Selasa, 22 Maret 2016

Salah Siapa?

Beberapa kali saya sempat berpikir untuk menyalahkan diri sendiri atas kejombloan yang menahun ini. Banyak tante-tante, om-om, kawan-kawan yang bilang bahwa penyebab saya masih jomblo adalah karena saya. 

“elo sih…” 

“ya salah lo sendiri sih..” 

Tapi hati nurani susah banget untuk nyalahin diri sendiri. Buat saya udah jelas. Yang salah adalah cowo-cowo itu. 

Terlalu banyak hal yang bikin ilfil. 

Nomor satu adalah cowo drama. Jenis orang yang merasa kalau dunia dan segala isinya berputar mengelilingi dia sebagai pusatnya. Cowo jenis ini yang suka galau kalau pesannya ga langsung dibalas atau pas telpon ga diangkat, dia mengira kalau kondisi seperti itu sudah pasti karena si cewe gak suka sama dia seolah-olah di dunia ini dari jutaan spesies hewan dan tumbuhan yang penting cuma dia doang. 

Cowo jenis ini gak pernah kepikiran kalau cewe yang dituju itu lagi sibuk sama urusan lain, misalnya lagi dateline pekerjaan, atau ada masalah pelik di pekerjaan atau lagi dikejar-kejar klien yang marah atau lagi dikejar-kejar calo dan terlalu lelah buat angkat telpon. Atau lebih simple lagi karena cewe itu sibuk seharian, terjebak kemacetan berjam-jam, sampe dirumah udah malem dan harus tidur karena setiap hari harus bangun jam 4 subuh. 

Dari sepenggal pesan yang lama dibalas atau telpon yang tidak sempat terangkat, cowo ini kemudian akan curhat dimana-mana, di social media, curhat sama teman-temannya, curhat di grup messenger, pasang quotes yang menyedihkan di foto profil messengernya. Sedih atas sesuatu yang hanya terjadi di imajinasinya aja. Kayak ibu-ibu yang nangis gara-gara nonton sinetron Cinta Fitri.

Ada juga cowo yang gak kreatif. Semua orang sih kayaknya pernah ngalamin. Tapi buat saya tetap aneh. Biasanya kejadian ini terjadi sekitar jam 12 – 1 siang dan 7 – 8 malam, berupa pesan dengan pertanyaan: sudah makan belum? 

Yang membuat kecewa adalah pertanyaan itu gak diikuti dengan action. Misalnya gini. 

Cowo: udah makan belum? 

Cewe : belum 

Cowo: oh bentar ya nanti dikirim makanan, pizza mau? 

Nah itu contoh yang benar, tapi selama ini belum pernah sih terjadi sama saya. Kebanyakan yang kasusnya gini. 

Cowo : udah makan belum? 

Cewe : belum 

Cowo: makan dulu sana, nanti sakit. 

Hellaaaawww….. 

Buat saya pesan seperti itu merendahkan intelejensia saya. Apa iya ada orang begitu bego nya sampai gak bisa mengenali rasa lapar dan gak langsung makan? Saya cuma gak makan pas laper kalau lagi gak punya duit, ya percuma nyuruh makan tapi gak kasih solusi. Kadang saya lelah menanggapi pesan seperti itu, sama lelahnya seperti menjawab telepon dari call center yang menawarkan kredit tunai.

Dari mulai jaman telepon koin, beralih ke jaman telepon genggam, melalui sms kemudian YM dan messenger2 lain, akan selalu ada cowo yang kirim pesan ke cewe dengan kalimat: Makan dulu, nanti sakit. Mungkin jaman masih pake surat-suratan juga ada kayak gitu, ditulis di surat, dikirim pos, seminggu kemudian sudah terlambat, cewe itu sudah mati kelaperan gara-gara lupa makan.

Ngomong-ngomong soal kirim pesan melalui messenger, ada beberapa cowo yang menurut saya keren, cool, orangnya serius dan berwibawa tapi ketika chatting di messenger pakai semua emo-emo, hati, bunga dan pakai huruf yang berlebihan. Ada salah satu cowo yang saya kenal, awalnya ketemu beberapa kali, ngobrol-ngobrol orangnya keliatan smart, serius tapi bisa lucu, tinggi, lumayan manis. Terus tiba saat kita tukeran pin BB. 

