Kamis, 23 Juni 2016

Nerd Alert: Scribd, Hiburannya Kutu Buku

Ramadhan kali ini mood saya agak berantakan dan cenderung melankolis. Acara buka bersama sudah tidak segencar tahun-tahun sebelumnya dimana kawan-kawan saya banyak yang masih single. Sekarang kawan saya sudah berkeluarga semua, jadi kalau ada kesempatan yang tidak bentrok sama pekerjaan mungkin diutamakan berbuka sama keluarga di rumah.  

Lagipula kondisi jalanan Jakarta sekarang ini makin lama makin gila, bikin saya juga jadi malas kemana-mana. Tiga tahun lalu saya masih sering main ke PIM, Citos, Gandaria City, atau sekedar ngopi di Senopati pulang kantor saya yang ada di daerah Tebet, macet sih tapi masih manusiawi. Dua hari lalu saya ke senayan dari kantor, berangkat jam setengah 4, sampai di senayan jam 7 kurang dikit. Secara fisik dan batin, saya tersiksa. Kapok.

Jam pulang kantor saya bulan Ramadhan dimajukan jadi jam 4, dan karena sekarang lagi gak banyak kerjaan di kantor jadi lebih baik saya pulang cepet langsung ke rumah. Harusnya sih kalau lagi gak ada kerjaan di kantor tugas saya buat cari kerjaan, tapi entahlah belakangan ini saya lagi tidak bersemangat, mungkin karena sudah beberapa tahun terakhir ini kurang traveling. 

Saya juga lagi kurang bersemangat berkebun. Awalnya saya pikir di musim hujan berkebun bakalan enak karena meringankan pekerjaan menyiram tanaman. Tapi saya salah. Di musim hujan kebun saya malah berantakan, tiba-tiba banyak jangkrik, hama-hama lain dan tanaman saya keliatan sakit semua karena lembab. Tanaman liar tumbuh lebih subur daripada tanaman saya. Usaha menanam ubi jalar dan jagung yang tidak sukses juga bikin saya makin tidak semangat merawat kebun. 

Gak ngerti apa yang terjadi sama diri saya, mungkin karena lapar, bisa juga karena kurang jalan-jalan, karena kangen kamu atau hanya sekedar kurang kasih sayang dan butuh pelukan. Ada sih hal-hal yang bikin saya merasa terhibur bulan ini, yaitu nontonin video musik lagu-lagu jaman saya muda di youtube, main game dan baca buku. Saya download suatu aplikasi bernama Scribd di iPad saya. Scribd itu adalah perpustakaan online dimana kita bisa langganan untuk membaca buku-buku yang ada disitu dalam bentuk e-book. 

Biaya subcribenya sebulan sekitar 100ribuan, bebas mau pilih dari ratusan judul buku yang ada disitu. Koleksinya banyak banget, fiksi dan non-fiksi. Untuk kutu buku kayak saya hemat banget, daripada beli buku, satu buku aja harganya bisa lebih dari 100 ribu. Nah ini dalam sebulan saya bisa baca sebanyak-banyaknya. 

Saya baru merasakan praktisnya baca versi e-book, tanpa buku fisik. Awalnya sebelum terbiasa agak aneh juga sih baca buku di iPad, lama-lama terbiasa, malahan kalau pergi lebih ringan karena dalam iPad bisa bawa beberapa buku yang kalau dibawa semua fisiknya berat banget. Lagipula koleksi buku di kamar saya sudah banyak banget, lemari bukunya sudah penuh, jadi e-book juga ga bikin saya mikir beli rak buku baru. Kelemahannya ya kalau iPad ada baterenya, jadi tergantung sama listrik. Jadi kalau pergi saya pasti tetap bawa satu buku, buat cadangan kalau iPad habis batere.

Tampilan website Scribd
Bukan hanya buku, di Scribd juga ada audiobook, comic dan music sheet. Kalau memang lagi nyari sih ada juga jurnal-jurnal dan presentasi ilmiah, tapi saya gak pernah liat-liat yang itu. Liat koleksi bukunya saja saya udah kalap, pengen baca semua. So little time, too many books. 

Bulan lalu saya baca 4 buku. Bulan ini saya sudah finished reading 2 buku. Lagi baca buku tentang sejarah Industri Petroleum judulnya The Prize dan lagi coba audiobook dari bukunya Felicia Day yang saya dengerin di mobil.

Bulan lalu diantara 4 buku yang saya baca ada Wild. Saya sudah lama pingin baca itu, tapi belum sempat beli bukunya. Itu adalah kisah nyata dari seorang perempuan bernama Cheryl yang hidupnya berantakan banget kemudian memutuskan untuk hiking sendirian mengikuti jalur treking terkenal di Amerika yang membentang dari perbatasan mexico ke perbatasan kanada. Bukunya diangkat jadi film, yang main Reese Witherspoon. Saya juga pingin banget nonton filmnya sih. 

