Minggu, 04 Januari 2009

Menggoreng ala Nekad


Profesi penjual gorengan mungkin adalah hal yang biasa.
Tapi di Gorontalo, ada seorang ibu berprofesi penjual gorengan yang sangat unik dan banyak dicari. Bukan karena rasa gorengannya yang mak nyuss (pinjem istilah pak bondan), melainkan karena cara menggorengnya.

Emang menggoreng nya gimana?


Ya.. pake tangan. Pasti pada binggung dimana istimewanya. Kalau menggorengnya menggunakan tangan juga pasti sudah biasa, kalau menggorengnya pakai kaki baru aneh.

Eits, tunggu dulu. Ibu ini menggoreng nya hanya menggunakan tangan saja, dari mulai mencelup gorengannya dan membalik-balikkan nya di dalam minyak panas. Kita yang melihatnya mungkin bergidik ngeri membayangkan gimana rasanya minyak goreng panas yang mendidih kalau kena tangan, tapi ibu satu ini kelihatan santai aja mencelup-celupkan tangannya ke dalam penggorengan. Bahkan sembari menggoreng, ibu dengan nama Hartin Maliki sesekali menerima telepon dari telepon genggamnya.

Ibu ini membuka warung sederhana di Jl. Mayor Dullah, Gorontalo. Beliau sempat bercerita, karena keahliannya menggoreng pisang dengan tangan beliau sempat diundang menggoreng pisang di Jakarta, Singapura, hingga ke Perancis. Luar Biasa...

Keahlian menggoreng dengan tangan ini juga diturunkan ke pada putrinya. Jadi kalau beliau sedang mendapat undangan menggoreng pisang ke luar kota, putrinya yang menggantikan berjualan gorengan.

Inti Moral dari cerita ini adalah: Profesi apa pun kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh bisa mengantar kita untuk go ointernasional, termasuk profesi penjual gorengan.

6 komentar:

  1. Gak sekalian daftar mil? Hahahaha

    BalasHapus
  2. tenang aja cipu, gw lg berusaha mencari inovasi baru dalam cara menggoreng cireng. Siapa tau bisa ngegoreng cireng sampe ke Perancis juga he3..

    BalasHapus
  3. agnes monica kalah sama ibu penjual gorengan ini ... hehe

    BalasHapus
  4. Orang sakti ternyata masih ada juga ya... Hehe.

    BalasHapus
  5. gimana kok bisa gak kebakar ?

    BalasHapus
  6. yah namanya juga sakti kek...

    Dont try this at home ya? ntar nekad nyemplungin tangan ke minyak panas lg (lmao)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...