Selasa, 28 Juni 2011

MRT di Jakarta.... Horeeee!

Kabar gembira bagi pendamba MRT (Mass rapid Transit) di Indonesia. Sekarang MRT di Indonesia bukan lagi sekedar khayalan atau pun mitos belaka, tapi bisa dijumpai di Jakarta Fair 2011 di salah satu Hall pameran nya.

Tahun 2009 adalah pengalaman pertama saya naik MRT. Waktu itu kebetulan dalam rangka bekpeking perdana ke Singapore. Di airport Changi, saya & rombongan katrok di depan mesin tiket MRT. Soalnya di Jakarta ga pernah nemu yang kayak beginian.

Sambil nunggu MRT dateng, kita norak foto-foto-an di depan pintu masuk nya. Bahkan di dalam MRT pun kita sempet-sempet nya foto-foto-an. Kalo di inget-inget sekarang kog memalukan ya.... hehee.. ya Maklum lah, di Jakarta kan ga ada. Padahal di Singapore sendiri MRT sudah ada sejak tahun 1987. Tahun 1987, saya masih baru masuk SD dan kalo ke sekolah naik bajaj, di Singapore udah kenal MRT. 

Berarti kalo ngomongin soal MRT, hingga saat ini Indonesia udah ketinggalan 24 tahun dari Singapore. Padahal kita merdeka 20 tahun lebih dulu daripada Singapore. Bukan cuman Singapore, tetangga-tetangga kita yang lain seperti Filipina, Malaysia dan Thailand punya sistem transportasi massa yang cepat sebagai alternatif menghadapi kemacetan, jenis MRT maupun jenis BTS. Jangan-jangan malah sebentar lagi kita kalah sama Vietnam deh.

Baru-baru ini kita memang punya yang namanya Bus Transjakarta sih.... tapi kalo menurut saya masih jauh deh ke-efektifitas-an dibandingkan MRT atau BTS.

Minggu lalu ceritanya saya janjian kopdar sama Gajahpesing, Dahlia & Luxsman ke Jakarta fair 2011 (PRJ). Cerita seru nya bisa disimak di blognya Gajahpesing. Di salah satu stand pameran ada pameran MRT yang di prakarsai oleh (siapa lagi kalau bukan) si Bapak yang berkumis itu.

MRT jurusan Bundaran HI

Logo MRT
Mudah-mudahan ini bukan hanya untuk kepentingan kampanye semata supaya si Bapak kumisan itu terpilih lagi di periode berikutnya. Kabarnya pembangunan MRT ini, akan di danai dari pinjaman Jepang. Teknologi nya juga menggunakan teknologi Jepang. Tapi entah kapan bisa terlaksana, mudah-mudahan sih saya masih bisa menikmati nya.

Semoga saja proyek MRT ini ga bernasib sama seperti proyek monorail. Beberapa waktu lalu tiang-tiang nya sempat sudah dipasang tapi tertunda hingga bertahun-tahun dan dead-end sampai sekarang ini. Satu-satu nya tempat yang ada monorail di Indonesia ini kayaknya cuman di Taman Mini Indonesia Indah. Yah jangan sampai aja MRT di Jakarta cuman ada di Jakarta Fair (PRJ).

Pengunjung PRJ lagi menikmati rasanya naik MRT bo'ong-an

16 komentar:

  1. semoga terwujud... kami butuh realisasi. hehehe

    BalasHapus
  2. "pajangan" ini udah ada dari tahun lalu, sama seperti yang atas, kami butuh realisasi hehehe

    BalasHapus
  3. Mila, coba cari deh di Youtube: Batavia 1940. Pasti bisa lihat bahwa Jakarta jaman penjajahan punya tram (bukan MRT sih) http://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fwww.youtube.com%2Fwatch%3Fv%3DkpHttkGF5PM&h=9c2aa

    BalasHapus
  4. @nuellubis & d3vy: semoga bukan cuman wacana belaka ya... hehee

    @ajeng: ayuuuk cinih

    @cipu: masa lebih canggih waktu dijajah -_-"

    BalasHapus
  5. yang penting, jkrt makin maju dlm apa jua kondisi :)) moga provinsi ini sukses slalu ok!

    BalasHapus
  6. tadi saya mau ke PRJ gak jadi, macet gilak bo!...

    BalasHapus
  7. hmmm kira-kira kapan ya?? ayo gih, mb Mila aja yang gantiin Pak Kumis jadi gubernur...

    BalasHapus
  8. @arisha: hahaa.. amin. Sdh pergi ke PRJ blm?

    @Gaphe: Jalan kaki ke PRJ lebih cepet drpd naik mobil wkwkwkk...

    @Huda: pengen sih... tapi muka gw klo pke kumis nanti malah dikira bokap gw. mirip bgt soalnya klo pke kumis cuy -_-"

    BalasHapus
  9. Salam Kenal salam sahabat, + Follow

    BalasHapus
  10. semoga MRT bisa mengurangi sediiiiiikkkiiiiiiiitttt aja kemacetan di jkt
    eh elo kan ke PRJ, elo pasti ngelewatin rumah gw tuh :D

    BalasHapus
  11. Walaupun boongan tapi ione liatnya seru banget...moga nanti jadi kenyataan ya

    BalasHapus
  12. kira-kira kapan ya? isa beroperasi di Jakarta ini? ato nunggu kita uda jalan bongkok-bongkok ya? hahaha

    BalasHapus
  13. indonesia dari dulu kebanyakan rencana
    realisasinya ga tau kapan
    liat aja rencana bikin monorail
    sampe sekarang malah ganggu lalu lintas
    tuh pancang betonnya

    BalasHapus
  14. semoga beneraaaaaaaaaan deh ni MRT. tapi kalo bawah tanah, nyesek bgt ga ya? gw malah kebayang sama orang2 desak2 di bawah2 tanah -_-"

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...