Senin, 09 Januari 2012

Fireworks

Fireworks, bahasa Indonesia nya Kembang Api. Seperti kata Mbak Katy Perry, "boom..boom.. boom.. even brighter than the moon..moon..moon..", benda ini biasa ditemukan sedang meledak dengan cantiknya di malam hari. Kadang muncul dengan warna kuning, kadang warna hijau, ada juga warna biru dan putih terang seperti kilat.

Pernah ga sih kalian kepikiran, itu kenapa bisa warna-warni ya? trus kenapa itu pola meledak nya bisa macem-macem gitu? ada yang kayak bintang, bunga, air mancur, hujan meteor, meteor pegasus, debu-debu intan (lha kog jadi saint seiya.. hihihiii...)

Ternyata manusia sudah mengenal kembang api dari sejak abad ke-7. Invented secara tidak sengaja di China. Di abad ke-10 baru mulai di komersialisasikan, maksudnya mulai diperjual-belikan di pasar gitu. Dari dulu memang kembang api umumnya di gunakan untuk memeriahkan acara-acara festival, pernikahan dan segala macam pesta. 

Gunpowder, campuran bahan kimia yang memiliki sifat explosive dan  merupakan bahan utama pembentuk Kembang Api ini kemudian berkembang fungsi nya. China membuat roket pertama kali untuk berperang melawan Mongol yang di ledakan menggunakan bahan kimia, gunpowder, yang persis sama seperti yang digunakan di Kembang Api. Hanya saja dengan kapasitas ledakan yang lebih dashyat.

Teknologi bahan peledak ini pun sampai di Eropa pada pertengahan abad ke-17 dan menjadi asal muasal berkembangnya teknologi senjata api (senapan, pistol, meriam etc etc).

Ironis banget kan? dari sesuatu yang seindah itu ternyata kalau di salah gunakan bisa menjadi sesuatu yang sangat berbahaya dan mengerikan. 

Kalo pernah nonton film Kung Fu Panda 2 pasti familiar sama cerita ini. Kalau di Kung Fu Panda yang menemukan fireworks nya si Pangeran Burung Merak itu looooh.... lupa lagi namanya -______-". Nah itu kisah  nyaris nyata tuh, bukan sekedar fiksi.

Warna-warni dari kembang api itu asalnya dari serbuk-serbuk mineral gitu. Warna merah dari Stronsium dan Lithium, warna oranye dari kalsium klorida, warna hijau dari Barium Klorida, etc etc... 

Pada dasarnya Kembang Api itu terdiri dari beberapa bagian. Ada sumbu, untuk menyalakan api. Ada serbuk peledak - gunpowder. Ada juga serbuk-serbuk mineral yang menghasil warna-warni indah. Beberapa jenis kembang api juga diisi dengan gas bertekanan tinggi yang kalau dipanaskan dengan api bisa membantu melontarkan Kembang Api sampai jauh ke atas.

Pola-pola ledakan cantik kembang api didapat dengan cara menyusun serbuk-serbuk mineral di dalam serbuk peledak. Kegiatan begini ini pastinya memerlukan suatu keahlian dan kemampuan estetika yang bagus banget, tingkat kerumitannya juga pasti tinggi banget bukan sembarangan.


Tahun baru 2011 di Carita saya sempat rekam pertunjukan kembang api, tapi kejauhan jadi kecil banget keliatannya.

Nah Tahun baru 2012 ini saya semakin mendekati pusat keramaian pertunjukan kembang api dan berhasil merekam. Walopun kalo dari deket ternyata bau nya menusuk banget, asap nya bikin perih mata dan kadang kejatuhan serpih-serpih sisa bakaran kembang api yang masih suam-suam kuku.


