.. iya, pengalaman milo pas jd sopir angkot #loooooh
HapusBukaaaaaaan T____T
HapusItu pengalaman jaman sekolah sering ditolak sama sopir angkot. *pasti mikirnya ditolak yang lain nih
untung bukan ingus yang keluar ya mbak... heheheh... coba deh naik angkot di kota padang, bakal terpacu adrenalinya, habis itu setelah turun angkot bakal kesel sendiri jika belum terbiasa...
BalasHapushihihiy.. blum pernah cobain sih.. nanti klo ke padang dicobain deh wkwkwkwk
Hapushhihihi kepanasan x_x
BalasHapusiyaaaa.... di Bogor puanas ternyata hahahaa
HapusAku masih setia sama angkot, soalnya satu-satunya transportasi dari kantor ke rumah dan vice verca ya cuma itu. Tapi kalo angkotnya kayak yang di Bandung itu, wasalam ya Mil. Mungkin aku lebih milih jalan kaki aja deh, hihihi..
BalasHapusya kan itu cuman pengalaman sekali seumur hidup *mudah-mudahan* kecopetan di angkot, pas lagi sial aja wkwkwkwk
Hapusngomong2 tentang angkot. Kadang kesian, kadang juga sebel. tingkah lakunya ampir 11 12 ama motor, suka2 udelnya aja. Kaya yang dibawa bukan penumpang bernyawa tunggal, tapi penumpang bernyawa ganda.
BalasHapusTapi kesian juga, kalo supir angkotnya baik, ramah, bawa angkotnya juga tenang & tau etika lalu lintas, tapi angkotnya ga penuh2.
Tapi ya itulah dinamika hidup ya.
btw, gua paling kesel ama angkot yang ngelakson tiap orang, tiap gang, tiap jembatan di pinggir jalan DUA KALI. tin tin. berisikkkkk... tau sendiri kan Indonesa tuh ga ada haltenya, jadi sepanjang jalan kalimalang yang panjang itu ada berapa kali dia klakson tin tin?! *naik pitam* :)
hahaha... supir angkot sekarang rajin pencet klakson yak :p
Hapus"Hnya sopir dan Tuhan yang tau" ahahaha
BalasHapustp emang bener mbak, fans angkot udah menurun drastis . di Palu juga ky gtu. :)
*hasil pengamatan mantan fansnya angkot ;P *
aaaah kamu ternyata juga sudah jd mantan fans hahahaaa..
Hapusangkot tuh serba gimana gitu, jika di serang jujur aja angkot tuh kayak taxi ... bisa dipinta sesuai permintaan pelanggan tapi minusnya itu dia jika kita sendirian bisa diturunin dimanapun dan kapanpun demi pak supir mengejar penumpang yang jumlahnya lebih banyak ...
BalasHapusasik juga ya angkot di Serang, bisa minta diturunin di depa rumah ato di lobby mall gitu yak? hahahaa
Hapus-_-
BalasHapusternyata supir angkot punya magic ...
ada ada aja nih si mbak XD
hihihiy.. ya tapi bener kaaan? bener kaaaan?
Hapussaya juga sangat prihatin. angkot sekarang di tempat tinggal saya pada kosong. saya pun masih trauma gak pernah naik angkot lg gara2 di todong.
BalasHapushah? serius? ngeri banget -____-"
HapusJadi teringat deh ama jurusan-jurusan angkot sekota Pekanbaru yang telah kuhafalkan saking sering berpetualang sendirian hahaha...*kalah jauh ama Milla yang bertualang ampe antah-berantah*
BalasHapusKlo sekarang sih lebih suka naik busway ajaaah...
waaahl.. tapi seru berpetualang naik angkot. aku juga dulu sering, tapi biasanya krn ga disengaja gara2 salah naik jurusan angkot, akhirnya malah nyasar & muter2 tp petualangan juga kan itu yaaaa? hahahaa
Hapussy uda lama bgt gak naik angkot.. terakir naik wkt di Bdg, supirnya gila bgt nyetirnya.. Kayak kesetanan, ngebut bgt... :D
BalasHapuspasti ngejar setoran itu ;P
HapusGw jadi inget ditipu bokap gw. Waktu kelas 2 SD, katanya ksatria baja hitam bisa hebat begitu karena pas kecil sudah berani naik angkot sendiri. Alhasil dari kelas 3 SD gua udah naik angkot sendiri
BalasHapusKsatria baja hitam naik motor cuuuuy.. bukan naik angkot. klo naik angkot namanya jadi ksatria baja angkot dooooonk
Hapusduh kendaraan sejuta umat ini... :')
BalasHapusdulu pernah saking ngantuknya turun angkot, terus langsung ngeluyur, semua orang dalem angkot liatin gua sampe gua sadar... kalo gua lupa bayar tu abang angkot, gua langsung lari balik lagi bayar angkot.
ah itu kan cuman alesan doang, pura2 ngantuk.. pdhal emang niat ga bayar kan? ya kan? hayooo ngaku... *kabuuuuur hahahahaa
HapusKalo di Medan ada istilah 8-6 mbak untuk jumlah penumpangnya, terus kalo mau turun bilangnya "pinggir bang!!"
