Rabu, 26 Juni 2013

Berburu Koala dan Kangguru

Koala dan Kangguru adalah salah dua dari ratusan spesies fauna yang hanya ada di Benua Australia. Dua hewan ini populer karena keimutan parasnya. Koala yang berbulu, chubby, berwajah lugu dan Kangguru yang manis nya melompat-lompat dengan kantong di depan tubuhnya berisi anak kangguru kecil yang lagi mengintip. Bayanginnya aja udah gemes-gemes gimana gitu.

Sudah pasti lah kalau ke Australia ga melihat dengan mata kepala sendiri dua hewan ikonik itu ya pasti gak afdol. Tapi saya gak mau cuman liat dan foto bareng di kebun binatang. Saya pengen lihat Koala dan Kangguru yang hidup bebas dihabitatnya, bukan di kandangin. Setelah mengumpulkan data-data dari hasil browsing dan dari buku panduan Lonely Planet, saya memutuskan akan memburu Koala dan Kangguru ketika saya pergi ke Great Ocean Road karena menurut berbagai sumber di sepanjang jalan itu kalau beruntung kita bisa melihat sendiri Koala dan Kangguru berkeliaran bebas. Saya harap saya lagi beruntung aja sih.

Saat itu saya belum memutuskan pakai metode apa untuk trip Great Ocean Road nya, mau ngeteng atau ikut tur. Saya baru memutuskan akan ikut tur ketika saya sudah sampai di Melbourne dan membajak leptop cipu untuk booking tur itu. Dalam itinerary nya, dalam 2 hari ke Great Ocean Road dan Grampian itu jelas-jelas ditulis termasuk melihat kehidupan satwa liar khas Australia seperti Kangguru dan Koala. Saya pun langsung memutuskan mem-booking tur itu.

Great Ocean Road itu adalah nama ruas jalan yang membentang di pinggir south-eastern coast Australia - jadi sebelah pemandangannya laut, sebelah lagi pemandangannya gunung. Ketika sedang melintas di Great Ocean Road, minivan yang digunakan untuk tur membelok ke suatu tempat mirip kebun raya gitu, banyak pohon-pohon (yang sepertinya) adalah eucalyptus. Peserta tur di turunin disitu dan dibebasin menjelajah mencari Koala-Koala.

Saat itu saya sudah punya temen, baru kenalan di dalam mobil itu, seorang cewek Irlandia yang kira-kira umurnya sepantaran saya bernama Elaine. Saya dan Elain berdua masuk ke sela-sela pohon eucalyptus sambil cari-cari Koala di atas pohon. Jadi Koala itu gak jalan-jalan, kebanyakan waktu dalam hidupnya digunakan buat tidur dan bengong. Itu untuk menghemat energi supaya bisa survive di lingkungan hidup Australia yang ganas. Konon katanya otaknya Koala itu juga kecil sekali jika dibandingkan dengan ukuran kepalanya, itu juga salah satu keuntungan fisiologis dari koala, karena otaknya kecil gak banyak energi terbuang untuk kerja otaknya. Ya jadi seumur hidupnya dia cuman ngunyah-ngunyah daun eucalyptus, bengong, tidur diatas pohon. 

Nyari nya ternyata ya gampang-gampang susah. Liat pantat nya koala aja dari bawah itu sudah merasa beruntung sekali.

Pantat Koala

Pantat Koala

Pantat Koala

Nah ini lumayan dah ada mukanya
Walaupun gak ada foto berdampingan sama Koala tapi saya puas banget bisa lihat pantat Koala yang bebas di habitatnya. Dan selama trip saya di Australia selama 2 minggu itu saya sama sekali gak masuk ke dalam kebun binatangnya, ada sih di list saya tapi bukan prioritas utama. Selain waktu nya yang sempit sekali, sayang uang buat beli tiket masuknya juga.

Selain Koala, di tempat itu juga banyak burung-burung tapi tidak ada Kangguru. Malam-malam ketika saya sedang tertidur di mobil tiba-tiba Elaine membangunkan saya, sebagian peserta ada yang sudah pada turun.

