Sabtu, 19 Agustus 2017

Braga 2017, Bonus Lari Pagi

Postingan pertama blog ini tentang Braga, tepatnya tentang Braga Permai, sebuah restoran yang sudah ada sejak jaman Belanda. Posting pertama saya itu ditulis tahun 2008, kira-kira 9 tahun yang lalu. Keadaan Jalan Braga saat itu dan sekarang jauh beda banget. Dulu banyak bangunan-bangunan tua disepanjang Braga yang tidak terurus, sekarang sudah di make-over jadi cantik dan rapi.

Tahun 2009 saya sebenarnya balik lagi ke Braga, waktu itu ngajak kawan saya, Carly dari Australia jalan-jalan naik becak dari Naripan ke Braga. Waktu itu juga bangunan-bangunan tua sepanjang jalan itu masih kusam tak terurus. Keadaan mulai tampak beda sejak saya kembali ke Braga beberapa tahun kemudian, kayaknya  sekitar 2014 atau 2015. Waktu itu saya janjian ketemu sama Mami bule Norwegia untuk pertama kali hingga setelahnya saya sempat menemani beliau setiap ada urusan pekerjaan di Indonesia. Beliau menginap di Fave Hotel Braga waktu itu, terus kami menyebrang makan di Braga Permai. Nah saat itu mulai tampak rapi.

Minggu lalu saya ada urusan pekerjaan ke Bandung, pergi sendirian. Karena perjalanan Jakarta-Bandung akhir-akhir ini sangat melelahkan akibat kemacetan menggila di Cikampek maka saya niat mau menginap semalam. Lihat di website booking hotel, ternyata Hotel Fave Braga ratenya lumayan, reasonable. Langsung saja saya booking.

Ini pengalaman pertama saya menginap di Jl. Braga Bandung layaknya turis. Selesai rangkaian meeting di Bandung saya sempat mampir ke salah satu kenalan saya yang buka pop-up cafe di kawasan buah batu bandung, Brewang Cafe. Baru agak malam saya ke Braga.

Fave Hotel adalah salah satu budget hotel yang fasilitasnya lengkap, kalau buat saya yang penting ada pemanas air di kamar untuk bikin kopi. Sebenarnya saya mempertimbangkan dua hotel budget di kawasan Braga sebelum booking Fave, salah satunya juga chain hotel terkenal. Tapi akhirnya saya pilih Fave karena dengan rate yang tidak jauh beda, yang satu lagi kamarnya lebih menyedihkan, kamar mandinya tidak pakai ruangan, hanya kapsul dan tidak ada televisi.

Saya sempat cek daftar menu makanan yang ada di kamar, harganya gak mahal loh, wajar banget. Tapi karena letaknya di dalam mall Braga Citywalk, keluar sedikit juga banyak makanan. Ada KiosK, Starbuck, Wendy's. Di sepanjang jalan braga juga banyak tempat makan dan nongkrong yang baru, Warung Nasi Ce'Mar juga buka cabang di Jl. Braga.

Setelah check-in saya langsung ganti kostum celana pendek dan jalan menyusuri Braga hingga ke Jl. Asia-Afrika. Sempat pangling lihat Alun-Alun yang juga sudah di make-over. Atas nama kenangan masa muda saya memutuskan makan malam di warung Ce'mar lokasi lama.

Braga

Alun-alun Bandung

Warung C' Mar
Paginya saya janjian sama senior saya waktu kuliah, Mba Dini, lari pagi keliling Braga. Bukan hanya saya yang punya pikiran begitu, banyak juga orang yang olahraga disekitar kawasan Braga dan Asia Afrika, padahal waktu hari kerja, bukan weekend. Ternyata pagi-pagi disitu masih dingin loh.

Saya bisa lihat fenomena sadar hidup sehat makin marak akhir-akhir ini. Beberapa tahun lalu kalau saya ingat-ingat jarang banget lihat orang pakai baju olah raga berkeliaran di jalanan. Waktu awal saya mulai lari lagi kayaknya orang yang lari-lari di komplek cuma saya doang, ada sih opa-opa yang suka papasan lagi jalan pagi. Tapi sekarang komplek rute lari saya kalau sabtu dan minggu pagi ramai orang olahraga. Begitu pula di taman belakang kantor, dulu banyaknya opa-opa dan oma-oma aja, sekarang ramai banget sampai larinya harus zig zag. Senang saya lihatnya, jadi makin semangat berolahraga.

Rute lari

Bandung bukan cuma masalah geografis