Rabu, 20 Juli 2011

Wayang di Kota Tua

Anak-anak muda kota Jakarta seperti saya ini kalo Sabtu dan Minggu pasti deh langsung hit the mall. Ga jauh-jauh paling nongkrong di cafe atau nonton bioskop. Tapi kalo setiap minggu ke mall mulu lama-lama bosen juga, walopun katanya di Jakarta ini udah ada lebih dari 130 mall tetep aja bosen. Jadi ga ada salahnya sekali-sekali coba kegiatan yang beda, seperti misalnya nonton wayang.

What? Wayang? ih kog kesannya jelata banget ya. Beda banget kedengerannya kayak nonton Harry Potter atau nonton Transformer. Yang menganggap nonton wayang itu kegiatan rakyat jelata pasti belom liat bentuknya Wayang. Kalo menurut saya sebuah wayang itu adalah sebuah karya seni yang artistik, detail, dan kesan nya mewah banget.

Wayang Indonesia sejak tahun 2003 sudah masuk daftar Unesco Intangible Herritage, bersama dengan Keris, Batik, dan Angklung. Unesco yang merupakan organisasi dunia dengan berbagai macam program berusaha agar Intagible Herritage ini tidak punah. Nah sekarang bagaimana dengan kita-kita yang warga negara nya sendiri nih. Melindungi asset yang tangible aja susah, nah ini gimana caranya menyelamatkan asset yang intangible berupa kebudayaan gini. Kunci nya ya ada di generasi muda.

Waktu saya ke Solo, saya pernah niat mau beli wayang kulit asli tapi ga jadi karena harganya mahal banget. Akhirnya saya beli wayang kardus di depan Mesjid Agung Surakarta, 10 rebu dapet 3. Di pesawat ga saya masukin bagasi karena takut rusak, jadi saya tenteng-tenteng masuk kabin. Cuek aja walopun di ketawain adik saya sepanjang jalan kenangan. 
 
Sebelum beli sih yang jualnya udah kasih tau nama-nama dari 6 wayang kardus yang saya beli tapi sampe rumah saya udah lupa itu wayang yang saya beli namanya siapa aja, ketuker-tuker karena bentuknya hampir sama. Padahal kalo diperhatikan detil-detil nya itu beda-beda untuk setiap karakter. Yang paling saya inget namanya hanya Cakil karena mukanya paling beda dan warna merah. Sebenarnya kalau menurut cerita yang jual, si Cakil ini cuman figuran doang. Muka nya serem tapi sebenarnya humoris dan ironisnya dia mati oleh keris nya sendiri waktu perang (lupa perang apa namanya).

Cakil yang paling depan
Kebetulan waktu saya lagi jalan-jalan ke mall bulan lalu saya dapet selebaran, brosur tentang Festival Wayang Indonesia yang di selenggarakan di halaman depan Museum Wayang, Kota Tua. Acara ini diselenggarakan pada 15-17 Juli 2011. Saya langsung ada ide ngajak aRuL dan Dilla kopdar sambil nonton wayang. Kebetulan sudah lama sih kita punya niatan kopdar tapi baru terlaksana kemarin itu pas festival wayang.

Acara Festival Wayang ini sebenarnya terdiri dari macam-macam acara. Ada talkshow, pertunjukan tari, pertunjukan wayang, lomba - lomba dan pameran. Sayang banget pengunjung nya ga banyak.

dua orang korban, aRuL dan Dilla
Pagi-pagi kita sudah tiba di lokasi, acaranya belum mulai. Jadi kita memutuskan untuk masuk ke Museum Wayang nya dulu, sembari ngadem. Masuk ke Museum Wayang bayarnya hanya Rp. 2.000,- tapi di dalamnya bagus banget. Ada macam-macam wayang, Wayang Kulit, Wayang Golek, dan Wayang-wayang dari negara tetangga seperti Thailand, Malaysia, Kamboja. 
 
Bahkan ada Wayang dari Suriname, di Amerika Selatan. Konon di Suriname itu isinya banyak orang keturunan Jawa yang di ekspor  sebagai buruh ke Amerika oleh Belanda waktu jaman penjajahan dulu, dan rupanya keturunan mereka hingga sekarang masih melestarikan Wayang di sana.

Wayang golek Raden Gatot Kaca & Hanoman

Wayang sumbangan dari Suriname
Saya berusaha mencari-cari sumber asalnya kesenian wayang, apakah asli kesenian dari nusantara khususnya Jawa atau dibawa oleh bangsa India waktu jaman nya Indianisasi di sekitar abad pertama Masehi dulu. Dari wikipedia saya dapat info bahwa hingga saat ini masih belum ada bukti bahwa seni wayang sudah ada sejak sebelum bangsa India datang. Jadi saya pikir ya kemungkinan besar dibawa sama Bangsa India untuk menyebarkan hinduisme, kalau dilihat dari cerita nya sih kebanyakan adaptasi dari cerita India seperti Mahabrata dan Ramayana.