"Damon melihat Kangguru menyebrang jalan," kata Elaine. Damon adalah Tour Guide yang juga menyetir mobil tur kita.

Saya pun loncat turun mengikuti arah Damon dan beberapa peserta berjalan, berusaha memicing kan mata berharap lampu senter yang dibawa Damon cukup terang untuk mencari Kangguru di tengah gelapnya malam. Tidak lama kita semua kembali naik ke atas mobil lagi, tidak berhasil melihat Kangguru. Di atas mobil Damon pun menghibur dengan bilang kalau besok kita akan diajak lihat Kangguru yang banyak.

Malam itu kami menginap di suatu kabin kayu di tengah hutan yang berlokasi di Grampian. Acara malam itu adalah bincang-bincang di pinggir api unggun sambil bakar marshmallow dibawah langit yang bintangnya banyak banget. Seumur hidup saya baru kali itu lihat bintang sebanyak itu dan baru pertama kali makan marshmallow yang dibakar di api unggun kayak yang sering saya tonton di film-film gitu. Biasanya kalo saya sih yang dibakar di api gitu singkong, bukan marshmallow.

Waktu lagi ngobrol-ngobrol, tiba-tiba Tara - seorang cewe Inggris tiba-tiba berteriak sambil menunjuk-nunjuk. Kita semua pun menengok ke arah yang ditunjuknya, seekor kangguru melompat-lompat melewati kita disusul beberapa ekor kangguru lagi di belakangnya. Tadi kita cari-cari tu Kangguru, pas kita gak nyari mereka enak aja gitu lewat-lewat gak pake permisi.

Kalau di Indonesia tuh Kangguru lompat-lompat malem-malem pasti bakal balapan sama pocong.

Saya pernah baca, ada alasannya kenapa Kangguru di benua australia itu melompat-lompat instead of berlari. Itu karena dengan melompat, energi seorang Kangguru untuk melintasi daerah di australia yang kebanyakan dataran rendah itu lebih efisien daripada kalau dia berlari. Sekali melompatnya Kangguru itu setara dengan beberapa langkah seekor kuda. 

Sesuai janji Damon, keesokan harinya setelah mendaki gunung batu Grampian kita diajak melihat Kangguru yang banyaaaaakkkk bangeeetttt lagi merumput.

Kangguru






47 komentar:

  1. Ihhh lucunyaaa,, dari dulu kepingin lihat Kangguru di habitat aslinya bukan yang di Zoo, cuz yang di Zoo itu biasanya kotor sehingga warnanya 'butek' hoho. Keren deh, asik banget buruannya ^_^)b

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku gak berani liat dari deket, dari jauh sih gak kliatan butek hehehee

      Hapus
  2. Dulu, saking pinginnya lihat koala, pas oomku ke Aussie, minta dibeliin boneka koala (padahal di sini juga ada kali yaaa, tp itu waktu aku masih kecilll hihi skrg kan udah gedeee). Trus, dibeliin beneran dan jd teman bobo. :)

    BTW, makasih ya udah berkunjung ke blogku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaawh.. kau juga disana beli boneka kangguru dan boneka koala hehehee

      Hapus
  3. koala memang hewan lucu banget ya tapi kalau lari gileee cepet pisan euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak sempet liat ada koala yg lari huhuhuu.. mereka cuman leyeh2 doang gitu diatas pohon

      Hapus
  4. hehehe... biar cuman bokong koala doang yang dipotret, yang penting udah ketemu makhluk unyu satu itu doang ya ^_^
    eh itu, kanggurunya jinak ya? nggak nyerang manusia pas lagi lari2 gitu kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibilang jinak juga enggak sih, kangguru itu hewan liar yang ga bisa dijinakin tapi klo kita gak ganggu kayaknya sih dia cuek2 aja tuh

      Hapus
  5. Kangguruuu... kok kalo inget kangguru langsung inget steak daging kangguru yang si Bubu pernah cobain di Berlin yaaa.. Jadinya pedih hati ini.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. *pukpuk
      disana juga banyak yg jual daging kangguru, aku juga gak tega, bayangin mukanya unyu

