Rabu, 12 Desember 2012

Tampaksiring - Gunung Kawi dan Tirta Empul

Kurang dari satu jam dari daerah Ubud, menyusuri jalan pegunungan yang rimbun dan sejuk diselingi dengan pemandangan hamparan sawah di kiri-kanan ada suatu daerah bernama Tampaksiring. Tidak seperti di daerah pantai-pantai Bali yang padat turis, daerah ini relatif sepi turis tapi ada 2 tempat menarik yang bisa dikunjungi: Pura Gunung Kawi dan tempat pemandian Tirta Empul.

Asal kata dari nama Tampaksiring pun memiliki legendanya sendiri. Jadi ceritanya ada seorang raja yang sakti tapi sifatnya jelek banget, sangking sombongnya dia menganggap dirinya dewa dan menyuruh rakyatnya untuk menyembah dirinya. Batara Indra (dewa yang asli) pun marah dan mengirim balatentara untuk menangkap dan menghukumnya. Untuk mengelabui balatentara itu sang Raja jalan dengan cara memiringkan telapak kakinya, nah jadilah daerah itu dinamakan Tampaksiring yang artinya telapak yang miring.

Sudah capek-capek jalan miring-miring, tetap saja sang Raja tertangkap. Karena sebel, sang Raja jahat itu menciptakan mata air beracun dan berhasil meracuni sebagian balatentara. Untuk menolong anak buahnya Batara Indra menciptakan mata air yang bisa menawar racun itu, yang kemudian terkenal dengan nama Tirta Empul. Hingga sekarang air yang berasal dari mata air ini dipercaya bisa menyembuhkan segala macam penyakit fisik dan penyakit hati juga. Bahkan menurut bapak tua yang berprofesi sebagai tukang foto instant untuk para turis yang berkunjung ke Tirta Empul merangkap guide, air ini bisa menghilangkan pengaruh sihir jahat (black magic).

Hingga saat ini sumber mata air Tirta Empul masih digunakan, bahkan dibangun sebuah tempat pemandian yang bagus banget. Di tempat pemandian Tirta Empul ada 3 buah kolam, 1 yang besar dan 2 yang kecil. Ada beberapa pancuran di sisi kolam berderet mengucurkan air langsung dari sumber mata airnya. Cara mandi di pancuran nya harus berurutan mulai dari pancuran di kolam besar yang paling kiri, terus ke kanan. Tapi tidak semua, ada beberapa pancuran yang musti di lewati.

Kolam pemandian pertama, yang paling besar

deretan pancuran

Pemandian Tirta Empul

Masih di daerah Tampaksiring ada kompleks pura yang dibangun untuk menghormati Raja Bali bernama Anak Wungsu yang memerintah di abad ke-10. Anak Wungsu adalah putra paling  kecil dari Raja Udayana. Kakak laki-lakinya yang satu adalah Airlangga, yang kemudian menaklukan daerah Jawa Timur dan membangun kerajaannya sendiri. Kakak laki-lakinya satu lagi bernama Dharmawangsa, yang sempat melanjutkan ayahnya memerintah selama beberapa tahun sebelum digantikan oleh Anak Wungsu.

Kompleks ini dinamakan Gunung Kawi. Untuk mencapai nya kita harus mengenakan kain panjang (kalau lagi pakai baju pendek) dan tali pinggangnya yang dipinjamkan di pintu masuk, menelusuri ratusan anak tangga yang terbentang di antara sawah dan kios-kios yang menjual cinderamata diiringi seruan ibu-ibu yang sedang merajut memanggil kita untuk mengunjungi kiosnya dan memercikan air suci yang disediakan di depan gerbang kompleks sebelum memasukinya ke diri kita.

