Jumat, 21 November 2008

Fort Marlborough

Fort Marlborough adalah benteng peninggalan Inggris pada abad ke 17, disaat kolonial Inggris menguasai daerah yang pada saat itu disebut Bengcoolen. Bangunan ini mulai dibangun pada tahun 1713 dan selesai pada tahun 1719.


Nama Marlborough di ambil dari nama sebuah kota di daerah Inggris. Sepertinya menjadi kebiasaan Inggris untuk menamai hasil kolonialisme nya dengan nama yang mirip dengan salah satu kota di negara nya. Seperti New York di Amerika, yang diambil dari kota York di Inggris. New Hampshire yang juga berada di Amerika diambil dari kota Hampshire di Inggris.

Bangunan benteng yang kokoh ini terletak di pinggir laut, sehingga dari atas kita bisa melihat pemandangan pantai dan laut. Di dalam bangunan benteng ini juga terdapat penjara, gudang penyimpanan senjata dan kantor-kantor administrasi.




Selain itu di dalam Fort Marlborough juga terdapat tugu nisan untuk memperingati para petinggi benteng tersebut. Di dekat pintu masuk juga terdapat tiga buah makam kuno milik orang Inggris yang meninggal ketika mempertahankan benteng itu.



Kemudian, setelah menguasai daerah Bengkulu selama hampir satu abad, pada tahun 1825 Inggris menyerahkan Bengkulu kepada Belanda, termasuk benteng ini. Belanda pun menambahkan bangunan di dalam benteng ini. Dan mulai abad ke-19, masyarakat tionghoa mulai datang ke kawasan ini dan membangun China Town di seberang Fort Marlborough.





Lihat juga:
- Fort Rotterdam di Makassar
- Benteng Otanaha di Gorontalo

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. saya yg asli bengkulu belum pernah kesini
    kalo pulang kampung biasanya langsung ke kampung saya yg masih jauh masih 4jam dr bandara
    ngelewaiitin bukit2 kebon kopi/pala/cengkeh
    sayang ya anak mantan president belum ada tergerak hatinya utk membangun tempat kelahiran ibu kandungnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooowh... saya pengen ke Bengkulu lagi pas upacara Tabot, masih ada ga ya itu? trus pengen liat raflesia itu dihutan hihihiy

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...