Jumat, 25 Januari 2013

Hotel Budget Ceria

Setelah konsep budget airlines yang memacu jiwa petualangan orang-orang untuk jalan-jalan ke berbagai tempat, muncul juga konsep budget hotel. Konsep budget hotel ini mirip dengan budget airlines, harganya relatif terjangkau tapi fasilitas yang ada hanya yang fungsional saja. Jadi rata-rata hotel begini ukuran kamarnya efisien banget dan isinya juga minimalis, cuman ada tempat tidur, ac, kamar mandi, tv, meja dan kursi seadanya. Kelebihannya, biasanya terletak di lokasi yang strategis (dekat dengan pusat kota / wisata).

Saya ini memang selalu termasuk ketinggalan jaman, pertama kali masuk ke dalam budget hotel model gini waktu ke Bali sama chacha. Kita mengunjungi Tante Pungky dan Siba yang menginap di Hotel Pop di Kuta. Penampilan gedungnya semarak banget dengan warna-warna vibran yang mencolok. Lebih mirip TK daripada hotel sih, tapi lucu. Staff front desk nya muda-muda dan pakaiannya casual, t-shirt, celana pendek, sneakers. Bandingin sama hotel-hotel biasa yang tampilan front desknya rapi mengkilat. 

Masuk ke dalam kamarnya Tante Pungky, memang kecil sih tapi desainnya menarik. Semuanya serba nempel di tembok, mejanya nempel di tembok, kursinya nempel di tembok, tivinya nempel di tembok. Tidak ada lemari, cuman rak kecil dan gantungan baju yang (pastinya) nempel di tembok. Tidak ada kulkas, minibar dan pemanas air. Kamar mandinya keren, model kapal selam dari stainless steel gitu, walaupun buat sebagian orang yang ukuran tubuhnya agak panjang-panjang susah juga bergerak di dalem situ kayaknya karena sempit.

Kalau standar kebersihan dan pelayanan sih, karena masih dibawah manajemen hotel yang punya standar pelayanan bagus jadi ya bagus juga. Setelah kunjungan singkat ke hotelnya Tante Pungky, mempertimbangkan lokasi strategis, kebersihan bagus dan harga yang terjangkau, ditambah pengen nyobain kamar mandi model kapal selam, saya dan Chacha memutuskan untuk booking hotel Pop di perjalanan pencarian innerpeace kedua kita ke Jogja. Sayang banget, ternyata di Jogja kamar mandi nya yang standar, model kotak biasa bukan model submarine.
 
Jarak dari pintu masuk ke ujung kamar

segala furniture yang nempel di tembok

Kamar mandi kotak, bukan kapal selam
Saya dan chacha sih ga ada masalah sama ukuran ruangan secara kita kan semacam hobbit-hobbit yang ukurannya juga minimalis. Barang-barang saya kalo pergi kemana-mana juga selalu minimalis. Barang-barangnya Chacha aja yang tumpah ruah, roll rambut berantakan dimana-mana, belanjaannya yang segambreng berjejer di kursi yang nempel di tembok itu sampai-sampai berubah fungsi jadi meja juga.

Yang bikin sengsara karena saya dan Chacha adalah pecandu kopi berat. Kalau pagi-pagi bangun tidur ga langsung  ketemu kopi bisa-bisa kita udah cakar-cakaran dan gigit-gigitan. Jadi sebelum terjadi pertumpahan darah di antara kita berdua harus ada segelas kopi hitam pas bangun tidur. Di dalem kamar itu tidak ada pemanas air, sementara kita berdua bangun subuh-subuh demi mengejar matahari terbit di Borobudur jadi sudah pasti breakfast complimentnya belum tersedia. Ada sih mesin minuman di lobby, jadi kita turun dulu ke lobby subuh-subuh demi segelas kopi. 

Masalah lain muncul ketika si Chacha beli oleh-oleh Gudeg. Karena penerbangan kita pulang ke Jakarta pagi-pagi, jadi beli gudeg nya di malam sebelum pulang itu. Karena ga ada kulkas di dalam kamar jadi kita hanya bisa berdoa semoga gudegnya ga akan basi dalam jangka waktu semalam. Soal yang lain sih ga masalah. Tempat tidurnya nyaman, sprei nya bersih, kamar mandi bersih, handuk setiap hari diganti, air panas lancar, ada channel cable TV. Secara fungsional sih fasilitas nya terpenuhi. 

