Minggu, 16 November 2008

Belanja Batik Solo

Solo adalah salah satu kota yang terkenal dengan kesenian batiknya. Di kota ini terdapat dua kampung batik, yaitu Laweyan dan Kauman.




Bangunan-bangunan di dua kampung batik tersebut merupakan bangunan-bangunan kuno, berhadap-hadapan di antara jalan yang kecil dan padat. Konon kabarnya, kampung batik di Solo sudah berdiri sejak abad ke-19 dan sejak jaman itulah bangunan-bangunan kuno disepanjang jalan tersebut berdiri.




Batik-batik yang dijual di kawasan batik ini bermacam-macam, dari mulai batik tulis, batik cap dan kombinasi keduanya dalam berbagai macam motif. Kita juga bisa melihat proses pembuatan batik tulis, dari mulai membuat desain, melapisi motif yang diinginkan dengan canting yang diisi lilin cair yang telah dicampur oleh warna, hingga proses perebusan kain, atau yang disebut nglorot, untuk menghilangkan lapisan lilin sehingga motif batik tampak jelas. Kita bahkan dapat mengikuti kursus membatik di kampung batik solo ini.

Toko-toko di kawasan kampung batik menawarkan berbagai macam koleksi kain batik, baju-baju jadi, tas, aksesoris, lukisan, patung, dan masih banyak lagi. Untuk soal harga, di kampung batik kita tidak perlu tawar menawar, alias harga pas. Karena rata-rata barang yang dijual disini berkualitas tinggi, maka harga nya juga relatif mahal (paling tidak buat aku yang kantongnya pas-pas an).

Kalau mau cari oleh-oleh batik yang murah meriah, bisa mengunjungi Pasar Klewer. Pasar ini memang berbeda dari toko-toko di kampung batik yang penataannya sangat rapi dan artistik. Di pasar los-los padat berhimpitan di antara gang-gang sempit. Kalau soal harga, di pasar ini boleh tawar-menawar, walaupun bedanya juga tidak jauh-jauh amat kalau kita belinya hanya satu atau dua potong. Tapi kalau soal pilihan di pasar ini tidak kalah variatif nya dibandingkan di kampung batik. Di pasar ini juga ada berbagai macam motif batik, baju-baju jadi, aksesoris dan lain sebagainya. Kalau mau cari oleh-oleh yang murah meriah, di sini lah tempatnya.

Batik-batik di samping adalah sebagian belanjaan aku dari pasar klewer. Rata-rata harganya antara 20-30rb rupiah. Mungkin kalau nawar nya lebih expert bisa lebih murah .


Lihat Juga:

5 komentar:

  1. apa ada yang tega nawar lebih murah lg?? :)

    BalasHapus
  2. benar mba,,
    kebetulan rumah kelber ku di laweyan
    disana sekarang industri batik rumahan
    yg pernah mati kini hidup kembali
    jd klo kita beli di pengrajinnya langsung harga nya jauh lebih murah,,,

    BalasHapus
  3. kemarin sempat ke Solo, kalap borong daster2 buat dijadikan oleoleh. emang murmer, tapi gak mau ditawar siih, turunnya cuma dikit saja. kisaran 20rban - 40rban ada kemarin :D

    tapii ternyata los-los di luar itu lebih murah dari di dalam looh, baru tahunya pas keluar, eeeh koq diluar murah ya?? apa daya barang2 sudah ditangan gak mungkin dicancel, huhuhh

    BalasHapus
  4. Thank's ya mil atas infonya. Saya pernah mengunjungi salah satu kampung ini, kalau tidak salah yang di Kauman.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...