Waktu itu saya belum mulai BBM dia, sore harinya pas sampai rumah baru saya lihat ada pesan dari dia. Cowo itu bilang “Halo” tapi pakai insert text BBM yang ada emo orang trus disampingnya ada bunga-bungaan warna-warni. Saya kaget sampai BB saya nyaris lepas dari genggaman saya. Lebih parah lagi ketawanya pakai emo insert text juga yang di scroll 4 kali baru selesai gambarnya. Pegel cuy.

Ada juga teman cowo saya yang ganteng, suatu hari tiba-tiba aja cara nulis pesan di messengernya aneh. Banyak huruf yang kelebihan, kayak misalnya , “iyaaaaaaa……”, “laaaaaaaahhhh kog bisa gituuuuu… hahahahaaaaahhhhahaahhh……” 

Waktu itu saya penasaran dan saya tanya, “keypad henpon lo rusak?” 

Teman saya jawab,”enggaaaaaakkkkk…….” 

Mungkin dia abis digigit hewan yang terjangkit rabies, pikir saya dalam hati.  

Ada lagi nih cowo yang messengerannya perfeksionis, jadi pada suatu hari dia mengirim pesan pertama kalinya melalui Line messenger. Terus saya bales. Dia bales. Trus saya bales pake stiker. Trus dia lama banget ga bales-bales. Saya tidur. Besok paginya saya lihat ada balesan di Line. Stiker. Dalem hati saya mikir pasti dia lama pilih-pilih stiker deh. Lelah. 

Yang paling bikin sebel adalah cowo yang terlalu berusaha keras kelihatan mapan, baru kenal udah cerita soal jabatan di kantor, gajinya berapa, punya mobil apa dan berapa cicilannya, punya rumah harganya berapa milyar yang gak terpakai karena dia tinggal di apartement., bla bla bla. Saya gak peduli kalaupun dia punya satu negara, saya gak pernah peduli orang-orang punya apa dan saya gak mendasarkan pertemanan dari apa aja yang dipunyai orang. Bukannya bikin saya kagum, cowo-cowo kayak gitu malah bikin males. 

Beberapa cowo merasa kalau keberadaan laki-laki itu merupakan kebutuhan kaum perempuan. Sorry bro, sekarang jamannya layanan bengkel mobil 24 jam yang selalu siap sedia datang kapan aja. Pernah ada salah satu senior jaman saya kuliah yang dulunya saya ga gitu kenal deket, baru ketemu lagi. Tiba-tiba ybs merasa harus jadi pahlawan yang mau membantu pekerjaan saya, padahal waktu itu saya gak minta dibantu. Malahan karena ybs pekerjaan yang lagi saya kerjakan jadi terganggu karena "proyek"nya dia dan ybs nya menuntut banyak sekali perhatian. Waktu itu saya hanya gak enak karena sungkan nolak senior. Pada akhirnya ybs tetap marah-marah karena merasa saya kurang effort, kurang menghargai bantuannya, dan karena saya belum punya waktu untuk nemenin ybs nonton di bioskop. Saya langsung tarik nafas, berbaring di lantai, pose yoga savasana. Namaste.

Ini bukannya sengaja cari-cari kejelekan cowo yang deketin saya sebagai alasan buat kabur karena takut sama komitmen jangka panjang seperti yang pernah dibilang salah satu kawan saya. “Mil, lo itu terlalu ‘bro’ sampe cowo aja bakal lebih milih cowo juga buat jadi pasangannya daripada elo,” katanya berusaha menjelaskan kalau saya orangnya susah dipegang kayak belut yang licin dan dingin. 

Ngomong-ngomong, penjelasan teorinya tentang takut komitmen itu menggantung karena istrinya telfon dan dia langsung takut dimarahi kalau pulang kemalaman. Saya jadi mikir teorinya tentang takut komitmen itu sebenarnya ditujukan untuk memberi pembenaran sama situasinya sendiri. Saya pun langsung bersyukur karena kelak pas sampe rumah nanti saya bisa langsung istirahat dengan tenang di kamar saya sendiri tanpa menghadapi drama ‘kemana aja tadi’. 

Intinya adalah, walaupun tetap bersyukur dengan kondisi saya sekarang ini, saya gak pernah menghindar dari kesempatan untuk berkomitmen, malahan usaha cari-cari juga kog. Saya masih mau-mau aja kalau ada kawan saya yang berusaha menjodohkan saya dengan kawannya walaupun seringnya ketemu dengan tipe-tipe cowo yang diatas itu. 