BalasHapusHo oh sekarang orang lebih suka naik motor ya, jadi nggak ada lagi deh pemandangan cowok kece kalo di angkot, abis isinya cewek semua :(
*salam angkoters
cowok kece mah naik mobil sport, namanya mobilgenic hahahaa...
HapusHuuu, jadi inget waktu naik angkot bareng dengan orang buta. Terus waktu dia turun mau bayar, supir angkotnya bilang "ga usah, disimpen aja duitnya". GLEG, gw terharu sama kebaikan supir angkotnya..
BalasHapuswuih, supir angkot yang baik hati.
Hapusetapi gimana itu cara orang buta naik angkot sendiri? gimana cara dia tau ada angkot lewat, trus jurusan angkot itu sesuai sama yang dia tuju gitu ya? canggih juga itu tuna netra nya.
huahahahahahahaha ...kepanasan bangeth...langsung buka kaos luar dan cuma pake singlet..ditambah lagi abis diiringi lagu sama mas pengamen yang dulu lupa di imunisasi cacar sama ibunya... hihihihi
BalasHapusitu tattoo tante bukan cacar -_____-"
Hapusbwahahahahaa
wah lagi pada berbincang soal angkot ya,, ini saya sebagai kenek angkot jadi terharu..hehehe
BalasHapusaku juga baruuuu saja kecopetan diangkot, rasanya sedih banget ceritanya ada saya simpan di blog saya http://anitanet.staff.ipb.ac.id
BalasHapusTumpangan sudah penuh, masih juga cari penumpang.
BalasHapusDiyarbakır
BalasHapusKırklareli
Kastamonu
Siirt
Diyarbakır
8XK
sakarya
BalasHapusyalova
elazığ
van
kilis
1G4B3
kocaeli evden eve nakliyat
BalasHapuskilis evden eve nakliyat
bursa evden eve nakliyat
trabzon evden eve nakliyat
hakkari evden eve nakliyat
17PR1
https://istanbulolala.biz/
BalasHapusMFNO
tekirdağ evden eve nakliyat
BalasHapuskocaeli evden eve nakliyat
yozgat evden eve nakliyat
osmaniye evden eve nakliyat
amasya evden eve nakliyat
RSCRRX
C934A
BalasHapusKastamonu Lojistik
Yalova Parça Eşya Taşıma
Adıyaman Evden Eve Nakliyat
Düzce Parça Eşya Taşıma
Hakkari Evden Eve Nakliyat
0BC32
BalasHapusBurdur Parça Eşya Taşıma
Kırıkkale Parça Eşya Taşıma
Bingöl Evden Eve Nakliyat
Sinop Evden Eve Nakliyat
Kırşehir Lojistik
6DB91
BalasHapusHatay Evden Eve Nakliyat
Bilecik Parça Eşya Taşıma
Amasya Parça Eşya Taşıma
Tekirdağ Lojistik
Sivas Lojistik
E1C39
BalasHapusBalıkesir Şehir İçi Nakliyat
Çankırı Şehirler Arası Nakliyat
Tunceli Evden Eve Nakliyat
Muş Parça Eşya Taşıma
Uşak Evden Eve Nakliyat
AAX Güvenilir mi
Elazığ Şehir İçi Nakliyat
Bitlis Şehirler Arası Nakliyat
Lbank Güvenilir mi
F0FA3
BalasHapusManisa Parça Eşya Taşıma
Edirne Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Evden Eve Nakliyat
Eskişehir Şehirler Arası Nakliyat
Siirt Parça Eşya Taşıma
Hatay Şehir İçi Nakliyat
Bilecik Şehir İçi Nakliyat
Ankara Parça Eşya Taşıma
Maraş Evden Eve Nakliyat
B3C0A
BalasHapusHakkari Lojistik
Antalya Şehir İçi Nakliyat
Siirt Parça Eşya Taşıma
Adana Lojistik
Amasya Lojistik
Ardahan Lojistik
Sivas Evden Eve Nakliyat
Hakkari Evden Eve Nakliyat
Bayburt Evden Eve Nakliyat