Waktu ke Semarang, saya minta rekomendasi hotel ke Arie Goiq. Dia rekomendasi beberapa hotel tapi pilihannya saya dengan pertimbangan lokasi dan harga akhirnya ke hotel Whizz Semarang. Pas sampe sana ternyata hotel ini juga konsep budget hotel seperti Pop hotel. Desain interior nya dominan warna hijau terang seperti daun muda di pagi hari habis kena embun gitu, seger. Desain kamarnya juga mirip sama Pop hotel, segalanya serba nempel di tembok.

Disini saya baru sadar satu macam "luxury" lagi yang tidak ada di hotel konsep begini. Sandal hotel. Karena kebiasaan di sediakan sandal hotel di hotel, kalau bisnis trip saya ga pernah bawa sandal supaya bawaan saya ringkas. Sialnya sepatu cantik yang saya pakai waktu ke semarang membuat kaki saya lecet karena dipakai jalan jauh, jadi di pagi hari waktu mau sarapan saya telanjang kaki aja berkeliaran di hotel itu. Oia, sambil berdoa semoga pas antri sarapan tidak ada bapak-bapak pakai sepatu kantor yang menginjak kaki saya yang imut.

Di Pop hotel jogja saya ga sempet cobain sarapannya, karena dua hari tinggal di hotel selalu pergi sebelum jam 6 pagi, sedangkan sarapan baru mulai tersedia jam 6. Denger cerita tante Pungky di Pop hotel Bali sarapannya makanan tradisional gitu, ada nasi jenggo, nasi jagung, dan semacamnya. Di Whizz ini sarapannya ada menu tradisional - nasi ayam dan pecel, ada juga roti dan selai ala kadarnya. Bagus juga sih saya bilang, sarapan yang ditawarkan sama hotelnya memang menu murah meriah tapi sekalian mengenalkan menu khas daerah itu.

Kamar mandi

Kamar desain minimalis

yang ini kursinya ga nempel tembok, cuma mejanya aja

wastafelnya diluar supaya ngirit,cerminnya jadi cuman satu
Selain dua hotel yang sudah saya cobain masih banyak hotel-hotel konsep budget hotel gitu. Ada Tune hotel yang satu manajemen sama Air Asia. Ada Amaris yang satu manajemen sama Hotel Santika. Grup hotel internasional besar Accor juga punya, dulu sempat namanya hotel formule 1, katanya sekarang berubah nama jadi Ibis Budget. Ya masih banyak deh budget-budget hotel lain dan malah makin banyak aja, dan yang saya ga ngerti kenapa rata-rata pilihan warna interior nya yang ceria-ceria gitu ya? Apa karena target segmen nya anak muda kali ya? Tapi konsep desain kamarnya yang serba nempel tembok itu lucu juga sih buat diterapkan di kamar saya yang ukurannya juga mini.

87 komentar:

  1. unyu banget tu kamar mandi...-___-

    BalasHapus
  2. konsep nya bagus, interiornya semua nemplek tembok bertahan berapa lama yaa apah ndak jeblok yaa :D


    Kalau warna warni tjantik deh bisa buat kamar ku next time :D

    jalan2 terus rek asyiknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga jeblok lah, itu yg di tempelin di tembok kan yg ringan2. klo traktor ditempelin ke tembok ya jeblok lah hehehehee

      Hapus
  3. Justru itu, dari awal sampe akhir aku mikirnya kenapa mesti ditempel tembok? Ayo jelaskan!!!
    Asik nih ada budget hotel, otak bisnisnya jalan ni yang ngembangin tipe hotel gini ;)
    Btw ya, nyeker gitu di hotel, emang yakin lantainya bersih? *emak2 parno*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya supaya hemat tempat mba, jd segala2nya di mepet2in gitu. jalannya aja musti merapat nempel di perabotannya hahahaa

