Jumat, 28 Desember 2012

Monkey Forest Ubud

Menurut kepercayaan Hindu, monyet adalah salah satu hewan yang di hormati karena dipercaya bisa menjaga Pura dari kekuatan jahat. Karena itu di beberapa Pura besar di Bali banyak terdapat monyet-monyet yang tinggal di sekitarnya. Monyet di Monkey Forest Ubud juga gitu, mereka menjaga Pura Dalem Agung Padangtegal yang terdapat di sini.

Mahluk-mahluk kecil ini memang relatif lebih pintar dibanding hewan-hewan lain, tapi sifat usil nya memang suka kadang nyebelin. Kawan saya Dayu Ary bilang, konon kelakuan monyet ke seseorang itu merupakan cerminan dari kelakuan orang tersebut. Dayu cerita dia pernah lihat ada monyet usil yang mengambil dompet orang, membukanya, kemudian melempar-lempar lembaran uang seratus ribuan yang ada di dalamnya sampai bertebaran dimana-mana. "Ya, kira-kira aja deh apa yang dilakukan orang itu di kehidupan aslinya,"kata Dayu.

Waktu saya kayaking di Krabi, saya lihat monyet Thailand meluncur dari pepohonan yang menggantung di sisi Lagoon menuju Kayak turis asing, menukik tajam dan dengan lincah melompat kembali memanjat tebing dalam sekejap mata. Ketika monyet itu duduk di atas tebing baru kelihatan apa yang dia ambil dari Kayak turis asing itu - sebotol Coca Cola. Dengan santai nya si monyet itu membuka tutup botol nya kemudian menenggak isinya hingga tandas. Spontan semua turis di dalam lagoon yang menyaksikan peristiwa itu tertawa terbahak-bahak.

Figur monyet sebagai superhero juga muncul dalam cerita legenda Hindu Ramayana bernama Hanoman. Waktu Shinta diculik Rahwana, Hanoman dan pasukan monyetnya membantu Rama menyerang kerajaan Rahwana dan membebaskan Shinta. Tapi tetep walaupun heroik, sifatnya kayak monyet gitu - pecicilan dan usil. 

Monyet-monyet di Monkey Forest Ubud ini banyak banget, kayaknya seumur hidup baru kali ini saya lihat monyet sebanyak itu. Beberapa lagi berkejaran di atas dahan-dahan pohon, sebagian hanya duduk di atas tembok menyaksikan turis-turis yang lalu lalang, ada juga yang berusaha menarik perhatian turis yang bawa pisang berharap di kasih.

Entrance Monkey Forest Ubud

Main di pohon

Diantara monyet-monyet

Liat yang tengah lagi pura-pura pingsan, minta pisang

Sarapan

Suasananya adem & rustic, pantesan aja monyet2 betah

Diantara Patung monyet

Pura dalem Agung Padangtegal
Nah klo pasangan ini ga tau deh beli k*nd*m dimana :')))

38 komentar:

  1. Itu beneran pura-pura pingsan gitu? Siapa yang ngajarin yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pura2, sebelomnya dia seger. pas tau adek ku beli pisang dia lgs gaya gitu di jalan yg mau kita lewatin hehehe

      Hapus
  2. antara takut dan ga suka xixix

    BalasHapus
  3. hhhhmmmm... ada monyet abis makan makanan gw malah langsung tidur siang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mah bener kan yg dilakuin monyet itu cerminan dari kelakuan asli lo hahahaaa

      Hapus
  4. Monyetnya ada yang genit godain Mila,nggak? xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa ga ada, monyetnya cuman godain yg bawa pisang heheheee

      Hapus
  5. Wuiiih geli mbak sama monyet, hiii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iiiiih kan cute gitu, chi hahahaaa

      Hapus
  6. brarti monyet-monyet di bali sejahtera terus yah...

