Sabtu, 17 September 2011

Tuk-Tuk Mr. Marley

Kalau di Jawa ada delman, di Sulawesi ada Bentor nah di Kamboja dan Thailand ada yang namanya Tuktuk. Kendaraan ini semacam delman tapi bukan ditarik kuda, melainkan ditarik motor.

Pertama kali saya naik Tuk-tuk di Kamboja, tepatnya di kota Pnom Phen waktu perjalanan HCMC-PP bersama Cipu & Mba Vonny. Yang berkesan buat saya justru adalah si pengemudi Tuktuk yang memperkenalkan dirinya sebagai Marley. Bukan Bob Marley, tapi So Marley.

Takdir membawa saya, Cipu & Mba Vonny bertemu dengan So Marley di malam hari dibawah hujan rintik-rintik saat kita bertiga baru saja menempuh perjalanan 7 jam dari Ho Chi Minh dengan Bus Capitol. Sebelum Bus sampai di tempat pemberhentian terakhir, Cipu menanyakan alamat hostel yang telah kita booking ke pegawai Bus Capitol yang kemudian mengenalkan kita kepada So Marley, si supir Tuktuk.

Pegawai Capitol (baju biru) mengantar kita bertiga naik ke tuktuk So Marley
Naik Tuktuk pertama kali, foto duluuuuu
Entah karena ada suatu chemistry diantara kita atau memang karena So Marley jenis orang yang gampang akrab sama orang asing, baru ketemu aja rasanya kita kayak long lost friend yang udah lama kenal gitu. Tanpa ragu-ragu So Marley pun ikut bergaya di depan kamera ketika kita berfoto di atas tuktuk nya. Hal ini membuktikan bahwa "narsis" bukan hanya mewabah di Indonesia.

Yang membuat kita sangat merasa lega karena So Marley bahasa Inggris nya canggih banget. Walopun logatnya medok-medok trus pake kuah gitu tapi lumayanlah. Dibandingin HCMC, yang sama supir taksi aja bisa ga nyambung karena beda bahasanya. Sampe-sampe Cipu nyaris dibuat mewek gara-gara sebuah City Hall.

Sepanjang perjalanan Mr. Marley terus berceloteh dengan bahasa Inggris nya yang dakdukdakduk penuh keceriaan, padahal waktu itu udah malem banget, tapi semangat nya Mr. Marley ga ikut terbenam sama matahari deh kayaknya *tsah bahasa gueeee*. Apa sih yang di celotehin?

Ya mengenai objek-objek wisata yang ada di Pnom Phen dan sekitarnya. Malahan di Tuktuk nya di tempel tuh daftar objek-objek wisata yang ada di kota itu berikut nomor HP nya So Marley. Barulah saya ngerti kalo supir Tuktuk di sana itu merangkap jadi Tour Guide juga. Malahan menurut So Marley, para supir tuktuk dan pedagang-pedagang di sana di kasih pelatihan bahasa Inggris gratis sama pemerintahnya untuk memajukan sektor pariwisata gitu.

Daftar menu objek wisata

Setelah melalui perjalanan yang cukup mengerikan dan berkali-kali lolos ukuran senti dari tabrakan karena So Marly cerita-cerita sambil nengok-nengok ke kita-kita (yang ada di belakang), akhirnya sampe juga dengan slamet ke hostel. Terkena rayuan maut Mr. Marley, akhirnya kita bertiga sepakat untuk menggunakan jasa tuktuk nya mengantarkan kita keliling ke tempat-tempat wisata di Pnom Phen. Dia pun berjanji menjemput kita jam 8 Pagi keesokan harinya,

See you tomorrow Mr. Marley

Keesokan hari nya So Marley datang tepat waktu, sebelum jam 8 dia udah nongkrong di depan hostel kita. Seharian dia antar kita keliling-keliling ke Wat Pnom, Royal Palace, Russian Market dan mengantar kita lagi ke hostel sore harinya. Bahkan dia juga yang menjemput kita lagi pagi hari nya dan mengantar kita ke pool Bus Capitol untuk kembali ke HCMC.

Seru juga sih sewa tuktuk seharian buat keliling gitu, malahan saya recommended banget cara ini. Lebih Praktis. Apalagi kalo dapet supir tuktuk yang lucu kayak Mr. Marley, denger dia ngomong aja kita udah ngakak-ngakak. Yang paling bikin saya ga bisa lupa sama Mr. Marley ya karena keramahan nya dan perhatiannya. Pokoknya dia tanggung jawab banget deh, ga ngebiarin kita-kita sampe nyasar. Selalu ngejelasin tentang lokasi pintu masuk dan pintu keluar, dan setia nongkrong di setiap pintu exit nungguin penumpangnya.

Pesan moral yang bisa saya ambil adalah, pekerjaan apapun kalo di lakukan dengan penuh dedikasi sehingga bisa memuaskan pelanggan, selalu bisa menimbulkan kesan yang mendalam. AHA!