Jumat, 01 Juli 2011

Shanghai Expo 2010

Haibao - Maskot Shanghai Expo
Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair adalah event besar bagi warga Jakarta yang diselenggarakan tiap tahun. Ratusan perusahaan dan brand ternama yang ada di Indonesia ini ambil bagian dalam event tersebut dan ratusan pengunjung memadati stand-stand pameran setiap hari nya.

Ada yang datang hanya untuk melihat-lihat, tapi banyak juga yang belanja.... baju, makanan, helm, blender, TV Flat screen, bahkan motor dan mobil. Papa Said dulu pernah belanja mobil di PRJ. Bayangin ga tuh puteran uang dalam sehari di Jakarta fair itu. Wuiiiih..... 

PRJ memang luar biasa, tapi tahun lalu saya berkesempatan mengunjungi event sejenis yang lebih spektakuler dan bertaraf-nya internasional. Bukan hanya ratusan perusahaan bahkan ratusan negara ikut berpatisipasi. Shanghai Expo 2010. Kalau mau kelilingin seluruh area expo itu konon katanya memakan waktu 3 hari penuh. Sedangkan saya hanya punya waktu setengah hari, jadi cuman bisa lihat sebagian.

Di tengah area Zone B

Saya hanya sempat mengunjungi Zone B, dari lima zone A-E yang ada. Pavilion negara yanga da di zone B ini antara lain Malaysia, Singapore, Kamboja, dan negara sout-east asia lain. Katanya sih Timor-Leste, negara yang baru merdeka dari Indonesia punya Pavilion juga, tapi ada di zone berbeda. Karena waktu yang terbatas tidak sempat mengelilingi area pameran seluruh negara-negara, boro-boro ke area pameran corporation yang letaknya ada di sisi lain alias di seberang sungai Huang Pu. Shanghai Expo ini lokasi nya terbelah oleh sungai. 

Setiap negara membuat stand besar yang disebut Pavilion. Masing-masing negara bebas berkreasi menghias pavilion nya sesuai dengan kebudayaan dan kesenian daerah nya. Di dalam pavilion itu di perkenalkan segala jenis tentang sejarah, budaya, adat, tari-tarian, hingga makanan khas negara nya. Jadi pameran ini merupakan kesempatan untuk memperkenalkan suatu negara kepada negara lainnya.

Pavilion negara Malaysia

Pavilion Negara Singapore

Pavilion Negara Kamboja

Di zone B ini ada pavilion Indonesia, karena itu lah saya memilih zone ini, bukan zone yang ada pavilion China nya yang kata orang-orang lebih heboh. Saya kan mau lihat gimana negara saya mempromosikan diri di event internasional seperti ini. Ternyata pavilion Indonesia ga kalah keren di banding pavilion negara lain. Antrian untuk masuk ke pavilion Indonesia juga panjang sekali..... yang menandakan bahwa banyak orang yang tertarik dengan negara kita ini.

Pavilion Indonesia

Mirip rumah makan sunda kaaaan....
Pavilion Indonesia terbuat dari bambu, trus ada daon-daonan & air terjun buatan nya. Mirip rumah makan sunda sih. Di depan nya di pajang foto komodo yang besaaaaarrrr banget. Dari luar juga terdengar musik-musik tradisional mengalun, atraktif banget. Mungkin itu yang membuat orang penasaran dan rela mengantri panjang. Di teras nya ada rumah makan yang menyediakan menu khas Indonesia. Bangga deeeeh... ~entah kenapa rasa nasionalisme saya muncul, eh pas sampe jakarta ketemu macet nasionalisme nya langsung menguap ke udara -_-"

Expo ini rame nya juga luar biasa.. dimana-mana antri. Dari mulai pintu masuk kita harus antri berkelok-kelok. Mau masuk ke Pavilion juga harus antri. Konon katanya selama expo ini dibuka dari bulan Mei hingga Oktober 2010, total pengunjung nya ada 73.000 orang. Katanya sih jumlah pengunjung tersebut hingga saat ini masih memegang rekor dunia pengunjung terbanyak dalam sebuah event. 

Tempat beli merchandise Shanghai Expo 2010


Mobil Listrik... unyuu kan.. mirip sama Blue-On ku tercinta

Expo Axis... katanya kalo malem kereeeeen....

19 komentar:

  1. wah, keren tuh mobil listrik, gak pakai bbm ya

    BalasHapus
  2. wuiiih... gw merinding lho pas baca ulasan Mila ttg pavilion indonesia, membanggakan :)

    BalasHapus
  3. Waah seru nya bisa jln2 kesana, dan itu paviliun Indonesia emang bener kaya resto sunda yah hehehe Tapi termasuk yg keren dibanding foto paviliun lain tuh (*ikut bangga)..

    YURI
    http://tigerlilysbook.blogspot.com

    BalasHapus
  4. @joe: ga pke bbm, listrik nya di charge kyk HP gitu.

    @d3vy: merinding apaan nih? -_-"

    @tigerlily: dalemnya lebih kereeeeennn.. artistik banget.

    BalasHapus
  5. wow kereeennn yg ikut banyak negara lagi ^^ ak suka ma mobilnya mungil hehe :p

    BalasHapus
  6. aduhh keren banget sih! mau ikutan juga lah! hehe.
    happy july then sister :)

    BalasHapus
  7. katanya PRJ mau dibuat kaya Shanghai Expo tp ga tau kapannya

    BalasHapus
  8. Wow! That sure is a lot of people in one place! Love the cute little car!

    BalasHapus
  9. so last year ya Mil, tapi tetep asyik buat dikenang. Pameran plus exhibition paling mewah di seluruh dunia, selama enam bulan bukan?.
    dulu sering ditayangin di tv, kayaknya emang menyenangkan dateng kesana..
    secara berasa keliling seluruh negara hanya dalam satu tempat.

    BalasHapus
  10. @_@
    kapan yaa bisa ke sana??

    BalasHapus
  11. wah kereeen.. mau kesana.. kapan yaa?? >_<

    BalasHapus
  12. i wish i knew the language you are using. the pictures are very nice though :)

    BalasHapus
  13. mobil listriknya imut2 tuh, jd kpengen beli 2 deh...
    hehe...
    :D

    BalasHapus
  14. ini pas lu ke China bareng bokap yah? gua yakin belanjaan lu segudang Mil hehehe

    BalasHapus
  15. Saya sampe skrg belom ke PRJ sama sekali gara2 baru selesai UAS..hiks..
    dari foto2 mba Mila kayanya seru...

    BalasHapus
  16. oh indonesiaku... kenapa bawa resto sunda ke shanghai? hehe.. ada dipamerkan dr segi budaya ngga? karena kalo ada, indonesia pasti jadi yg paling mantap :D

    well, biasanya kalo di negara org, rasa nasionalisme memang muncul tiba2. kalo plg lg ke negara sendiri, rumput negara tetangga selalu lebih hijau :D

    BalasHapus
  17. kereeeeeeeeeeen......
    semoga indonesia laris manis yaaaa

    BalasHapus
  18. Ada Indonesia juga ya ternyata, luar biasa :D

    Nonton film HD

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...