      Hapus
  4. meski konsepnya minimalis tapi sepertinya menyenangkan juga ya. Cuma kamar mandinya aja yang sedikit aneh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ga semua sih kamar mandinya aneh, cuman yg di Pop Kuta aja deh kyknya hehehe

      Hapus
  5. asik juga ada terminologi baru untuk hotel. alternatif buat berhandai-handai yang terukur.

    kalo saya sih sukanya hotel yang berbintang... juga berbulan. tidur di mesjid, hehe


    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa klo hotel bulan bintang mah gratis itu

      Hapus
  6. bersih juga hotelnya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bersih pasti lah, kan manajemen nya sama kyk hotel2 yg lebih mahal itu

      Hapus
  7. itu saking unyunya kamar mandi cuma dua kotak loh. =___=
    *protes, secara gua adalah orang yang betah mandi lama-lama*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kamar mandinya pas banget buat satu orang berdiri hahahaa

      Hapus
  8. kalau front officenya tampilannya casual..serasa di rumah sendiri dong, rupanya hotel budget model kayak gini sedang trend di Indonesia, tapi sayang info mengenai harga sewa kamar-nya kok tidak ada ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sewa kamarnya tanya sendiri ke hotel ybs ya om hehehee

      Hapus
  9. sebagus bagus nya di luar sana , msih enak d rmah ndiri.
    Mua serba gratis.

    he he he

    BalasHapus
  10. bentar lagi konsep hotel lesehan bakal menjamur mils...
    kamar mandinya bukan sub marine lagi
    tapi over river

    *bawa gayung ke kali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bikin tuh Om. sapa tau jd bisnis yang menguntungkan

      Hapus
  11. Sekilas suasana kamar yang di atas (ijo2 itu) mirip banget sama kamar di hotel Omena tempat aku nginep di Copenhagen. cuma bedanya kamar mandinya ga kapsul gitu, malah gede banget. Kayaknya sih aku pas dapetnya kamar yang gede.

    Tapi kayaknya emang budget hotel tuh buat ke anak muda yaa.. Aku juga meratiin kalo warna2nya ceria2 banget.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. oooh hotel budget disana juga warna warni ceria gitu ya mba? hihihiii baru tau aku.

      Hapus
  12. Kalo budget hotel buat gw sih untung2xan.....kalo lagi sial dapet hotel yg kamar dan fasilitasnya plus pelayanannya ala kadarnya (namanya juga budget hotel yak...) Kalo lagi beruntung dapet yang mayan bagus. Bulan Desember lalu gw n T tinggal di budget hotel di Valencia (Spain), kamarnya gede banget (lebih dari standar budget hotel dan lebih dari yang kita butuhkan sebenernya)... Tapi ya itu, channel cable TV-nya terbatas, lift sempit banget, internet lelet dll untung cuma 1 malam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata disana hotel budget itu udah umum bgt ya, mba. disini msh baru2 aja ada nih. hotel2nya masih baru2.

      Hapus
  13. Hehheehe tepatnya POP Haris ya. Saya juga ada pengalaman menginap di sini dan sudah saya posting juga di blog. Landing pagenya di -->http://simplyasep.blogspot.com/2012/12/menikmati-nasi-jinggo-di-bali.html

    Setahu saya ini bukan jenis "hotel" karena hanya room saja. Saya suka sama kamar mandinya yang futuristik bulet lingkarannya. Menu makannya nasi Jinggo hiheiheiheiheiheiheiee

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok nih Kang Asep sama Mbak Mila. lanjuuut!

      Hapus
    2. hahaha... iya nanti saya liat reviewnya pak guru asep, pasti lebih keren lah. hihihii

      Hapus
  14. Bisa betah saya disana... apalagi background ijo-ijonya itu.. duhhh segeeerr :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo hotel budget gini buat tidur aja sih, klo kelamaan dalem kamar suka suntuk. mati gaya soalnya kan kecil banget hehee

      Hapus
  15. hotelnya kliatan bersih dan rapi ya ...