Di sebelah kanan pintu masuk, terdapat 4 buah ukiran candi, tampak belum selesai dikerjakan. Pura nya sendiri terletak di seberang sungai, melewati jembatan dari pintu masuk kompleks. Sungai ini katanya mengalir dari sumber mata air Tirta Empul. Masuk ke dalam Pura nya ada gua-gua untuk meditasi, semuanya dari batu. 5 buah candi lagi terdapat di sebelah Pura itu, konon salah satu nya dipersembahkan untuk Raja Anak Wungsu dan yang lainnya adalah untuk keluarganya. Katanya ada satu lagi candi yang terletak agak jauh, melewati sawah-sawah tapi saya tidak ketemu candi yang itu.

Suasana disini terasa banget damai, tenang, sejuk diantara bangunan batu berwarna abu-abu yang usianya berabad-abad dan bentangan sawah berwarna hijau. Salah satu tempat yang tepat untuk menemukan innerpeace.

Empat buah ukiran Candi yang terletak di sebelah pintu masuk

Gerbang Pura

Gua Meditasi

Pancuran air di tempat pertapaan

Semuanya dari Batu

5 Candi yang dipersembahkan untuk Raja Anak Wungsu dan keluarganya
 

26 komentar:

  1. walahh keren juga tuh tempat hehe...

    ZZS Inside

    BalasHapus
  2. klop. saya jumat lalu di situ juga Mbak. tapi sekarang saya agak berubah menilai. paling bagus di sana menurut saya: Ubud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya ke tampaksiring, om? Ya klo di ubud lbh rame dibanding tampaksiring sih hehehee

      Hapus
  3. eh, gimana lo mau move on ya klo yang dikunjungi tempat-tempat sepi begini?

    *uhuk* :D


    BalasHapus
  4. kau membangkitkan kerinduanku pada Bali.. hiks
    Palg tempatnya sepi begini ya.. ditemani bli yg menawan hati.. #plak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jyaaaaa aku mauuu donk mba, bli nya hahahaaaa

      Hapus
  5. tempat pemandiannya itu masih bs di gunakan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih banget heheheee.... Rame malah

      Hapus
  6. menarik tentang tirta empul, terus kenapa hrs ada yg dilewati pancurannya? mistis2 gt ya mbak? #penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan mistis sih, kepercayaan aja. Kyk kita aja gitu klo solat kan ada urut2annya, nah itu jg gitu wkwkwk

      Hapus
  7. Kirain bakal ada poto Mila lagi mandi di situ, hehehe..
    Enak juga ya kalo beneran bisa nyembuhin segala penyakit :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sugesti aja kali itu mba, jd nya sembuh sendiri bukan gara2 aernya juga heehee

      Hapus
  8. belum ada yang baru ya Non?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu udah ada 2 yang baruuu hehehee

      Hapus
  9. Bali memang banyak tempat-tempat eksotis, namun dari foto sepertinya Gua tempat meditasi dan pancuran air di tempat pertapaan sepertinya kurang terawat ya, banyak di tumbuhin lumut di sekitarnya, semoga bisa jadi perhatian pemerintah setempat ya, biar tempat wisata ini bisa makin berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang kelihatan sepi kurang terawat, tapi masih dipakai utk acara keagamaan kog mas

      Hapus
  10. jiyaaaaaahhhhh kemaren lupa kesini padahal sudah di UBUD...sigh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tante bukannya udah sampe tampaksiring juga yah?

      Hapus
  11. tiba-tiba mikir "orang jaman dulu niat banget ya batu-batu diukir dan dibentuk jadi patung lah, candi lah. mana cakep pula hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu hiburannya kali, kan jaman dulu belom ada tipi, video game & henpon. jd ngabisin wkt nya ngukir batu hahahaa

      Hapus
  12. bikin ngiler mil.. lo ngga mandi di Tirta Empul? oh gw tau, lo takut black magic lo pudar kan. hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw takut susuk gw luntur, mut hahahaa