      Hapus
  6. huahaha.. ngapa kangguru malem2 di indo di samain ama pocong?
    btw, kangguru itu kalo nendang kayanya powerful banget lohh... *liat di pilm kartun*

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah klo disini kan yang loncat2 malem2 kan pocong, mba hehehee

      Hapus
  7. hahaha, ngakak. Enak juga kayanya jadi Koala.. bengong doang sama ngunyah daun untuk bisa survive. Sewaktu di Aussie, main ke Uluru juga ga? //penasaran//

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak, uluru ada di utara, di ostrali bagian atas, deket sama darwin aku ga kesana. kapan-kapan deh hehehee

      Hapus
  8. AAAAAAAAAAAAAAAAAA

    PENGEN KE AUTRALIAAAAA

    BalasHapus
  9. kanggurunya sangat lucu lucu yach mbak mila .....

    BalasHapus
  10. klo di Indonesia, itu koala sudah ditimpuk sama kerikil biar turun dan kelihatan mukanya. untung saja di sana dia bisa hidup tenang hehhehhe.

    Jadi ingat ada teman dari Australia bilang daging kangguru itu enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa banyak yg jual daging kangguru di restoran sana. kasian, bayangin mukanya. kyk kelinci aja, gw juga kasian bayangin muka kelincinya.

      Hapus
  11. Hwooooo pantat semuaaaa~ hehe
    asik ya ke Ausie gitu.
    salam dong buat cody simpson atau greyson chance ya kalo ketemu.
    :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. ga ketemu dua2nya wkwkwkwk

      Hapus
  12. nice photos! :D
    Maybe we follow each other!?
    Let me know :)
    Greetings

    www.YulieKendra.com

    BalasHapus
  13. Iya ya, enakan ngliat yang di alam bebas. Gpp lah biarpun yang diliat cuma pant*t koala, hihihi..
    Etapi kmaren di Taman Matahari kangguru juga ada, kok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bedaaa... liat kangguru asli sama yg di kebon binatang. kepuasan batinnya beda *halah

      Hapus
  14. marshmallow... jadi inget kartun spongebob... hahaha

    BalasHapus
  15. Bener tuh, kak mila...

    Kalo manusia emang nyaman tinggal di rumah, kalo hewan rumahnya bukan kandang, tapi alam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener. kecuali hewan ternak kayak sapi, ayam gitu, mereka mah emang sukanya di kandang ehehehehe

      Hapus
  16. lucu ya koala, tapi aku belum pernah lihat aslinya paling dalam bentuk boneka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lucu, fluffy2 gitu mba hehehee

      Hapus
  17. seru perjalanan ke OZ nya ...
    koala itu males habis ya, seharian tidur juga betah dia .. hi.hi.hi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ternyata hahaha.. pantesan ndut

      Hapus
  18. mbaaak....
    hahahaha,,, kok ada belakang koala se?
    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. It was all i can see hahahahaaa

      Hapus
  19. aiiih unyu2 yaaa.. walopun cm kliatan pantatnya #eh.
    bawain 1 donk.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah ngambilnya, mba. Musti manjat dulu hiks

      Hapus
  20. wew kangguru dimana2. Puas dong, ya, ngeliatnya :)

    BalasHapus
  21. waaah, lucu-lucu. kalau aku cuma liat koala dari boneka aja, hahaha :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koala yg asli itu juga kyk boneka loh, cuman kedip2 aja hahahaa

      Hapus
  22. koala itu sungguh menggemaskan ya.....asyik benar kalo bisa melihat langsung koala dan kangguru di habitatnya....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa... Selalu senang klo lihat hewan di habitat aslinya, bukan di kbun binatang hehehee

      Hapus
  23. senangnya bisa kesana ngeliat langsung koala sama kangguru di aussie XD

    BalasHapus
  24. kak mila ada - ada aja kalo kangguru malem-malem tandingnya sama pocong :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ubi ikut gih balapan juga, pke karung lompat2 nya

      Hapus
  25. haha, banyak banget tuh koala & kangguru nya .. :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...