Kamis, 05 Mei 2011

Cruising Chao Praya

Agak-agaknya "cruising" sungai mulai jadi rutinitas travelling saya. Berawal dari Cruising sungai Saigon di Vietnam, kemudian Cruising sungai Huang Pu di Shanghai - China, eeeeehhhh... dilalah waktu ke Bangkok kemarin saya juga "cruising"di Chao Praya - sungai paling ngetop di Thailand.

Chao Praya adalah sungai yang terlebar di Thailand dan dekat dengan laut. Jadi di jaman dahulu kala sungai Chao Praya menjadi jalur perdagangan internasional ke negara Siam ini. Saat ini sungai yang terbentang di sisi kota Bangkok ini di jadikan salah satu alternatif transportasi di kota yang macetnya ga jauh beda dari di Jakarta.

Kita bisa naik Express Boat menyusuri sepanjang sungai atau bisa juga kalau cuman mau numpang nyebrang aja. "Cuman nyebrang" itu contohnya seperti waktu saya di Rattanakosin trus mau nyebrang ke Wat Arun. Itu naik Ferry, bayarnya 3 bath sekali jalan. Kita bayar di loket sebelum masuk ke kapal.

Situasi di dalam Kapal Ferry utk nyebrang Chao Praya

Penampakan kapal Ferry untuk nyebrang sungai
Kalau naik Express Boat, bayarnya variatif sih, jarak paling jauh 14 bath. Express boat ini berhenti di tiap dermaga yang jaraknya juga ga jauh-jauh amat. Jadi kita bisa pilih dermaga yang paling dekat atau berada di tempat tujuan kita, setelah itu bisa jalan kaki atau naik tuk-tuk ke lokasi yang kita tuju. seperti waktu saya ke Vimanmek Mansion.  Nah kalau ini kita naik dulu ke kapal, trus nanti ada kenek nya gitu yang keliling minta-minta-in bayaran. kita tinggal sebut dermaga tujuan kita nanti dikasih karcis. yah kayak naik bus kota di Jakarta aja gitu.

Express Boat utk menyusuri sungai, Lebih besaaaaarrrr.... isinya juga lebih banyak
Naik express boat memang ga kena macet, tapi nunggu kapalnya dateng itu agak lama.... kurang lebih setiap 15 menit kapalnya lewat ke tiap dermaga. Kalau ga lagi buru-buru emang enak sih nunggu di dermaga nya juga. Di setiap dermaga ada semacam warung yang jual makanan & minuman. Trus kita juga bisa duduk-duduk sambil liatin burung-burung yang pada menclok atau ikan-ikan sungai yang gemuk-gemuk di bawah dermaga. Bahkan kalau mau ngasih  makan ikan dan burung ada yang jual khusus makanan burung & ikan untuk di kasih ke binatang-binatang itu.

Dermaga Tha Thien di daerah Rattanakosin

Dermaga Thewet di daerah Dusit

13 komentar:

  1. Wah... salah satu alternatif jg mengatasi macet , boleh tuh dicoba^_^. Membayangkan kalo kemana-mana pake kapal ferry, asyik kali ya he8...

    BalasHapus
  2. iya aku nyobain naik ini juga mampirnya ke Temple of the Dawn yang dipinggir sungai itu, tapi karena aku udah familiar banget dengan acara plesiran di sungai secara Banjarmasin mirip2 Bangkok jugalah cuma sungainya lebih bersih dan ngga ada jamban jongkok he...he...

    BalasHapus
  3. waaaaaaaaaaaaaah seruuuu banget, kalo cuma nunggu 15 menit mah ga lama mba... hehehe

    Salam kenal Mba Milaaaaaaaa

    BalasHapus
  4. jadi inget perjalan cruising di sungai malaka malaysia
    *hufff*

    BalasHapus
  5. Traveling terus, ajak-ajak donk

    BalasHapus
  6. kayak naik kapal biasa yah, yang buat nyeberang ke Bali itu.. cuman kapalnya tampak lebih kecil dan perjalananannya lebih singkat. diluar negeri pulak *ups

    haha.. ditengah umpek-umpekan gitu masih sempet narsis-narsisan ya Mil?.. yang motoin siapa tuh?

    BalasHapus
  7. jadi teringat feri penyebrangan ke pulau sabang deh.. tp yg di sabang lebih bagus karena ada kelas2nya...
    enaknya lo sering cruising. gw cuma pernah cruising dari medan ke jkt pake kapal Sinabung 3 hari 2 malam dan agak serem liat laut kalo malam. berasa ada monster di lautan, hahahaha (kebanyakan baca komik)

    BalasHapus
  8. setuju dengan meutia..jadi ingat penyeberangan ke pulau sabang dech..
    btw salam kenal ya..aq ijin follow :)

    BalasHapus
  9. sayangnya klo di Jakarta sungainya penuh dengan sampah...:D

    BalasHapus
  10. sungai di jawa blom bisa neh mengakomodasi model beginian...
    *membayangkancruisingdikaliciliwung*

    BalasHapus
  11. wah baru liad seru jg nih serasa ikud travelling... :D

    BalasHapus
  12. asik jg ya... tp kalo nunggunya lama, bete jg ya..

    BalasHapus
  13. Sungai Chao Praya apakah sama dengan Menam?
    kenapa namanya punya dua? dapat bocoran kisahnya?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...