    BalasHapus
  16. itu yang captionnya "yang ini kursinya ga nempel tembok, cuma mejanya aja" minimalis banget. cocok tuh untuk solo traveler. macam kos2an aja hehehe :)

    BalasHapus
  17. hahahaha mau yang lebih minimalis??? coba nginep di kos gw..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmmm itu undangan atau jebakan ya?
      bwahahahaaa

      Hapus
  18. iya rata2 budget hotel warnawarnanya ceria ya. kl hotel2 bintang 5 kan warnanya yang mewah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo hotel bintang 7, warnanya pusing wkwkwkwkwk

      Hapus
  19. Nice info mbak, jarang masuk hotel jadi nggan ngerti hal beginian, hahaha :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi jadi tau kan sekarang hehehee

      Hapus
  20. Hotel mungil begini, favorit aku banget, mbak mila!
    Apalagi sarapannya gak ala bule ya :)
    Patut dicoba nih kalau jalan-jalan...

    BalasHapus
  21. perlu dicoba nih hotel model begini *ketinggalan jaman*

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama donk kita ya ketinggalan jaman hahahaa

      Hapus
    2. Saya lebih tertinggal lagi. Kalau ada Desa Tertinggal, nah kalau saya BT = alias Blogger Tertinggal

      Hapus
  22. Lebar kamar mandinya setengah meter kurang?!? Saya pasti akan buru-buru menyelesaikan mandi saya. Pengap :D

    -@p49it-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa iya bener, kyknya dia sengaja supaya org ga mandi lama2 jd ga banyak ngabisin air

      Hapus
  23. di malang juga lagi banyak tu hotel bujet,
    maklum banyak anak muda yang lagi suka traveling :D

    oh iya blogwalking yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. jd ke malang skrg ada alternatif hotel hemat ya hehehee

      Hapus
  24. hihihi, kamar mandinya imut2 euy.. ^_^
    ternyata kamu jg pecandu kopi ya Mil? sama donk, bedanya aku lbh doyan kopi campur susu..
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ga bisa hidup tanpa kopi huhuhuuu

      Hapus
  25. aku juga sekarang agak ketagihan nginep di hotel budget... murmer soale.. hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. murmer trus suka dapet voucher kan? ya kan? ayo ngaku

      Hapus
  26. Balasan
    1. minimalis di kantong juga sih hehehee

      Hapus
  27. asik juga nih kalo maen ke hotel, pelayannya pake pakaian casual.. jadi kerasa nggak kaku aja gitu..

    BalasHapus
  28. info yg bermanfaat untuk hemat disaat dompet ketat...hihi.
    ka,tips nya apa sih, biar bnyk followerny?hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm.. apa ya? bnyk2 blogwalking aja.

      Hapus
  29. warna whizz hotel memang ceria bgt ya. dulu seorg kawan pernah ngasih voucher nginap disitu. katanya die sih sbg kado merit aku. tapi, krn repot sm kerja dan aku jg tinggalnya di jogja, batallah make voucher itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah sayang bgt mba, knp ga dikasih ke aku coba? hahahaa

      Hapus
  30. hotelnya imut-imut yaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaa sama kyk yg nginep situ kan mba hehehee

      Hapus
  31. kamar mandinya mirip lemari es 2 pintu..hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya lebarnya segitu lah kira2 hahahaa

      Hapus
  32. hotel budget, nyaman, bersih, lokasi strategis. cuman buat naro badan aja kalo malam udah pas ya mbak. hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, buat numpang tidur doang hihihihii

      Hapus
  33. waduh aku ga' gaul ya, baru tau ada budget hotel... ternyata seperti ini toh. Desain nya menarik ya.. harganya berapa ya? cuma nulis harga terjangkau. BTW thanks atas share nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau harganya bisa langsung cek di web hotelnya atau web booking hotel

      Hapus
  34. lucu banget sih hotelnya. jadi kepengen nginep di hotel yang modelnya begitu, hihihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa cocok nih buat indi, sama2 imut wkwkwkwk

      Hapus
  35. Mba Mila, aku baru tau kalo ada hotel yang ginian, hehe.. saya kampungan soalnya, belum pernah jalan2.

    baca blognya Mba, buat nambah pengetahuan, jadi kalo ada berkat jaln2 udah kurang kampungannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halah.. klo soal kampung mah aku juga tinggalnya di kampung kog, ga ada korelasiny sama jalan2 hahahahaa

