Rabu, 19 November 2008

Kain Besurek, batik khas Bengkulu

Mungkin sebagian besar orang menganggap kalau batik hanya ada di pulau Jawa, termasuk aku dulu. Agak kagum juga ternyata dipulau tetangga, yaitu Sumatera, ada beberapa daerah yang memiliki batik khasnya, misalnya batik Riau, batik Jambi dan batik Aceh.

Daerah Bengkulu pun memiliki batik khas yang disebut Kain Besurek. Proses pembuatannya sama dengan batik di pulau Jawa, ada batik tulis dan batik cap. Yang membedakan adalah motifnya. Motif khas dari kain Basurek ini adalah huruf kaligrafi (huruf arab) dan bunga raflesia arnoldi.







Harga kain besurek ini cukup bervariasi , mulai dari harga Rp. 50.000 hingga ratusan ribu rupiah, tergantung jenis bahan. Kain ini cukup mudah di dapatkan di toko-toko khusus yang menjual kain ini. Salah satunya adalah toko Limura yang terletak di Jl. S. Parman.

Selain kain besurek, alternatif oleh-oleh lain dari kota ini adalah Lempuk Durian, Emping, Kopi bengkulu dan macam-macam kue kering. Ada juga kerajinan dari kulit kayu yang di buat menjadi bermacam-macam souvenir, tas, topi dan gantungan kunci.

Semua itu bisa didapatkan di sepanjang Jl. Sukarno-Hatta.





Lihat juga:

4 komentar:

  1. BATIK BASUREK JUGA BISA DI DAPATKAN DI OVELIA GALLERY (TANAH PATAH) LOH,... MOTIFNYA BAGUS-BAGUS, HARGANYA JUGA RELATIF LEBIH MURAH DIBANDINGKAN TOKO-TOKO BATIK LAINNYA YANG ADA DI BENGKULU.

    BalasHapus
  2. buka cabang dong di surabaya

    BalasHapus
  3. Hi Mila, minta infonya dong dimana gue bisa dapetin kain ini di Jakarta? Kalo memang harus beli di bengkulu ada yg jualan online gak yah?

    Thanks banget,
    Kania

    BalasHapus
  4. Barangkali kalau ada pengusaha batik di Bengkulu ingin membuat batik printing dengan corak khas Besurek Bengkulu,kami bisa membantu silahkan hub:081 315 540 675 atau 087 779 980 365 atau email hbudi52@yahoo.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...