18 komentar:

  1. Oouuu... awal ceritanya begitu toh... Pantes aja temenku pernah bilang kalo fireworks di Shanghai pas tahun baru Cina lebih keren daripada fireworks pas July 4th di Philly (padahal menurutku yang di Philly jaaaauuuhhh lebih bagus daripada di Jakarta), jadi percaya deh sekarang. Thanks infornya Mila! :)

    BalasHapus
  2. iyaahh ya Mbak, warna kembang apa itu makin hari makin ada-ada aja bentuknya makin kereen
    malam tahun baru kemarin saya juga sempat mereka kembang api yang menghiasi langit Makassar tapi gelaapp, dari kejauhan siih :D

    BalasHapus
  3. Jadi mengeti kisah akan firewoks...
    Waktu siburung merak dikungfu panda 2 ya ya saya inget... dan kemudian ia terkena atas alat yang ia buat...

    BalasHapus
  4. kalo kembang apinya sih aku ga bingung
    soalnya dari kecil emang biasa bikin mercon
    tapi bikin tulisan dari bunga apinya ituyang sampe sekarang aku masih bingung gimana bikinnya

    BalasHapus
  5. wiih kembang apii.. jadi inget nyulut kembang api namanya tikus pretek.. itu melesat muter-muter sambil bunyi siuuut trus kalo dah abis bisa meledak pretek-pretek.

    emang baunya mesiu khas banget..

    jarang nemuin pesta kembang api yang meriah, paling standar aja.

    kalo bagus ya nonton di tipi aja

    BalasHapus
  6. Wah Mila kerenn, sampai tahu asal usul kembang api segala ... selama ini aku cuma tahu lihat dan enjoy aja, tanpa pikir apa2 :D
    Disneyland memang top ya atraksinya,aku sempat rekam waktu di Disneyland Cali, tapi besar banget kalau mau diupload ...

    BalasHapus
  7. @Chita: denger2 sekarang kembang api paling bagus justru di jepang loh...

    @diah: teknologi nya brarti makin maju yah hehee

    @choirunnangim: iya, akhirnya burung merak nya ke tembak sama meriam nya sendiri *the moral of the story* hehee

    @Rawins: klo wkt kecil bisa bikin mercon, jangan2 sekarang biasa ngerakit bom donks *ups

    @Gaphe: beda lah sensasi nya nonton di tipi sama liat asli hueheheheee

    @winnie: aku paling hobi mikirin hal2 ga penting soalnya hahahaa.... Di resize aja rekaman nya, bisa kog pke windows movie maker aja.

    BalasHapus
  8. Subhanallah.. keren, ya..
    Apalagi pas ngeliat langsung ya, Mil. Jangan-jangan Mila langsung speechless di tempat :D

    BalasHapus
  9. jadi inget ekspresi kaka dan sean saat liat kembang api besar di pinggir pantai tahun baruan, lupa thn baru kapan kalo gak salah dua thn lalu. mereka melongo...terpana melihat percikannya dilangit.

    BalasHapus
  10. mungkin singkong goreng jg bs jadi senjata kalau mampir ke eropa :D *kidding*

    i looovveee fireworks. thn baru kmren jg liat kembang api yg meledak2 di atas kepala :)

    BalasHapus
  11. kembang api mainan pas saya kecil. asyik.

    BalasHapus
  12. mba milaaaaa..... blog mu salah satu yg menginspirasiku, ada award cantik untuk mba mila cantik, sudikah menjemputnya :)

    BalasHapus
  13. Takjub dengan jiwa petualangannyaaa... :D

    Salam kenal ya mbaaakkkk..

    BalasHapus
  14. Ditunggu tulisannya Mba Mila...
    thanks ya Mba..

    BalasHapus
  15. setiap liat ritual orang2 tionghoa, memang selalu ada kembang apinya. kecuali kematian kali ya. di sini ada perkampungan china jadi beberapa kali ngeliat

    BalasHapus
  16. so far ngeliat fireworks nya disneyland adalah yang terbagus yang pernah gua liat. tapi ya emang gua jarang2 ngeliat fireworks juga sih, secara tiap NYE selalu memilih untuk tidur di rumah! huahaha...

    salam kenal ya!

    BalasHapus
  17. Wah bagus kembang apinya Mil, habis ngrekam gitu muka kamu gak hitem-hitem semua kena abunya?

    BalasHapus
  18. Coba dong ke tidung, ada tempat menarik dan murah.

    BalasHapus

Share it

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...