Jumat, 01 Mei 2015

Hopping Pantai di Lombok Selatan

Dulu saya pikir yang namanya pantai itu sama semua, batas antara darat dan laut, ada pasirnya, ada ombaknya, ada sunrise atau sunset nya. Saya salah besar. 

Ternyata masing-masing pantai punya ciri khas nya sendiri.

Dari warna pasirnya saja ternyata beda-beda, ada yang coklat muda, putih, abu-abu, hitam, bahkan ada yang pink! Teksturnya juga beda, ada yang halus banget, ada yang agak kasar, ada yang berupa serpihan, di Lombok malahan ada pasir yang bentuknya bulet-bulet kayak merica belum digerus. 

Ada pantai yang pasirnya gak mayoritas, melainkan batu-batuan, itu pun macem-macem jenisnya - ada batu karang, batu kapur atau batu - batuan raksasa yang mulus-mulus semacam di Belitung. Begitupula dari jenis ombak. Ada pantai yang ga ada ombaknya tapi ada juga yang ombaknya tinggi banget sampai 2 meter, bahkan lebih. 

Dalam satu hari melipir pantai-pantai di Lombok Selatan, singgah di 3 pantai terkenal di sana -Tanjung Aan, Pantai Mawun dan Selong Belanak - ketiganya benar-benar beda banget. 

Tanjung Aan pasirnya berwarna beige, lautnya biru jernih, pas saya disana langitnya biru cerah, ombaknya cenderung tenang, bikin jadi pengen langsung nyebur ke laut. Tapi disini rada nyebelin karena terlalu banyak orang jualan yang maksa-maksa gitu. Disana banyak yang nawarin "payung..payung..". Trus dengan polosnya saya dan pagit ngebahas kenapa kita ditawarin payung. Kesimpulan sok tau kita adalah karena panas terik jadi banyak yang nyewain payung buat orang-orang yang takut kulitnya menghitam. Ternyata belakangan kita baru tau kalau maksudnya itu nawarin kita nyebrang ke Pantai Batu Payung. Ya begitulah kalau jalan-jalan kurang riset hehee..

Tanjung Aan
Pantai Mawun pasirnya bentuknya beda, kayak serpihan-serpihan gitu. Lokasi nya masuk agak jauh dari jalan raya. Ada kejadian lucu waktu mau di pos masuk ke pantai ini. Ternyata penjaga pos pantai ini temen lama mas koko - driver kami, jadi uang yang buat bayar retribusi dibalikin dan kami melenggang gratis masuk ke dalam kawasan pantainya.

Pantainya memang ukurannya tidak terlalu luas, tapi rapi. Ombaknya besar, mungkin juga karena pas sampai disana siang-siang waktunya air laut pasang. 

Pantai Mawun

Terakhir kami tiba di Selong Belanak. Di pantai ini banyak yang kursus surfing, bikin saya jadi tergoda buat belajar surfing. Di pantai ini jadi kami cuman duduk di pinggiran sambil nontonin yang pada belajar surfing. Memperhatikan saat pemula-pemula culun berusaha naik ke atas papan dan mempertahankan keseimbang tapi terjatuh lagi dan lagi. Setelah terhempas berkali-kali dan pada akhirnya bisa bertahan di atas papan 15 detik aja saya yang nonton jadi ikut girang terbawa suasana, padahal kenal juga kagak.

Pantai Selong Belanak
Walaupun ketiga pantai itu beda-beda dan punya karakter masing-masing tapi kesemuanya punya satu kesamaan. Yaitu : Gak Bisa Dilupakan Dengan Mudah, kayak mantan terindah yang bikin susah move on.

Selalu Ingat Kamu


20 komentar:

  1. hahaha payung, jadi riset itu penting ya mbak sebelum jalan2..
    btw curcol banget sih endingnya -.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm ya penting sih.. tapi aku terlalu pemalas jadi selalu culun gara2 kurang riset hahahahaaa

      Hapus
    2. Pantai paling favorit tetep selong belanak dong :D pasir putihnya itu lho~~

      Hapus
  2. Jadi oenasaran sama Pantai Batu Payungnya. Hahaha. Indah-indah Mbak Mila pantainya. Dulu aaya juga ngira sama, pantai itu sama semua. Hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga jadi penasaran hahahaaa

      Hapus
  3. pingin baget lihat pantai pink secara langsung deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. di lombok juga katanya ada pantai pink, tapi saya kmrn ga sempet kesana. mudah2an ada kesempatan main ke sana hihihii.. ayuk mba barengan sama mak-mak blogger :))

      Hapus
  4. Saya baca di posting lain, pantainya memang bagus, yang gak bagus itu penjual dengan memaksa, haha.. Saya sebel kalo berkunjung ke suatu tempat lalu dipaksa beli sovenir.

    BalasHapus
  5. lombok emang punya pantaai yang cakep cakep ya ;)

    BalasHapus
  6. lombok itu ga ada habisnya, kalau ingin wisata ke lombok kunjungi link di bawah ini ya dan ikuti paketnya murah :)

    Paket Wisata Lombok
    Mutiara Lombok

    BalasHapus
  7. ke lombok lagi kakkk ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak, ini yg waktu thn lalu, yang pas kamu lg ke bali disuruh nyusul gak mau. huh sombong!

      Hapus
  8. Kok gk ikutan belajar surfing juga, Mil?
    Itu Pantai Mawun sisi sebelah sananya keliatan gitu, kalo kurang kerjaan ngiterinnya bisa kali, ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengen sih, tapi belum sempet hiks.
      hmm pantainya bentuknya emang agak menjorok ke darat gitu, tp itu aku fotonya pke panorama sbnrnya ga proporsional, jd sebenarnya jauh bgt

      Hapus
  9. Lombok mmg ngak bisa di lupain, apalagi sambil makan ayam taliwang hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tp kmrn ke lombok makan di RM ayam taliwang yang terkenal itu malah kecewa karena gak pedes sama sekali. pdhal ngarepinnya pedes bgt gitu

      Hapus
  10. Lombok selatan is my fave !, pantai dan bukit2 dengan panorama keceh2 ...

    Kalau-kalau butuh yaa, kita udah posting Itinerary 4 Hari 3 Malam di Lombok Selatan | The Traveling Cows

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bagus dan ngangenin

      makasi link nya :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...