      Hapus
  13. kisah NYATA berbagi info...
    saya belum lama ini
    bulan juni 2016
    tepat di hari jumat (10-6-2016) sampai hari minggu (12-6-2016)
    KU DI TIPU

    rumah juru kunci (PALSU)
    a/n:Ading 36thn (PENIPU)
    hp.081223871269
    ciri-ciri: orang kurus,kulit kuning sawo,tinggi 160+
    (PRAKTEK DGN BONEKA JENGLOT PALSU)
    melakukan pesugihan dana Goib
    di desa pagundan
    kampung dusun kliwon
    kuningan (jawa)
    tempat tinggal istri ke 1(TUA)
    (anak 2 cowo)
    juru kunci (PALSU)
    a/n:Ading 36thn (PENIPU)
    mempunyai 3 istri
    selama menipu sebagai juru kunci PALSU 8 thn...

    tempat makam keramat&sumur keramat
    desa pagundan (TIPUAN/PENIPU)
    kampung dusun kliwon (KUNINGAN)
    aku hari jumat (10-6-2016) sampai hari minggu (12-6-2016) melakukan ritual selama 3x..(Ritual)...
    sampai aku merogoh kocek ku sebesar 35jt lebih...
    membeli CERUTU JANGKRIK (komplit)
    35pcs x 600rb = 21 jt
    mebeli sesaji (komplit):
    nasi tumpeng
    buah,menyan,kembang dll
    sebesar 14jt lebih...

    juru kunci (MENIPU KU)
    a/n:Ading 36thn (PENIPU)
    hp.081223871269
    alamat Rumah tinggal >>>>
    istri (MUDA) ke 2 anak 4 (3 cewek 1 laki)
    Desa sidarja
    kampung cisalak
    blok pahing
    kecamatan ciawi gebang
    kabupaten kuningan (jawa)
    Rumah a/n:Ading 36thn (PENIPU)
    yg mengaku juru kunci..
    di belakang sekolah SD negri
    turun lapangan bola
    sidaraja kuningan

    ku mengadakan Ritual dana goib
    hari jumat (10-6-2016) sampai hari minggu (12-6-2016)
    di makam keramat & sumur keramat
    di desa pagundan
    kampung dusun kliwon (KUNINGAN)
    selama 3x...(3 hari komplit sesajen)
    tepat ritual yg ke 3 hari minggu,
    juru kunci PALSU
    a/n: Ading 36thn (PENIPU)
    hp.081223871269
    berkata di makam keramat,mengatakan uang dana goib,akan di antar langsung oleh arwah makam keramat
    desa pagundan
    kampung dusun kliwon (kuningan)
    tepat jam 1 malam di Rumah aku
    tggu di jembatan ke5 dekat Rumah ku

    setelah melakukan ritual yg ke3x..
    (komplit sesajen dari ke 1x-3x)
    ku lansung bergegas pulang ke Rumah
    dan ku sampai di jembatan yg ke5
    hari minggu pkl 11 malam...
    ku tunggu,sambil baca mantra panggil arwah makam keramat
    ku baca mantra sampai pkl 3 subuh (minggu 12-6-2016)
    arwah makam keramat tak kunjung hadir/datang...
    juru kunci PALSU
    a/n:Ading 36 thn (PENIPU)
    hp.081223871269
    ku tlp&sms juru kunci palsu itu
    tidak di angkat&tidak membalas sms ku sama sekali (ku di tipu)..

    hati-hati saudara ku
    jangan mudah percaya,apa lagi baru kenal&mengaku juru kunci,paranormal,dukun dsb
    (modus penipuan)

    www.ading36thn_penipuan.com
    sekian dan terima kasih

    alamat rumah yg di tinggal&di tempati >>>>
    juru kunci (PALSU)
    a/n: Ading 36 thn (PENIPU)
    hp.081223871269
    (PRAKTEK DGN BONEKA JENGLOT PALSU)
    istri (MUDA) ke 2 mempuyai
    anak 4 (cewe 3 cowo 1)
    desa sidarja
    kampung cisalak
    desa pahing
    kecamatan ciawi gebang
    kabupaten kuningan (jawa)
    di belakang SD NEGRI
    SiDARAJA KUNINGAN

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...