Yang unik adalah bentuk wayang nya. Walaupun ada pengaruh India nya tapi original banget seni Jawa nya. Di India seni bercerita menggunakan media boneka-boneka gitu memang katanya sudah ada sejak 2500 tahun sebelum masehi, tapi bentuk puppet nya tidak mirip sama sekali dengan wayang disini. Waktu saya bilang orang Thailand dan orang Kamboja itu keseniannya gila detail, saya nyaris lupa kalau kesenian nusantara juga sama. It's all about detail. Lukisan, pahatan, ukiran, batik semua pengerjaan nya memerlukan ketekunan dan ketelitian tingkat tinggi.

Cerita Mahabrata dan Ramayana pun disini telah mengalami perubahan versi, dan penambahan karakter-karakter yang tidak ada di cerita aslinya. Misalnya Semar, Bagong, Petruk, si Cepot, bahkan Cakil yang di ceritakan diatas itu tidak ada di versi asli nya. Walaupun terdapat perbedaan versi dari versi asli, tapi tidak mengurangi nilai filosofis yang terkandung di dalam cerita tersebut.
 
Ketika agama Islam mulai masuk ke wilayah Indonesia, salah satu media paling populer yang digunakan untuk menyebarkannya ya Wayang juga. Mungkin ini metode efektif semacam pengganti televisi di jaman dulunya.

Di acara kemarin sebelum di mulai pertunjukan wayang mengenai cerita Batara Guru dan putranya yang bernama Ganesha, MC nya iseng-iseng meminta salah satu pengunjung orang India untuk secara simbolis menyerahkan Wayang Batara Guru kepada Dalang nya. Mungkin peristiwa ini mau mensimbolisasikan keadaan 21 abad silam, di saat bangsa India memperkenalkan kebudayaan dan kepercayaan nya kepada orang-orang di Nusantara melalui pertunjukan wayang.

Simbolis penyerahan Batara Guru dari India ke Indonesia

Panggung Wayang Kulit

Mengenal kebudayaan Indonesia seru banget kog... Wayang hanya salah satu nya. Kalau mau lihat sendiri serunya Festival Wayang begini bulan Oktober nanti akan ada lagi, tempatnya di Museum Pewayangan TMII tanggal 19-22 Oktober 2011.

34 komentar:

  1. maaf, kemarin nggak jadi ikodan :(

    BalasHapus
  2. yang gendut itu kalo nggak salah Bagong mbak. Ah, kalo di Jawa dulu tengah malam masih bisa nonton acara wayang di tipi. entah sekarang masih ada apa enggak.

    ngeri juga ya di Jakarta, 130 mall! di Banjarmasin cuma satu mall aja udah geger, padet merayap pula. hahaha

    BalasHapus
  3. Nonton wayang teringat masa kecil qqiqiqi

    BalasHapus
  4. Dulu di TVRI kan ada Ria Jenaka yang menjadi personifikasi wayang-wayang itu......

    Jyaaah ini toh kopdar yang twit nya gua di cc mulu. Untung lu ga lanjut cerita ttg makan mie titi nya Mil LOL

    BalasHapus
  5. Kesenian yang kian terlupakan masa kini

    BalasHapus
  6. padahal dulu di Indosiar ada acara wayang semalem suntuk.. sekarang kok ga ada lagi yah ?

    BalasHapus
  7. dulu zaman sd gt sering liat acara wayang di tvri..tapi sekarang uda jarang banget wayang tampil di televisi.. wayang merupakan budaya yang harus dijaga kelangsungannya..

    BalasHapus
  8. katanya wayang dilestarikan di belanda ya, maklum ga pernah ke belanda jadi ga tau pastinya. :)

    BalasHapus
  9. @gajah: hehee.. pdhal klo lu ikut gw bisa minta di translate wayang nya soalnya pke bhs jowo wkwkwkkk

    @ajeng: iya, klo ga salah emang bagong :)

    @Dedi: anak kecil sekarang blom tentu tau wayang :(

    @cipu: iya, tapi ria jenaka cuman bagong, petruk, gareng.. kmrn tuh klo ga salah istilahnya "panakawan"

    BalasHapus
  10. terus terang ione dulu waktu diasrama sering denger pertunjukan wayang,aduhh..pegen teriak supaya berhenti,habis ribut banget..pertunjukannya semalam suntuk lagi..

    tapi,sekarang pegen nonton walaupun gak ngerti maksudnya apaan?(rasanya pakai bahasa jawa ya?)

    BalasHapus
  11. @mp3: makanya itu jangan samapai makin terlupakan. kan sayang tuh...

    @goiq: mungkin krn acaranya kurang narik iklan & ga komersil. Lagian di pasang tengah malem, siapa yg mau nonton coba -_-"

    @batz: setuju

    @baha andes: emangnya ada wayang belanda? 0_o

    BalasHapus
  12. @mp3: makanya itu jangan samapai makin terlupakan. kan sayang tuh...

