Rabu, 04 November 2015

Tiba di 10 Kilometer pertama

Butuh waktu 1,5 tahun dari pertama saya mulai rutin lari hingga mencapai jarak 5km. Mulai dari awal tahun 2013 hingga pertengahan tahun 2014. Sebelumnya kalau lari pagi palingan cuma 2 sampai 3 km aja, satu kali keliling komplek. 

Dari 5 km pertama ke 10 km pertama butuh waktu 1,5 tahun lagi. Sengaja momen lari 10 km pertama kali itu dipas-in sama hari ulang tahun saya ke-33, yaitu pada bulan agustus 2015. Walaupun dari saat itu sampai sekarang saya belum lari sampai 10 km lagi.  

Sebenarnya saya lari tidak punya target mau ikut marathon atau punya ambisi harus mencapai pace tertentu. Saya senang lari-lari santai sambil mendengarkan lagu yang sudah saya pasang di playlist, kadang sambil lihat-lihat orang-orang. Beberapa bulan lalu sempat ada saatnya kegiatan lari saya berantakan, efeknya langsung terasa di badan terutama saat baru bangun tidur. Waktu itu selain jadwal lari berantakan, makan saya juga sempat berantakan, badan jadi terasa capek terus dan lemas. 

Gak tahan sama kondisi badan yang sluggish dan sakit-sakit tiap bangun tidur, saya mulai lari lagi. Asiknya sekarang banyak teman-teman yang bisa diajak lari bareng. Saya memang belum minat ikut event lari berjamaah yang lagi marak akhir-akhir ini, tapi senang kalau lari bareng teman-teman. Belum lama ini kami coba lari di Kebun Raya Bogor, lari dari Sentul City ke Gunung Pancar, yang terakhir lari di Buperta Cibubur. Nanti kapan-kapan saya ceritain disini deh.

Tempat saya rutin lari kalau hari biasa di Taman Tebet yang lokasinya pas di belakang gedung kantor, tinggal nyebrang. Kalau sabtu atau minggu saya biasa lari di komplek rumah. Waktu awal-awal saya lari kayaknya jarang menemukan orang seusia saya yang olah raga di taman atau di sekitar komplek, seringnya ketemu oma-oma dan opa-opa yang masih lincah dan tampak sangat sehat di usianya. Setahun / dua tahun belakangan baru mulai banyak orang-orang muda yang pakai gear lari komplit wara-wiri lari di rute lari rutin saya. 

Kadang kalau di  kantor lagi tidak banyak pekerjaan, saya gabung sama teman-teman yang rutin lari di GBK Senayan tiap Selasa dan Kamis. Nah kalo itu banyak mas-mas cogan (cowo ganteng) yang pakai celana gemes dan adik-adik unyu yang walaupun  udah lari keringetan tetap terlihat segar. Kalau lagi iseng banget weekend lari di Ancol. 

Rute Komplek Rumah

Rute Komplek
Ada 3 macam rute lari di area dekat rumah yang saya rangkai hingga bisa mencapai 5 km. Yang pertama rute lari dari rumah ke arah Kalimalang dan balik lagi, bukan rute berputar jadi pulang pergi lewat jalan yang sama. Tantangannya adalah rute ini harus lewat dua kali tanjakan lumayan dashyat ketika lewat jalan jembatan yang lewat diatas jalan toll. Rute kedua lewat komplek tetangga, tapi sama seperti rute pertama jalur ini jalur ramai kendaraan apalagi semenjak ada proyek pembangunan jalan di kalimalang. Jadi agak males lewat kedua rute ini sekarang karena banyak debu dan banyak motor walaupun subuh-subuh.

Rute satu lagi adalah rute komplek. Dari sejak saya mulai lari pas jaman kuliah sebenarnya rute ini yang saya pakai, tepatnya sebagian dari rute ini, yaitu rute yang melingkar totalnya sekitar 2,5 km. Setelah saya sudah biasa lari 5 km saya tambah dengan rute melintasi jalan raya komplek bolak-balik karena kalau mau berputar belum ketemu jalurnya dan pastinya akan lebih dari 5 km (3 mil lebih), jadi untuk sementara ini masih jadi rute comfort zone saya tiap weekend.