    BalasHapus
  7. Kok ga ngeri di antara byk monyet sih mil? Btw baru tau klo ada legenda tingkah monyet mencerminkan org yg diusilin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru tau itu, mba. Ya untungnya sih aku ga pernah diusilin monyet, malahan dicuekin aja gitu jd ga takut lah hahahaaa

      Hapus
  8. Kok ga ngeri di antara byk monyet sih mil? Btw baru tau klo ada legenda tingkah monyet mencerminkan org yg diusilin..

    BalasHapus
  9. di antara daerah kuningan jawa barat dan cirebon ada jg satu tmpt dimana disitu monyet dibiarkan berkeliaran bebas dan pengunjung bisa melihat sekedar memberinya makan. katanya jumlahnya dari wktu ke wktu slalu sama...

    nama tmptnya 'Plangon/ pelangon '

    mila ada yg godain gak tuh sm monyet, diisengin gt ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plangon, kuningan *catet* hihihiii

      Hapus
  10. paling ngeri kalo mereka ngambil barang punya kita (misal kamera) lalu lari entah dibawa kemana. makanya saya hindari banget bawa barang saat ke obyek wisata bermonyet. beda sih ya ternyata monyet sama hanoman yang suka nyelametin barangnya rama. tapi kalo disuruh milih, saya lebih milih monyet daripada rahwana sih ,hehe (lho)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah baca dimana gitu ada monyet ngambil kamera tuus trus foto2 diri sendiri, lucu deh hasil fotonya hahahaaa

      Hapus
  11. perilaku monyet mencerminkan sifat orangnya ya..?
    tapi itu kok kaya monyet lagi horni liatin ente sih..?
    hahaha
    *lempar panci

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin aku dikira julia robert versi monyet kali om, lempar kompor

      Hapus
  12. itu patungnya kok ada yg beda sendiri sih
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patung yg cantik itu ya? Hihihiii

      Hapus
  13. Eh, sempat di godain monyetnya gak Mil? Soalnya konon, aku pernah liat fotonya temenku, monyetnya godain bule cewek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ga digodain, malah dicuekin huhuhuuuu

      Hapus
  14. 10 kali saya ke Bali sejak tahun 2005, namun belum pernah menjejakkan kaki di Monkey Forest Ubud. Hmmm jadi tau deh kaya apa itu Monkey Forest. Thanks informasinya.. Salam dari Pontianak. Izin follow y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti yang ke11 musti kesini donk, kang. Heheheee

      Hapus
  15. Aku paling takut loh ke Monkey Forest itu. Serem aja sama monyet2nya. Pernah ke pura Uluwatu, sendalku dicomot monyetnya trus digigit2 doong.. Tapi aku ga suka gigit sendal loh.. sungguh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaaa..... Yakiiiiin ga suka gigit sendal?

      Hapus
  16. salam ziarah ke lapak ni ye....
    sy juge pernah berkunjung ketempat yg sama...sama banyak monyetnya...di daerah barito, Kalsel...pulau Kembang namanya.....memang lucu dan asyik melihat polah hewan satu ni...tapi tetap hati-hati...apalagi jika bawa banyak barang-terutama makanan..wah....seperti ala preman..main rampas.....bahya juge

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abis klo mau minta baik2 kita ga ngerti juga bahasa monyet, yauwdah deh jd merekan main ambil aja, mungkin hahahaaa

      Hapus
  17. foto monyet yg pura2 mati utk pisang? :D
    wow...ada juga yg kyk begituan di dunia hewan...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaaa monyet kan pintar wkwkwkwk

      Hapus
  18. tp kayaknya sy bakalan takut kl banyak monyet gitu.. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka baik2 kog mba hihihiii

      Hapus
  19. laah mba,,kapan kesana?? kmren aku liputan disana juga..yaah pdhal ktemuan yaaa.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaaaah...kenapa ga bilang liputan disana, aku kan pengen jadi figuran masuk tipi hahahahaa

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...