Sabtu, 27 Februari 2016

Liburan ke Sydney Lagi Yuk

Sydney adalah kota ikonik yang terletak di New South Wales, Australia. Seperti kota-kota besar lainnya, Sydney dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit dan kesibukan warganya yang disebut Sydneysiders. Kota Metropolitan ini memang merupakan pusat bisnis sekaligus kota terbesar di Australia. 

Walaupun khas dengan hiruk pikuk kota bisnis tapi jalan-jalan di kota ini cukup menyenangkan buat saya karena trotoarnya luas, bangunan-bangunannya yang terdiri dari arsitektur gaya klasik dan gaya urban saling berdampingan menarik untuk diamati, selain itu di Sydney juga terdapat beberapa dermaga atau Port yang cantik dan rapi.

Selama saya di Australia saya perhatikan ada yang keren dari orang-orang Ausie, mereka senang dengan kegiatan di alam terbuka. Jadi bukan pemandangan aneh kalau lagi jalan-jalan di sekitar Sydney ketemu orang olahraga lari, sepedaan ke kantor atau kampus, surfing atau berenang di pantai bareng anak-anak dan anjingnya, bahkan sekedar leyeh-leyeh di taman yang hijau. Udara disana bersih banget dan langitnya biru, beda bangetlah sama Jakarta yang kalau tarik nafas yang kehirup asap knalpot.

Untuk soal Fashion dan Shopping Sydney tidak kalah dengan kota metropolitan lain. Favorit saya mall yang terdapat di Queen Victoria Building karena tampak klasik, elegan dan mewah, seperti jalan-jalan di mall di tahun 1800-an. Ada lagi Pitt Street Mall, ini lebih merupakan komplek pertokoan dengan ruang terbuka di tengah dan outlet-oulet Brand High-End Fashion di pinggirnya.

Lebih asik lagi buat saya ketika di Sydney adalah main ke pasar dadakan yang cuma buka pas weekend di The Rocks Markets, banyak pernik-pernik lucu. Saya beli CD lagu aborigin remix disana waktu itu. Di sekitar The Rock juga banyak butik-butik yang jual kerajinan local Australia dan baju-baju. Disana ada brand UGG Australia yang jual sepatu, tas, jaket dari kulit domba Australia asli, saya beli oleh-oleh buat adik saya disitu. By the way, tau kan kalau Surfing Apparel merk Billabong dan Rip Curl asalnya juga dari Australia?


Mampir ke Paddy’s markets dan Paddington market adalah suatu keharusan, disana jual barang souvenir khas Australia seperti gantungan kunci, magnet, dll. Selain itu sempatin diri liat di section makanannya, lihat deh sayuran dan buah-buahan hasil produksi petani Australia yang warnanya cerah-cerah dan segar.

Di seberang Paddy’s market ada China Town, disitu pusat kuliner chinese food di Sydney. Kota ini merupakan melting pot dari macam-macam kebudayaan. Karena sejarahnya kota ini menjadi salah satu kota yang sangat multikultur  dengan banyaknya transmigran yang menetap disini. Kita bisa menikmati kuliner dari berbagai belahan dunia di Sydney seperti kuliner Itali, Jepang, Turki, Vietnam, India, Korea, Yunani , you name it. Semua ada di Sydney dengan rasa yang autentik.

Selama disana saya suka banget sama Fish and Chips, rasanya pengen balik kesana cuman buat makan Fish and Chips. Selain itu disana saya juga jadi keranjingan pie isi curry yang legit dan gurih. Kalau malam kita bisa berbaur dengan orang lokal nongkrong di Pub-pub Sydney yang ngehits sambil nonton stand up comedy atau nonton live band.


Naik kereta sebentar dari Sydney ke daerah yang bernama Katoomba, kita bisa menikmati alam pengunungan, The Blue Mountains. Saya pernah tulis tentang betapa asiknya naik Scenic World Blue Mountains di postingan yang dulu-dulu. Di pegunungan itu kita juga bisa lihat tiga batu kembar yang dinamakan The Three Sisters, air terjun, goa limestone, dan jalan-jalan di Leura Village yang suasananya seperti di film Little House in The Prairie.


Kalau mau cari petualangan di laut Australia yang biru dengan pantainya yang bersih dan berpasir lembut, pergi deh ke Port Stephens. Disana bisa coba water sports, sand boarding daaaaaannn lihat Lumba-Lumba. Yaaaayyyy… Udah pada tau kan saya cinta bangeett sama lumba-lumba?


Sydney juga menyelanggarakan event-event keren seperti misalnya Vivid Sydney yang merupakan event tahunan terbesar dan termegah di Sydney. Ketika berkunjung ke Sydney, event ini adalah salah satu yang tidak boleh dilewatkan. Event ini akan berlangsung dari tanggal 27 May hingga 18 Juni 2016. Disitu kita bisa menyaksikan kota Sydney makin cantik dengan hiasan cahaya-cahaya berwarna-warni kayak di wonderland. Gratis gals.





Event lainnya The Sydney Royal Easter Show . Tiap tahun bisa ada 900,000 pengunjung yang datang ke event ini untuk merasakan serunya Rodeo, kompetisi main Polo, carnival, kembang api dan ketemu langsung sama hewan, kasih makan, belai-belai. Totalnya ada 14,000 hewan di acara ini, selain itu ada juga pameran kesenian dan kerajinan, 400 booth toko retail dan lebih dari 160 booth makanan.

Fiuh… seru banget yah? Jadi pengen ke Sydney yah?

Oke, selanjutnya silahkan booking tiket. Info Penting:

Fly Qantas with sale fares from Jakarta to Sydney. Sale ends 29 February 2016, unless sold out prior. Depart from 2 Mar to 31 May'16, 1 Aug to 19 Sep'16 and 17 Oct to 30 Nov'16. Book now at qantas.com or visit your local travel agent.

Info lebih lanjut tentang Sydney bisa langsung ke website resminya: www.sydney.com

15 komentar:

  1. Di Sydney masih musim panas yaa ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kayaknya masih summer

      Hapus
  2. Huuuaaa, jadi mupeng Mbak...
    Itu langitnya biru banget yah Mbak, yg couple itu asyik banget kayaknya menikmati si lumba-lumba.
    Kudu nabung banyaklah ini yah klo mau ke Sydney :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah, nabung banyak tapi gak akan nyesel :D

      Hapus
  3. Wuaah enak tuh, ada diskon ga itu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, wkt itu lg promo. mungkin skrg udah harga normal, tapi dicek aja lagi siapa tau msh dpt yg promo hehe

      Hapus
  4. wah bisa lihat lumba-lumba langsung gitu di lautan asyik banget

    BalasHapus
  5. Kalau gratis sih mauuuu (dasar pemburu gratisan) wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwahahaa aku juga mau klo gratisan :))

      Hapus
  6. australia udh ada di list ku yg bakal wajib didatangin nanti... tapiii kesana cuma krn mau ke themepark dreamworld, gold coast, nyobain roller coasternya tower of terror ituuuh ^o^.. itu doang sih makanya pgn kesana :D. Aku pecinta roller coaster soalnya mba ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku malah takut naik roller coaster yang terlalu serem hiks

      Hapus
  7. keren banget, kita bisa melihat lumba-lumbanya langsung, apalagi kalau bisa megang juga kayanya asikk ya.. hehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...