Rute Taman Tebet

Rute Taman Tebet
Ada dua taman di Tebet Barat yang letaknya bersebelahan. Taman Honda dan Taman sebelahnya yang saya tidak tahu namanya. Nah, saya biasa lari di taman yang saya tidak tahu namanya. Kalau taman Honda satu kelilingnya hanya 400m dan lebih ramai sama orang pacaran daripada orang olahraga. Kalau taman yang saya tidak tahu namanya satu keliling 800m, walaupun kadang suka agak bau kali tapi tempatnya adem dan kontur tracknya tanjakan turunan jadi seru. Yang lari disitu juga lumayan serius larinya. Biasanya saya lari setiap selasa dan/atau kamis, dan ada beberapa orang tertentu yang selalu ketemu di hari dan jam yang sama. Kalau pagi banyak opa-opa dan oma-oma. Saya biasa lari sore, di jam pulang kantor. Jadi kalau ada yang mau lari di taman tebet hari selasa atau kamis sore, kemungkinan besar akan ketemu saya ;)

29 komentar:

  1. Nonton Film Online disini aja guys

    nonton film online

    Nonton drama Korea terbaru disini aja guys

    drama korea terbaru

    BalasHapus
  2. hebaaaat...aku susah bangeeet disuruh lari hehehehe...paling seneng exercise hanya yoga :). Tapi selalu salut dengan mereka yang jago lari :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pernah cobain yoga tapi bosen, kayaknya aku cocok ama olahraga yang petakilan hahahaa

      Hapus
  3. Mbak Mila kereeeeen, 10km boook..
    Knapa gak skalian lari berjamaah itu Mbak sekali2 nya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gw emang orangnya aneh, ga suka yang rame2 hihiii

      Hapus
  4. Wah saya jadi seperti kesindir hahahhaha
    ketauan saya jarang olah raga terutama Lari

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mulai rajin olahraga pak guru, ga perlu lari, rutin jalan pagi aja atau jalan sore asik juga, penyakit jadi jauh dan badan lebih enteng dan berenergi

      Hapus
  5. Mba ir juga lg bosen yoga mil dan alternatifnya lari di threadmill,... selama 1 jam. Basah kuyup...pengen jg lari keliling kompleks atau taman tp iseng kalo sendirian. Bapak suami masih ogah dih nemenin lari *_*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok bareng aku larinya mba

      Hapus
  6. aku lari dalam rumah maunya tapi gak bisa hehehe jadi olah raga lain aja deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. lari dari kenyataan?
      hahahaaa

      Hapus
  7. LARI 100 meter aja udah mau muntah..apalagi 10 km...hebat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya juga gitu hahahaa.. tapi bertahap, 100, 200, 2 km, 5 km, dst dst

      Hapus
  8. Taman Honda skrg makin hijau ya, Mbak. Dulu sempat mau mampir pas lagi di Tebet. Tapi ngga jadi. :D

    Btw, aku payah banget soal lari. Dari duluuu smpai skrg. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, yuk lari bareng di tebet.

      Hapus
  9. gw kapan yaaa mulai berlari... *cita2 molooo*
    -sigh

    BalasHapus
  10. Udah bisa 10 km Mil..... Ayo ikut race, mayan dapat baju lari lucu

    BalasHapus
    Balasan
    1. birthday run taun dpn gw mau HM ah

      Hapus
  11. Aku gak kuat kalo lari, lebih sering renang. Tapi jg renangnya gak di tempat yg dalam yaa.. takut kecapean nafas susah istirahat haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kayak aku kalo di kolam renang ga berani ke bagian yang dalem. tapi anehnya kalo di laut enggak takut hihihiii

      Hapus
  12. sepertinya gue memang kudu butuh banyak olahraga lari, perut sudah membuncit gegara kurang gerak kebanyakan duduk pelototin layar pc.
    Beberapa pekan lalu, gue jadi panitia trail run, cuma jalan 4 kilometer aja untuk ambil foto, sehabisnya tiga hari langsung tepar sakit :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. panitia trail run yang di lembang itu ya?

      Hapus
  13. Olahraga baik utk kesehatan, kalo saya suka renang, yg gk keringetan :D:D

    Hai teman-teman pecinta traveling. Kami ada info tentang beberapa pantai bagus loh, silahkan kunjungi ya: Pantai Sawarna || Pantai Indrayanti || Pantai Klayar || Pantai Kuta || Pantai Anyer || Pantai Pangandaran || Pantai Ngobaran . Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  14. waah rute komplek nya si rute Jatibening 2 Rumah nya Ortu.. kalo seneng lari di tebet gabung aja mba sama Tebetian (Indorunner Tebet) ada grup FB nya juga..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...