      Hapus
  36. Wah, hotel2 model budget ini andalan banget buat traveler cekak macam kita-kita Mil, he he he... Hotel kan cuman buat numpang tidur malem doang, seharian di luar hotel.. Tapi hebatnya, karena pengelolanya tau bahwa yang diperlukan adalah tidur yang optimal, makanya kasurnya enak banget.. :D
    Semoga kedepan makin banyak persaingan di level hotel budget, sehingga harganya bisa makin bersaing :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiiiiin... hahahaa....
      klo harga makin bersaing kita yang cekak ini makin leluasa jalan2 nya yak

      Hapus
  37. Balasan
    1. ma kasih.. nama blognya juga menarik. ati2 benjol

      Hapus
  38. lucu ya, kayak kamar kost gitu
    tapi menurutku hotel kayak gini lebih asyik... toh kita kan cuman butuh tidur doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih.. tapi lain kali aku mau bawa pemanas air ah supaya tetep bisa bikin kopi hahahaa

      Hapus
  39. pasti nginep sehari nya mahal :)

    BalasHapus
  40. Yang belum ada tuh..hotel yg kamar mandi di dalam ..tapi kamar tidur diluar....hehe..
    btw konsep budget hotel sangat inspiratif...

    BalasHapus
  41. Wah kelihatannya mahal ya, apalagi hotel2 kota Bali yang harganya disesuaikan dengan kualitas wisata yang ada di sana.

    BalasHapus
  42. banyak juga sebenarnya hotel yang murah dengan kualitas sangat baik misalnya
    Singgasana Hotels & Resorts Pilihan Akomodasi Terbaik di Indonesia

    BalasHapus
  43. Liburan yang sangat menyenangkan. Bali memang dominan dengan banyak obyek wisata nya. Tapi jangan lewatkan, Bali juga punya tempat untuk rekreasi baru, dengan konsep alami,budaya dan eco educational tampaksiring mempunyai tempat itu. Letaknya di tampaksiring gianyar Bali. _lepaskan penak Anda di nuansa perkotaan, mari nikmati liburan di daerah pedesaan yang alami_ *tampaksiring journey* .Tampaksiring the best..banyak pilihan untuk menikmati liburan Anda di wilayah tampaksiring, dari obyek pura hingga wisata outbond. Eco cycling bali . And
    Bali rice trekking

    BalasHapus
  44. Wastafelnya :'')
    Biar irit jadi taruhnya di luar kali ya

    BalasHapus
  45. BANTU PROSES KARTU KREDIT BANK BNI SYARIAH
    BNI Syariah Hasanah Card Classic credit card
    BNI Syariah Hasanah Card Classic
    Mencari kartu kredit yang menggunakan prinsip syariah? BNI Syariah Hasanah Card Classic jawabannya yang menggunakan Akad Kafalah, Qardh, dan Ijarah.
    TLP/SMS/WA DI 085600125176facebook di kartu kredit syariah atau di duniabuana@rocketmail.com. alamat email di rooly88@gmail.com, melayani nasabah di seluruh nusantara
    BP CHAIRUL SARTO UTOMO
    Berikut Alamat dan Nomor Telepon Bank BNI Syariah Kantor Cabang Semarang.
    Alamat: Jl Ahmad Yani No. 152, Semarang 50242.
    Nomor Telepon: (024) 831 3247 831 5027
    Nomor Faks: (024) 831 3217
    karyawan lampirkan syarat fc ktp slip gaji min 3 juta npwp wajib, wiraswasta lampirkan fc ktp,npwp,siup dan tdp untuk wiraswasta wajib ada no fixline ( telp kabel ) di tempat usahanya
    proses berkas dikirim via emai/wa/line/bbm dan 100% aman bisa hub no bni syariah ahmad yani untuk menanyakan nama saya ,atau
    BNI Syariah Call Center 500046 atau 68888 melalui ponsel.pin 5E86013C
    TLP/SMS/WA DI 085600125176/FB kartu kredit syariah atau di duniabuana@rocketmail.com. alamat email di rooly88@gmail.com, melayani nasabah di seluruh nusantara

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...