    @goiq: mungkin krn acaranya kurang narik iklan & ga komersil. Lagian di pasang tengah malem, siapa yg mau nonton coba -_-"

    @batz: setuju

    @baha andes: emangnya ada wayang belanda? 0_o

    BalasHapus
  13. Gak nyesel jalan2 liat wayang2 antik,nambah ilmu budaya & nonton tari2an yg jarang banget dipertunjukkan jaman skr ini :) Tp seperti kata Ki Enthus : wayang selalu indentik dengan orang melarat,yang mau pegang wayang hanya anaknya orang melarat,gak ada anak pejabat negara yang mainannya wayang :)
    So,harusnya kita bisa bikin wayang jadi berkelas & diminati semua kalangan cz kalau UNESCO aja mengakui wayang,kita sebagai bangsa pemilik wayang harusnya bangga yaaa.........(lah,jadi serius gini) hehehehe
    Nice posting mbak mila,hayuuuk next kopdar yak :)

    BalasHapus
  14. hehehe.. saya yang termasuk masih dgak ngerti sama yg satu ini.. wayang :(

    BalasHapus
  15. Ih mantab cerita tentang wayang nya. Udah gitu disini wayang juga kan macam ragam ya, ada wayang golek, wayang kulit, sampe wayang orang. Itu ceritanya juga gimana ya sampe bisa ada macam ragam gitu. Gw juga seneng ngulik history kaya gini ;)


    YURI
    http://tigerlilysbook.blogspot.com

    BalasHapus
  16. bulan lalu mba ir dan hubby plus anak2 main ke kota tua dan masuk ke museum wayang mil, kaka dan sean seneng bgt... kita malah narsis sama wayang2 itu... :D

    BalasHapus
  17. Blm pernah ke kota tua T.T, mesti kesana nich pingin lihat museum wayang nya :P

    BalasHapus
  18. wah maen sama mas arul juga.. di surabaya mulai sering ada wayang di balai pemuda juga nih... mari budayakan buat lebih mengenal kearifan lokal :D

    BalasHapus
  19. wah bokapku suka banget nih ama wayang
    dulu sih di TV ada acara wayang kalau malam dan pasti bokap rela bergadang buat nonton, tp sekrang udah gak ada di TV

    BalasHapus
  20. aku ga pernah nonton wayang hikshikshiks.. padahal pengen tau

    salam kenal :)

    BalasHapus
  21. Bagus juga ada acara Wayang di kota besar bisa melestarikan kebudayaan asli Indonesia. Semoga kebudayaan asli Indonesia bisa tetap terus dilestarikan.

    BalasHapus
  22. Ngomongin wayang, saya suka wayang golek. :)
    Saya juga pernah nonton pentas wayang semalam suntuk. tapi sekarang mah belum pernah lagi ada ya kayanya.

    Kesenian dari budaya bangsa Indonesia yg satu ini jangan sampai hilang..

    Salam kenal. :)

    BalasHapus
  23. senang arisha ngebaca cerita yang berkisahkan tentang kesenian. anyway, u got a great explanation. :) nonton wayang emank seru :)

    BalasHapus
  24. makanya kita hrs mnjga budaya kita,kita tu suka budaya tp kita gak berbudaya[gak memelihara]

    BalasHapus
  25. aku suka ama sosok wayang golek si cepot tuh...
    abis lucu ..
    :)

    kalo nonton wayang aku lbh suka nonton wayang golek ketimbang wayang kulit.

    BalasHapus
  26. meski aku orang jawa, aku gak paham bahasanya wayang, ohhohoho

    BalasHapus
  27. Aku menyesal tidak ikut kopdaran *salahkanlah deadline yg menyebalkan ini*.

    BalasHapus
  28. gw uda niatin banget mau ke acara ini tp pas jumatnya gw meriang, sabtu minggunya gw tepar, ga jadi deh ke acara yg bagus ini

    BalasHapus
  29. kalo wayang kulit yang beneran emang aseli mahal.. secara dulu eyang kakung pernah ngasih hadiah satu wayang kesukaannya, gw lupa nama tokohnya siapa.. yang jelas, masih sampe sekarang.. padahal udah belasan tahun, awweet..

    emang shadow puppet tuh ngga bakalan mati rasanya, secara penggemarnya selaluu aja ada..

    bahkan kontes dalang cilik pun banyak juga

    BalasHapus
  30. kayaknya seru juga ya sesekali nonton wayang...tp apa gak ngantuk? hehe... btw, blog kamu ku link ya..thanks ;)

    BalasHapus
  31. jadi ingat waktu main ke Museum Wayang Kota Tua juga, banyak wayangnya, rada serem juga tuh Mbak jalan di koridor, dimana2 ada wayangnya :D

    iyaahh ada juga wayang2 dari negara tetangga, lucuuu bentuk wayang mereka :D

    btw gk masuk ke ruang 3D nya kah Mbak?? kan asyik juga tu, heheh

    BalasHapus
  32. klo kamu ke jogja nanti saya ajak ke museum sonobudoyo..buat nonton wayang yang beneran jawa hahhahha

    BalasHapus
  33. aku pernah masuk ke museum wayang di kota tua itu
    sepiiiiiiiiiiiiiiiii
    jadi menakutkan...

    BalasHapus
  34. kapan traveling bareng ini..wkwkwk

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...