A3FDB
BalasHapusŞırnak Şehir İçi Nakliyat
Kars Parça Eşya Taşıma
Malatya Şehirler Arası Nakliyat
Yenimahalle Parke Ustası
Osmaniye Şehir İçi Nakliyat
Kırıkkale Şehirler Arası Nakliyat
Kars Şehir İçi Nakliyat
Amasya Şehirler Arası Nakliyat
Bingöl Şehirler Arası Nakliyat
5817B
BalasHapusBurdur Lojistik
Ankara Parke Ustası
Karabük Lojistik
Bitlis Evden Eve Nakliyat
Manisa Parça Eşya Taşıma
Kastamonu Evden Eve Nakliyat
Adana Evden Eve Nakliyat
İstanbul Lojistik
Tokat Şehirler Arası Nakliyat
D7AFE
BalasHapusMaraş Şehir İçi Nakliyat
Siirt Şehirler Arası Nakliyat
Bolu Şehir İçi Nakliyat
Malatya Parça Eşya Taşıma
Eryaman Parke Ustası
Antep Şehirler Arası Nakliyat
Çanakkale Parça Eşya Taşıma
Batman Şehirler Arası Nakliyat
Mersin Parça Eşya Taşıma
896C6
BalasHapusEskişehir Şehir İçi Nakliyat
Keçiören Parke Ustası
Sincan Boya Ustası
Afyon Parça Eşya Taşıma
Karaman Lojistik
Baby Doge Coin Hangi Borsada
Edirne Evden Eve Nakliyat
Gölbaşı Parke Ustası
Manisa Lojistik
E1743
BalasHapusBitlis Evden Eve Nakliyat
Referans Kimliği Nedir
Malatya Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Oto Boya
Karabük Evden Eve Nakliyat
Referans Kimliği Nedir
Binance Referans Kodu
Ünye Çekici
Ünye Boya Ustası
FB047
BalasHapus%20 referans kodu
B1B4D
BalasHapusCoin Nasıl Alınır
Bitcoin Madenciliği Nasıl Yapılır
Kripto Para Üretme
Coin Nedir
Coin Çıkarma Siteleri
Bitcoin Nasıl Üretilir
Kripto Para Madenciliği Siteleri
Bitcoin Madenciliği Nasıl Yapılır
Kripto Para Nasıl Çıkarılır
8E85F
BalasHapusvan canlı ücretsiz sohbet
kayseri ücretsiz görüntülü sohbet
bedava sohbet
afyon canlı sohbet sitesi
edirne rastgele sohbet uygulaması
telefonda sohbet
bursa en iyi rastgele görüntülü sohbet
erzincan rastgele sohbet
Osmaniye Sohbet Muhabbet
2FDD4
BalasHapusTwitter Takipçi Hilesi
Kwai Takipçi Satın Al
Binance Ne Zaman Kuruldu
Caw Coin Hangi Borsada
Tumblr Takipçi Hilesi
Kripto Para Oynama
Referans Kimliği Nedir
Bitcoin Madenciliği Nedir
Telegram Abone Hilesi
83CDB
BalasHapustrezor web
ledger
web avax wallet
web ledger live
ledger wallet web
wallet bitbox
trust wallet web
onekey wallet web
arculus wallet
626C6
BalasHapusClubhouse Takipçi Satın Al
Facebook Grup Üyesi Hilesi
Periscope Takipçi Hilesi
Telegram Görüntüleme Hilesi
Threads Yeniden Paylaş Hilesi
Kwai Beğeni Satın Al
Binance Yaş Sınırı
Bitcoin Kazanma
Tiktok İzlenme Hilesi
C89BF
BalasHapusyearn finance
spookyswap
dexscreener
zkswap
dao maker
sushiswap
shapeshift
defillama
satoshivm
E5D53
BalasHapusparibu
bitcoin nasıl oynanır
binance referans kimliği nedir
canlı sohbet ucretsiz
bitget
gate io
canlı sohbet
btcturk
en iyi kripto para uygulaması
B0B44
BalasHapusCrv Coin Yorum
Dot Coin Yorum
Bitcoin Yorum
Bitcoin Forum
Gala Coin Yorum
Atom Coin Yorum
Knc Coin Yorum
Gtc Coin Yorum
Band Coin Yorum
شركة كشف تسربات المياه بالاحساء VuOtsAp8gQ
BalasHapus