Supaya lebih terlihat desperate nih ya, saya ngaku kalau pernah coba aplikasi Tinder, salah satu app cari jodoh yang ada di smartphone. Ujung-ujungnya sih saya malah jadi ngetawain kawan-kawan yang saya kenal yang ternyata muncul fotonya di aplikasi itu. 

Diantara foto-foto kawan saya itu saya melihat beberapa foto cowo-cowo yang biasa aja, bukan cowo yang keren, cool, bentuk badan atletis dengan tatapan mata tajam - justru kebalikan dari itu. Saya berpikir, mungkin kalau cowo yang keren banyak di-swipe kanan-in, tapi kalau cowo biasa-biasa aja mungkin sering kelewat, pasti selalu jadi korban swipe kiri. Jadi saya memutuskan akan mulai swipe kanan cowo-cowo yang biasa aja itu, supaya mereka senang kalau akhirnya ada yang like mereka. Aplikasi itu pun saya jadikan ajang untuk berbuat baik sesuai panggilan hati saya yang selalu ingin berbuat kebaikan. 

Sayangnya, cowo biasa-biasa pun gak ada yang memilih saya. Sistem di Tinder kalau orang lain dan kita sama-sama like maka akan ada notifikasi Match, setelah itu baru bisa kirim-kirim pesan. Dari itu saya tau ga ada yang pilih saya, karena gak dapet Match. Kebaikan saya pun bertepuk sebelah tangan. Belum ada seminggu mainan aplikasi itu saya udah gumoh (seperti perasaan eneg kalau makan kekenyangan) sama muka cowo-cowo karena kebanyakan liat foto. Saya pun menyerah. Nah jadi bukan salah saya kan. Saya udah usaha. Yang salah ya cowo-cowo itu.

36 komentar:

  1. waduh... usahanya masih kurang neng? mandi kembangnya mana? Xixi..*takutnulispanjang2.
    Penjelasan anda tentang cowok memang benar adanya, itu makanya saya memilih wanita jadi pasangan hidup, hihi*NgeremJanganSampaiNulisPanjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. mandi kembang pernah, waktu itu mama saya tiba2 nyuruh mandi kembang supaya cepet dapet jodoh. bukannya dapet jodoh, eh siangnya saya diseruduk bajaj

      Hapus
  2. Saya bookmark dulu ya mba. Hiheiheie

    BalasHapus
  3. hmm.. kadang aku pikir, tetep single itu enak mbak.. bebas, traveling kemana aja, ga pusing mikirin rumah, anak, suami dll. aku beruntung sih dapet suami yang sabar banget, tegas tapi ttp mau ngalah untuk hal2 yg dia tau aku suka bgt.. kyk traveling... aku hobi bgt jalan, tp ga suka bawa anak.. dan suami yg ga mau ninggalin anak, biasanya ttp ngasih izin aku utk jln tapi dgn temen yg bisa dipercaya.. see, dia ngalah di situ.. krn dia tau aku ga suka punya anak, makanya sebisa mngkin urusan anak dia yg pegang.. Dari dulu aku memang ga prnh bisa deket ama anak2.. kecuali anaknya bisa anteng dan ga nakal ;p.

    Jadi buatku, nikah enak juga sbnrnya, tapi being single juga asyik2 aja. Dulu toh aku termasuk yg lama baru nikah.. umur 29.. smntara temen2 lain mah umur segitu anaknya udh 2 ;p Ga enaknya cuma 1 nih... di umur yg udh mkin naik, nyari temen traveling jadi susah.. karena rata2 temenku ga dikasih ama suami2 mereka -__-.. sementara aku tipe yg ga suka jalan sendirian..

    kalo aku di posisimu, dan ketemu cowo2 kayak yang di atas, aku juga lebih milih untuk sendiri :D.. bikin stress jiwa itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi faaan, ideem samaa bangettt...dan aku kadang mikir ya ampun emang Allah Maha Tahu ya, Dia tahu gw ga sabaran sama anak2 dan masih gila traveling, jadinya begini laaahhh, di syukuri aja yang ada.
      Iya Mil, ngga usah maksain deh harus punya pasangan, kalo prempuan mandiri, banyakin temen aja, jalan2 sepuasnya

      Hapus
    2. Selamat, mba fani, mba vari beruntung banget. hahahaa... dapet nemu dimana sih?