Bulan ini saya baca buku keren banget, judulnya The Doveskepeers. Genrenya Historical Fiction. Yang bikin keren adalah pilihan waktu dan lokasinya, Jerusalem tahun 70 AD. Itu waktu Kekaisatan Romawi berkuasa dan menyerang daerah-daerah sekitarnya, termasuk Jerusalem saat itu. Ceritanya sendiri tentang 4 orang perempuan dimasa itu dengan background dan karakter yang beda-beda, tapi mereka semua disatukan di suatu kota dalam benteng yang terletak di atas bukit dalam upaya berlindung dari serangan tentara romawi. Tempat itu memang beneran ada, namanya Masada. Di jaman itu pernah terjadi sejarah yang tragis disana. Ketika pada akhirnya tempat itu diserang tentara romawi, semua penghuninya memutuskan bunuh diri masal daripada menyerahkan diri takluk ke Romawi dan dijadikan budak. 

Saya juga baca buku tentang lari. Kemarin saya baru tamatin buku Kara Goucher, salah satu atlit pelari marathon perempuan. Bulan lalu saya baca buku pengalaman cewe biasa yang ikut Marathon, kayak semacam Bridget Jones Diary tapi tentang pengalaman lari. Banyak ilmu baru yang saya dapat dan tips-tips tentang lari. 

Buku yang lagi saya baca sekarang, The Prize, sepertinya keren juga. Saya baru mulai sih, tapi sudah banyak fakta sejarah yang mind blowing buat saya. Ternyata minyak bumi itu awalnya digunakan secara komersil sebagai obat. Terus jaman dulu orang-orang gak ada yang percaya kalau minyak bumi bisa digali jadi semacam sumur dari dalam bumi, hingga ada orang yang melakukannya nge bor sumur minyak. Ternyata minyak yang dihasilkan jadi banyak banget, disimpannya kan di dalam barrel anggur, nah harga barrelnya bisa lebih mahal dari harga minyaknya karena over produksi. Hingga sekarang harga minyak bumi ditentukan dalam satuan barrel.

Karena over production dicarilah fungsi lain dari minyak yang berasal dari bumi itu, baru kemudian ditemukan kalau minyak itu bagus untuk bahan bakar lampu. Oia, sebelumnya orang jaman dulu menyalakan lampu pakai minyak dari ikan hiu atau minyak dari tumbuh-tumbuhan. Setelah minyak banyak dipakai untuk lampu, mulai deh tuh booming minyak di amerika. Perusahaan minyak terbesar pertama di Amerika dan yang akhirnya menguasai dunia namanya Standard Oil, pendirinya Rockefeller. Yang menarik buat saya disini adalah karakter, kepintaran dan culas-culasnya si Rockefeller yang ditulis di buku ini. 

Terus ada juga awal terbentuknya perusahaan minyak Shell, didirikan oleh Marcus Samuel dan saudaranya,  mereka keturunan Jewish di London. Awalnya mereka bisnis kargo, kemudian beralih ke bisnis distribusi minyak kerjasama dengan Rostchild yang punya lahan minyak di Rusia. Perusahaan ini pun sukses mendunia, punya kapal tanker dan jaringan distribusi di eropa dan asia. Kemudian perusahaan Marcus Samuel dikenal dengan nama Shell, untuk mengenang barang jualan Bapaknya mereka yang paling laris, kulit kerang (shell).

Ini sepertinya akan jadi salah satu buku historical non-fiction favorit saya setelah bukunya Jared Diamond "Germs, Guns and Steel" dan bukunya Yuval Noah Harari yang judulnya "Sapiens: A Brief History of Humankind". Kalau ada yang Nerd juga kayak saya, coba deh baca buku-buku itu. Saya recommend banget. 


11 komentar:

  1. Nikmatnya kalo masih punya waktu unt membaca. Btw,bacanya pas kapan? Pas macet atau pas di kantor atau pas di rumah?

    Mil, aku ngecambahin alpukat kalifornia kok ga berhasil2 huhuhuhu

    BalasHapus
  2. Waaaah udah bisa ya di Indonesia....aku pelanggan setia jugah Scrbd *tozz*

    BalasHapus
  3. skrg ada ya aplikasinya atau udah lama hihi. aku taunya duluuuu bgt cuma webnya aja :D

    BalasHapus
  4. kalo di scribd novel-novelnya keren-keren gak ya mba?

    BalasHapus
  5. Haha kirain saya di Scribd ini cuman ada buku-buku Ilmiah doang.. Soalnya dulu saya juga suka nyari2 referensi kuliah disini.

    Ternyata karya fiksi juga ada..

    BalasHapus
  6. saya bukan tipe2 orang yang suka baca sih baik buku tau ebook prefer nonton pelem :D

    BalasHapus
  7. Gua lagi mencoba membaca lagi. Gw bacanya juga ebook via kindle. Gw juga lebih senang dengan ebook akhir akhir ini, lebih murah dan bisa nyari terjemahan kata kalau gw ga tau artinya.

    Lu coba baca bukunya Adhanarand Finn deh. Dia nulisnya juga bagus.

    BalasHapus
  8. tertarik banget sih baca nya.
    Tapi membaca saja saya malas... Wkwkwk..

    Gw ada banyak utang baca buku yang lom lunas nih...

    BalasHapus
  9. membaca itu emang bikin ketagihan ya mbak mila hehe

    BalasHapus
  10. Waktu luang yak ?
    Asikkk ... pertama lihat buku dan tulisan langsung pengen baca terusanya
    NLP Training Surabaya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...