      Hapus
  4. Hahaha... I feel you Mila..

    berhenti mencari, nanti akan ketemu sendiri kok
    InsyaAllah :)

    BalasHapus
  5. hahahahaa... setuju banget sama Mila
    yang salah ya cowok cowok itu

    i feeel you banget

    BalasHapus
  6. Di kolom comment, saya berdoa, semoga mbak Mila lekas ketemu jodohnyaaa... Amiiinnnnn :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiinn.. makasi om surya, mog2 doa nya manjur

      Hapus
  7. mba mila, anakku iyas termasuk cowo biasa biasa loh *ehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyas jangan jadi cowo biasa-biasa aja dooonk.. musti jadi cowo luar biasa

      Hapus
  8. lagi jalan-jalan nyari-nyari ide buat tulisan eh, kebetulan ketemu "sudut pandang cewek" lumayan bisa buat ide cerita... thank's ya mila :) *oy, do'a juga kaya yang diatas ah, semoga cepet ketemu jodohnya, Amiin*

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah mau bikin cerita berdasarkan kisah hidup saya ? hahahaa.. jadi grogi :p

      Hapus
  9. ingat dulu waktu aku masih ganteng, tapi jomblo.

    BalasHapus
  10. huhuhu.. I feel you too mbaaaa.

    Semoga segera didekatkan, dipertemukan jodohnya yaaa.

    BalasHapus
  11. cowok drama? wah tipe kayak gitu wajib dihindari, ngeselin soalnya

    BalasHapus
  12. aw aw aw ... speechless mau ngomong apaan

    doain semoga jodohnya makin deket deh *smooch*

    BalasHapus
  13. Aahh Mbak Mil, bener koq itu.. si cowok2 aja yg pengen dimengerti tp gak ngertiin cewek.. trus yg di Tinder itu juga kayaknya pada sok jual mahal aja padahal blm lihat, belum tahu, yaah mana bisa saling kenal dan match yak.:D

    BalasHapus
  14. Bwahahahaha... Yakinlah kak, bahwa someday your prince will come.

    BalasHapus
  15. sabaaarrrr.... kamu bukan satu-satunya di dunia ini.
    pasti nanti ada yang datang ke hidupmu...
    dateng doang, mampir bentar maksudnya :P ehehehhe
    gak deng...
    ku doain nanti dapet jodoh yang baik. Amin.

    BalasHapus
  16. Sabar ya mbak... lama-lama akan dapat kok jodohnya...

    BalasHapus
  17. banyak cowok yang kesannya macho, pas ngobrol di dunia nyata gak kemayu, pa chatting ternyata kebanyakan titik-titik, kaya "iyaaaa..."

    BalasHapus
  18. Semoga segera bertemu dengan jodohnya ya, Mila :)

    BalasHapus
  19. Hehe ...sense of humour nya oke banget mbak. Tuh cowok2 belom tahu aja kelebihan mbak yg satu ini

    BalasHapus
  20. bicara jodoh saya mah senyum senyum sendiri aja nih , hehe

    BalasHapus
  21. Pasti ketemu yang cocok mba.... prinsip mba udh bener menurut saya... ga berlebihan kok. Jgn sampe milih pasangan karena desakan org lain deh.

    Semangat mba... masa tahun 2016 bulan april masih jomblo!!!
    Wkwkwkwk

    BalasHapus
  22. Jangan2 cowok2 jomblo juga mengatakan hal yang sama, bahwa yang salah adalah cewek2 hehehe.
    Semangat neng Mila, semoga cepat ketemu jodoh ya.

    BalasHapus
  23. Sabar ya mba, jodoh ga bakalan kemana ko :)

    BalasHapus
  24. Wah, punya Tinder ya? :D Iya, yang salah cowok-cowo itu, kok, bukan Mila :D

    BalasHapus
  25. Semoga lekas ngak jomblo yaaa, jomblopengumuman biar cepet dapat pasangan yaa hahaha

    BalasHapus
  26. intinya harus sabar dalam menghadapi cobaan. jodoh sudah ada yang menentukan. jadi tetap semangat

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...